Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Selamat Datang di FKIK UKRIDA

Di UKRIDA, kami berkomitmen untuk tidak hanya mendidik generasi dokter berikutnya; kami berupaya menciptakan arsitek layanan kesehatan masa depan.

"Tempat lahirnya Pemimpin layanan kesehatan masa depan"

Dengan kurikulum kami yang selalu terdepan, infrastruktur yang canggih, dan tenaga pengajar yang mempunyai kredibilitas nasional maupun internasional, kami berdedikasi untuk menyediakan pendidikan kedokteran yang luar biasa, yang akan membekali mahasiswa dengan keterampