Sambutan Ketua Yayasan

"Lead To Impact". Demikian slogan yang senantiasa dipegang teguh oleh Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) dalam setiap derap langkahnya. Lead to impact menjadi sebuah harapan untuk Ukrida mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berjiwa pemimpin dan bisa berdampak bagi sesama. Untuk itu perubahan-perubahan dan adaptasi akan perkembangan teknologi dan informasi terus dilakukan civitas akademika Ukrida dalam mewujudkannya.

Sebagai sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1967, UKRIDA senantiasa "berubah". Dimulai dari fasilitasnya, para peserta didik dapat merasakan berbagai fasilitas yang memadai dan mutakhir, fasilitas laboratorium yang lengkap, perpustakaan yang nyaman dan memadai, fasilitas teknologi informasi, fasilitas kemahasiswaan dan masih banyak lagi kemudahan yang dapat dinikmati oleh segenap warga UKRIDA. Dengan lima fakultas dan 14 program studi, UKRIDA terus mengembangkan sayapnya, melalui pengembangan jaringan kemitraan, tidak hanya nasional tetapi juga internasional.

Program Studi Kedokteran dengan kurikulum berbasis kompetensi telah memungkinkan para lulusannya menyelesaikan studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter dalam 5 tahun. Di samping itu, Program Studi Kedokteran juga telah mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Malaysia. Melalui kemitraan dengan 19 rumah sakit, para mahasiswa akan mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam menjalani kepaniteraan di rumah sakit. Didukung dengan fasilitas Skills Lab., Program Studi Kedokteran membekali para mahasiswanya dengan kemampuan praktik sejak dini. UKRIDA juga sedang membangun fasilitas Rumah Sakit Pendidikan, yang diharapkan akan semakin meningkatkan mutu pendidikan di Fakultas Kedokteran. Ukrida juga mengambil alih Akademi Kerawatan Swakarsa untuk bergabung dengan Ukrida. Dibawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Keperawatan ini bernaung. Dan diharapkan menjadi kolaborasi yang indah dalam Fakultas ini.

UKRIDA terus mengembangkan sayapnya, melalui pengembangan jaringan kemitraan, tidak hanya nasional tetapi juga internasional.

Demikian pula halnya dengan Fakultas Ekonomi, menjawab tantangan perekonomian saat ini, UKRIDA membekali para lulusannya dengan berbagai kemampuan yang didukung dengan fasilitas, seperti Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Tax Center Ukrida, UKRIDA Business Center. Fakultas Ekonomi juga menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan papan atas, dalam rangka penyaluran kerja. Di samping itu, Fakultas Ekonomi juga telah memperlengkapi dirinya dengan berbagai program sertifikasi, seperti Certified School Manager (CSM) dan Certified Financial Planner (CFP). Fakultas Ekonomi juga menyelenggarakan program Brevet Pajak, yang dapat diikuti oleh kalangan masyarakat umum.

Sebagai fakultas yang bergerak di bidang teknologi dan informasi, dimana dunia saat ini sedang bergerak ke dalam era informasi dan komunikasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UKRIDA memperlengkapi mahasiswanya dengan berbagai kemampuan praktik, yang diharapkan dapat mengasah keterampilan peserta didiknya dalam rangka link and match dengan dunia kerja. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer telah menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan dan juga dengan pemerintah daerah. Berbagai beasiswa dari perusahaan mitra tersedia bagi para calon mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Selanjutnya adalah Fakultas Psikologi. Dengan jajaran pengajar profesional dan berpengalaman, Fakultas Psikologi Ukrida membentuk para lulusannya menjadi psikolog-psikolog handal di bidangnya. Dosen-dosen tamu dari berbagai Negara turut melengkapi perkuliahan di Fakultas Psikologi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dibentuk dengan melihat kebutuhan dalam berbahasa internasional, khususnya Bahasa Inggris. Dalam rangka menghadapi persaingan global, bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora mempersiapkan mahasiswa dan menghadirkan kurikulum yang berbeda dimana nuansa aktivitasnya sangat terasa.

UKRIDA juga terus membenahi SDM berbasis pada kinerja, yang pada akhirnya akan turut membawa UKRIDA untuk memenangkan masa depan.

Sebagai wujud slogan Ukrida, Take the Lead, pada bulan Juli 2019, atas berkat Tuhan, Ukrida membuka program studi baru yaitu program studi Optometri program Sarjana Terapan sebagai program studi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Program Studi ini ada di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Seluruh pengembangan tersebut tentunya tidak terlepas dari peran Sumber Daya Manusianya. Untuk itu UKRIDA juga terus membenahi SDM berbasis pada kinerja, yang pada akhirnya akan turut membawa UKRIDA untuk memenangkan masa depan.

Selamat datang di Universitas Kristen Krida Wacana. Selamat datang Agen-Agen Perubahan. Bersama kita menciptakan pemimpin-pemimpin yang berdampak dan membawa perubahan.



Tuhan memberkati.

Dr. Ir. Hidajat Lesmana, M.T.

Ketua Umum YPTK Krida Wacana