Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Program Studi

industri website.jpg</a>
Teknik Elektro (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Teknik Elektro membentuk sarjana yang berintegritas yang memiliki kemampuan memadukan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghasilkan teknologi bermanfaat di bidang sistem sistem cerdas dan robotika serta teknik biomedik.  

elektro website.jpg</a>
Teknik Industri (S1)

Terakreditasi Baik Sekali

Program Studi Teknik Industri membentuk pribadi yang SMART (Sincere, Modest, Active, Resourceful and Tough) dan memiliki kompetensi internasional di bidang Industrial Engineering dengan bimbingan dari dosen-dosen berkualifikasi S2 dan S3 dari universitas-universitas terbaik di Jerman, Singapura dan Indonesia. Kekhususan kami adalah di bidang System Engineering.

IMG_2379.JPG</a>
Teknik Sipil (S1)

Terakreditasi B

Berpengalaman sejak 1978, Program Studi Teknik Sipil membentuk profil lulusan menjadi konsultan perencana, tenaga kontraktor pelaksana serta pengawas proyek yang berwawasan terhadap infrastruktur berkelanjutan, sesuai dengan nilai-nilai LEAD (Loving, Enlightening, Advanced, Determined) dan siap berkompetisi di era global.

FTIK-332b-1.png</a>
Informatika (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Informatika melaksanakan proses pembelajaran dan penelitian yang selaras dengan perkembangan keilmuan komputer yang berciri dinamis, kritis, kreatif dan inovatif.

DAY30221.png</a>
Sistem Informasi (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Sistem Informasi membentuk profesional mandiri dalam bidang Sistem Informasi yang bijak, kritis, kreatif dan berwawasan global. Kekhususan kami adalah di bidang Sistem Informasi Bisnis.

Sambutan Dekan

Salam sehat selalu,

Memasuki Semester Genap 2021/2022 yang dimulai Februari 2022, Fakultas Teknik & Ilmu Komputer (FTIK) UKRIDA mendapatkan kabar baik, yaitu diperolehnya predikat akreditasi “Baik Sekali” oleh Program Studi Teknik Industri dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kabar baik yang sekaligus menjadi tantangan baru bagi keluarga FTIK UKRIDA. Tantangan untuk mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pembelajaran, semangat untuk  menghadapi tantangan sekaligus nuansa baru dalam menjalankan proses pembelajaran.

Semester Genap 2021/2022 akan tetap menerapkan proses pembelajaran daring bagi kuliah-kuliah rutin, sedangkan kegiatan praktikum luring di Laboratorium bagi yang benar-benar membutuhkan kegiatan tatap muka, akan dilakukan secara terjadwal dengan melalui protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin.

Beberapa kerjasama baru juga telah dilakukan di awal tahun 2022 ini. Kerjasama magang dan rekrutmen dengan beberapa grup perusahaan besar, serta dimulainya rekrutmen angkatan pertama program fast track 3+2 antara UKRIDA dengan Ming Chi University of Technology (MCUT), Taiwan. Program fast track ini merupakan program yang sangat baik, dimana mahasiswa program sarjana menempuh pendidikan di salah satu program di FTIK UKRIDA selama 4 tahun (3 tahun di Indonesia, 1 tahun di Taiwan) dilanjutkan dengan 1 tahun di Taiwan untuk melanjutkan program master. Jadi, dengan waktu belajar 5 tahun, mahasiswa dapat lulus dengan dua gelar, Sarjana dan Master. Selama belajar di Taiwan, biaya kuliah ditanggung oleh pihak MCUT.

Kabar baik lainnya turut melengkapi dimulainya semester baru ini. Tiga dosen tetap UKRIDA mendapatkan penghargaan sebagai “Top 5000 Best Researcher in Indonesia” oleh lembaga Internasional. Penghargaan ini sangat berarti mengingat jumlah researcher di Indonesia mencapai lebih dari 250.000 orang.

Mahasiswa FTIK telah menunjukkan prestasi yang membanggakan dengan diterimanya mereka di berbagai perusahaan terkemuka untuk melaksanakan Magang Bersertifikat MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)

Selain itu, para mahasiswa FTIK telah menunjukkan prestasi yang membanggakan dengan diterimanya mereka di berbagai perusahaan terkemuka untuk melaksanakan Magang Bersertifikat MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Dua mahasiswa diterima untuk kuliah selama satu semester di Harvard University untuk periode February 2022-Juli 2022. Tim Robotik Teknik Elektro UKRIDA berhasil menjadi satu-satunya finalis kompetisi Robotik Nasional dari wilayah LLDikti3 Jakarta, yang berarti bahwa Tim Robotik Teknik Elektro UKRIDA mendapat pengakuan sebagai Peringkat Pertama di DKI Jakarta dan salah satu yang terbaik di Indonesia dalam hal robotik.

Mari kita tempuh semester baru ini dengan semangat dan hati gembira, meski kondisi negara yang masih berhati-hati karena pandemic yang belum usai. Hati yang gembira adalah obat alami bagi diri kita semua.

 

Salam Semangat,

Dr. Oki Sunardi, IPM, ASEAN Eng.
Dekan

Visi

"Menjadi fakultas yang unggul di taraf internasional dalam bidang Teknik dan Ilmu Komputer dan berlandaskan nilai-nilai Kristiani"

Misi

Misi yang diemban Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer adalah:

  1. Membangun manusia yang berkarakter dan berwawasan global di bidang Teknik dan Ilmu Komputer.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian bertaraf internasional di bidang Teknik dan Ilmu Komputer untuk memajukan ilmu pengetahuan, mengembangkan dunia usaha, dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  3. Melayani masyarakat Indonesia melalui penerapan ilmu dan keahlian di bidang Teknik dan Ilmu Komputer.

Pejabat Struktural

...
Dekan
Dr. Oki Sunardi
...
Ketua Program Studi Teknik Elektro
Ir. Johansah Liman, M.T.
...
Ketua Program Studi Teknik Industri
Dr. Iwan Aang Soenandi
...
Ketua Program Studi Teknik Sipil
Hans Dermawan, S.Pd., M.T.
...
Ketua Program Studi Informatika
Fredicia, M.Kom.
...
Ketua Program Studi Sistem Informasi
Marcel, S.Kom., M.TI., ITIL, COBIT5, PRINCE2, AgilePM

Kontak

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK)

Universitas Kristen Krida Wacana
Gedung E lantai 2
Jl. Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
  +62 21 566 6952 Ext. 1300  |  Fax: 5666956
  contact.ftik@ukrida.ac.id