Sistem Informasi

Terakreditasi B

SK BAN-PT No. 3908/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019

Profil

SISTEM INFORMASI adalah ilmu multidisiplin yang mempelajari bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memecahkan masalah bisnis dan menciptakan inovasi dalam era digital. Menggabungkan prinsip-prinsip teknologi informasi, bisnis, dan manajemen untuk membentuk lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia industri modern.

 

"Di tengah transformasi digital, kompetensi teknologi informasi dan wawasan bisnis bukan lagi pilihan, tetapi keharusan. Jadilah pelopor perubahan dengan Sistem Informasi!"

Sistem Informasi UKRIDA

Mengapa Memilih Sistem Informasi?

  1. Peran Sentral dalam Transformasi Digital: Di era digital saat ini, setiap organisasi memerlukan teknologi untuk mengoptimalkan operasinya, dan lulusan Sistem Informasi berperan krusial dalam proses transformasi tersebut.
  2. Peluang Karir yang Luas: Mulai dari analis bisnis, manajer proyek TI, digital product management specialist, UI/UX designer & engineer, fullstack web developer, business intelligence analyst, hingga konsultan teknologi, berbagai peluang menarik menanti kamu.
  3. Keterampilan yang Fleksibel: Lulusan sistem informasi tidak hanya memahami teknologi, tetapi juga bisnis. Hal ini sangat penting karena memungkinkan mereka bekerja di berbagai sektor industri.


Empat Konsentrasi Peminatan yang Kekinian

  1. UI/UX Design & Prototyping: berfokus pada proses merancang tampilan dan interaksi antarmuka pengguna sampai dengan membuat prototipe interaktif dari sebuah produk atau layanan digital dengan tujuan menciptakan pengalaman yang intuitif, efisien, dan menyenangkan. Proses ini melibatkan aspek visual, fungsional, dan emosional agar pengguna dapat berinteraksi dengan sistem secara mudah dan memuaskan.
  2. Business Intelligence: berfokus pada proses pengumpulan, analisis, pengolahan, dan presentasi data bisnis untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan strategis dalam perusahaan. Proses ini mengintegrasikan teknologi informasi dan pengetahuan bisnis, sehingga dapat memberikan wawasan berharga bagi pelaku bisnis dalam mengelola dan mengoptimalkan kinerja perusahaan.
  3. Human-Centered Full-Stack Web Development: berfokus pada proses perancangan, pengembangan dan pengujian aplikasi web full-stack (frontend dan backend). Tidak hanya berfokus pada aspek teknis pengembangan, namun juga memahami kebutuhan pengguna dengan pendekatan empati dan human-centered design untuk memastikan solusi aplikasi web fullstack yang tepat guna.
  4. Digital Product Management: berfokus pada proses perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan produk digital, seperti aplikasi mobile, perangkat lunak, atau layanan online. Proses ini bertujuan memahami kebutuhan pengguna, merancang strategi pasar, dan strategi iterasi dalam rangka mengoptimalkan fungsionalitas produk digital untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan dan PMF (Product Market Fit). 

 

Berita

ukrida_664457671fee68.68922616.png
Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UKRIDA Meraih Prestasi di Kompetisi UNITY#12

15 Mei 2024

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UKRIDA meraih prestasi dalam kompetisi UNITY#12 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

ukrida_64f6fc30425477.52780737.png
PSMB Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Ukrida 2023: L E A D

05 September 2023

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Ukrida melaksanakan program Pengantar Studi Mahasiswa Baru (PSMB) FTIK 2023 dengan tema “Loving Enlightening Advance Determined (LEAD)"

ukrida_6332c15ad67c47.66151894.png
Sekolahku Go Digital

27 September 2022

UKRIDA Gelar USCC 2022 dan Workshop “Sekolahku Go Digital”

Visi

"Menjadi program studi yang berkualitas dalam bidang pengembangan dan manajemen Sistem Informasi dengan berlandaskan nilai-nilai Kristiani."

Misi

  1. Membentuk profesional mandiri dalam bidang sistem informasi yang bijak, kritis, kreatif, dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian di bidang Sistem Informasi.
  3. Meningkatkan kesejahterahan masyarakat melalui penerapan sistem informasi.
  4. Mengembangkan kolaborasi yang mengarah pada pertukaran informasi dan pengetahuan dalam rangka pengembangan wawasan di bidang Sistem Informasi yang bersifat lintas keilmuan.

Keunggulan

Program Studi Sistem Informasi di UKRIDA bukan sekedar tempat untuk mendapatkan gelar. Ini adalah tempat dimana kamu dipoles untuk menjadi pemimpin masa depan dalam teknologi informasi, dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontemporer.

  1. Pengalaman Pembelajaran yang Mendalam: Setiap sesi pembelajaran di prodi Sistem Informasi UKRIDA dirancang sedemikian rupa agar tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang mendalam. Melalui metode belajar yang aktif, mahasiswa diberdayakan untuk menerapkan konsep dan teori yang dipelajari ke dalam situasi nyata.
  2. Metode Project-Based: Salah satu keunggulan utama program ini adalah pendekatan berbasis proyek. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk bekerja pada proyek nyata, memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks nyata. Ini tidak hanya memperkuat pemahaman mereka tentang materi, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia kerja.
  3. Pembelajaran Case-Based: Tidak ada yang dapat menggantikan pengalaman belajar dari kasus nyata. Metode case-based memungkinkan mahasiswa untuk menganalisis, mendiskusikan, dan memecahkan masalah nyata yang dihadapi oleh perusahaan dan industri. Ini membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan analitis dan keterampilan pemecahan masalah yang kritis.
  4. Personalisasi Pembelajaran: Kami mengerti bahwa setiap mahasiswa unik dengan aspirasi dan keinginan belajar mereka sendiri. Melalui program peminatan, memungkinkan mahasiswa untuk memilih jalur pembelajaran yang paling sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka, memberikan pengalaman belajar yang lebih terfokus dan relevan.
  5. Kurikulum Kampus Merdeka: Prodi Sistem Informasi UKRIDA berkomitmen untuk mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan dengan menyediakan kurikulum yang fleksibel dan up-to-date. Kurikulum Kampus Merdeka memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan di era digital saat ini, sambil memberi mereka kebebasan untuk mengeksplorasi minat lain di luar bidang studi utama mereka.
  6. Empat Konsentrasi Peminatan yang Kekinian: Program ini menawarkan keunggulan tambahan dengan memberikan empat konsentrasi peminatan kekinian, yaitu:
    • Business Intelligence
    • UI/UX Design & Prototyping
    • Human-Centered Full-Stack Web Development
    • Digital Product Management

    Konsentrasi peminatan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mulai dari semester 5 untuk mendalami bidang-bidang spesifik sesuai minat mereka, mempersiapkan mereka untuk karir yang lebih terfokus dan relevan di dunia teknologi informasi.

  7. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Profesional IT: Kami menyambut baik para profesional IT yang telah memiliki pengalaman kerja selama minimal 3 tahun di bidang teknologi informasi. Program khusus RPL yang memungkinkan mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke tingkat sarjana S1 tanpa harus mengulang dari awal. Kami menghargai pengalaman mereka dan memberikan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengisi celah pengetahuan yang ada, memungkinkan mereka untuk mencapai gelar sarjana lebih cepat.

    Semua ini diselenggarakan melalui pendekatan blended learning (Program UKRIDA Online) yang menggabungkan pembelajaran online dan tatap muka, serta dengan kurikulum yang terstruktur sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan program tepat waktu. Ini adalah langkah kami untuk mendukung pertumbuhan profesional dan pengembangan karir.


Mari berkunjung ke ekosistem digital kami, mengenal lebih dekat Sistem Informasi UKRIDA di:

 

benefit_si_1.jpg

Kurikulum Sistem Informasi UKRIDA juga sudah sepenuhnya sudah mendukung program MB-KM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), yang memberikan hak belajar bagi mahasiswa selama 3 (tiga) semester diluar program studi.

Fasilitas

    slide 0
  1. Laboratorium Komputer
  2. Laboratorium dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru untuk mendukung pembelajaran dan penelitian di bidang sistem informasi. Mahasiswa dapat mengakses berbagai alat untuk pemrograman, analisis data, dan simulasi. Disediakan juga fasilitas server dan storage untuk penelitian dan projek lanjutan mahasiswa.

    slide 1
  3. Ruang Server & Teknologi Infrastruktur
  4. Bagian dari laboratorium komputer yang memfasilitasi mahasiswa yang tertarik dengan teknologi infrastruktur terkini. Fasilitas mencakup perangkat server, storage, jaringan data dan teknologi virtualisasi server yang mengarah kepada green computing.

    slide 2
  5. Learning Management System
  6. Program studi Sistem Informasi mengadopsi pendekatan blended learning yang inovatif. Materi akademik dapat diakses oleh mahasiswa kapan saja dan di mana saja. Sementara pertemuan tatap muka dioptimalkan untuk kegiatan yang mendalam seperti analisis studi kasus, pengerjaan proyek, diskusi interaktif, dan presentasi, semuanya dirancang untuk memaksimalkan penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks praktis.

    slide 3
  7. Specialities Lab
  8. Specialities lab adalah kelompok belajar dibawah bimbingan beberapa dosen, dalam beberapa kasus juga dapat melibatkan mitra. Fokus pada pada pengembangan skill praktis mahasiswa dalam hal kompetensi UI/UX, business intelligence, human-centered full-stack web development, dan digital product management. Mahasiswa dibimbing agar dapat menghasilkan portofolio profesional, diarahkan untuk mengikuti kompetisi ataupun dilibatkan dalam projek-projek profesional level universitas maupun mitra perusahaan.

    slide 4
  9. Professional eCourses
  10. Sebagai komitmen untuk menyajikan pendidikan berkualitas tinggi, sumber materi perkuliahan tidak hanya berasal dari keahlian dan pengalaman dosen yang bersifat akademik tetapi juga di kombinasikan dengan konten dari eCourses profesional, khususnya untuk mata kuliah yang mengarah pada kompetensi praktis. Professional eCourses ini disediakan khusus hanya bagi mahasiswa Sistem Informasi UKRIDA tanpa biaya tambahan.

Kurikulum

Tahun Pertama
  • Aplikasi Perkantoran & Data Analitik
  • Algoritma & Pemrograman Dasar
  • Pemrograman Web Dasar
  • Pemrograman Web Lanjutan
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Aljabar Linear & Logika Matematika
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Analisa & Perancangan Proses Bisnis
  • Analisa & Perancangan SI
  • Multimedia
Tahun Kedua
  • Desain Antarmuka & Pengalaman Pengguna
  • Desain Antarmuka & Pengalaman Pengguna 2
  • Statistika & Probabilitas
  • Analisa & Perancangan Basis Data
  • Jaringan Komputer & Sistem Operasi
  • Pemrograman Web Lanjutan 2
  • Manajemen Produk Digital
  • Metodologi Agile Scrum
  • Arsitektur Enterprise
  • Manajemen Layanan & Resiko TI
  • Metodologi Penelitian
Tahun Ketiga
  • Projek Digital SI
  • Keamanan Informasi Digital
  • Magang (Kampus Merdeka)
  • Pendidikan Holistik (Kampus Merdeka)
Tahun Keempat
  • Skripsi / Karya Akhir
ukrida_651a742a9defc.jpg

Kurikulum Sistem Informasi UKRIDA di desain agar berfokus pada kompetensi terkini dunia industri, agile (dinamis) dan lean (ramping) untuk memaksimalkan pengalaman belajar. Pendekatan pembelajaran mengarah pada professional portfolio development dalam bentuk project-based / case-based.
Catatan: Ragam mata kuliah pilihan dapat dilihat pada bagian FAQ

Staf Dosen

ENDI_PUTRO_2-1.JPG
Dr. Endi Putro, S.Kom., M.T.

System Development, IT Governance, Enterprise Architecture

Marcel.jpg
Marcel, S.Kom, MTI, ITIL V3 Expert, COBIT, AgilePM.

IT Infrastructure, IT Governance & Service Management, Digital Transformation, Digital Product Management

YUDHI_WINDARTO_3-1.jpg
Yudhi Windarto, S.Si., M.Kom.

UI/UX, Multimedia, e-Business, IT Risk Management

Cynthia Hayat-2.jpg
Cynthia Hayat, S.Kom., M.MSI.

System Development, Artificial intelligence, Business Intelligence, Enterprise Resource Planning

dimas wahyu ps.jpg
Dimas Wahyu Pratama, S.Kom, MM.

UI/UX, System Analysis & Design, Business Process Analysis, Technopreneur

Nina.jpg
Dr. Gisela Nina Sevani, S.Kom., M.Si., M.M.

Computational Intelligence

EDY_KRISTIANTO_3-1.jpg
Edy Kristianto, Ph.D.

Keamanan dan Jaringan Komputer

FAQ

Sistem Informasi UKRIDA terakreditasi dengan status ‘Sangat Baik’ dari BAN-PT.

(SK BAN-PT No.3908/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019)

Program S1 Sistem Informasi UKRIDA dirancang untuk memberikan fondasi yang kuat di bidang teknologi informasi dengan total tempuh 145 SKS. Mahasiswa dapat menyelesaikan seluruh mata kuliah dalam rentang waktu 3.5 hingga 4 tahun.

Kami percaya bahwa belajar tidak hanya terbatas pada ruang kuliah, tetapi juga melibatkan pengalaman nyata, interaksi personal, dan adaptasi dengan perkembangan zaman. Mari kita jelajahi metode pembelajaran unik yang kami tawarkan:

  1. Blended Learning: Di UKRIDA, kami mengadopsi kecanggihan teknologi dalam proses belajar. Blended Learning menggabungkan metode pembelajaran tatap muka di kelas dengan pendekatan e-learning menggunakan LMS (Learning Management System). Melalui metode ini, mahasiswa mendapatkan fleksibilitas dalam mengakses materi kapan saja, di mana saja, sambil tetap mendapatkan interaksi langsung dengan dosen dan teman kuliah.
  2. Experiential Learning melalui Case Study dan Proyek: Teori dan konsep penting, namun kami percaya bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menganalisis studi kasus nyata dan bekerja pada proyek-proyek yang relevan dengan industri, sehingga mereka dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam situasi dunia nyata.
  3. Personalisasi: Setiap individu memiliki keunikan, kekuatan, dan minat mereka sendiri. Di UKRIDA, pendekatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan aspirasi individu mahasiswa. Melalui bimbingan akademik, mahasiswa dapat memilih jalur spesialisasi yang sesuai dengan passion dan tujuan karier mereka.
  4. Fokus pada Praktik: Kurikulum kami dirancang dengan pendekatan hands-on. Lebih dari sekadar teori, mahasiswa diberdayakan untuk berpraktik, menciptakan solusi, dan menghadapi tantangan teknologi informasi yang sebenarnya.
  5. Mengarah pada Portofolio: Di era digital, portofolio adalah identitas. Mahasiswa diajarkan untuk mengembangkan portofolio sepanjang perkuliahan, memamerkan proyek, penelitian, dan prestasi mereka, yang nantinya akan menjadi aset berharga saat memasuki dunia kerja.
  6. Kurikulum Kampus Merdeka: Mengikuti visi pendidikan nasional, program studi Sistem Informasi UKRIDA mengadopsi kurikulum Kampus Merdeka. Ini memungkinkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi atau bahkan universitas, menjalani magang, atau melakukan penelitian, sehingga membentuk karakteristik lulusan yang komprehensif dan siap menghadapi era global.

Di UKRIDA, pendidikan bukan hanya soal mendapatkan gelar, tetapi tentang mengembangkan potensi, keterampilan, dan karakter.

Kemitraan

ukrida_651d58d2df628.jpg
ukrida_651d592161021.jpg
ukrida_651d5951989f2.jpg
ukrida_651d5977e5a0f.jpg
ukrida_651d59fcb80ad.jpg
ukrida_651d5a8735b21.jpg
ukrida_651d5a9ec3b77.jpg
ukrida_651d5aabb5632.jpg
alibaba.jpg
ukrida_651d5ac75f493.jpg
ukrida_651d5b2d03569.jpg
ukrida_651d5b3dccaa4.jpg
ukrida_651d5b510812e.jpg

Kontak

Program Studi Sistem Informasi

Universitas Kristen Krida Wacana
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Jl. Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
  +62 21 566 6952  |  Fax: 566 6952
  sistem.informasi@ukrida.ac.id

=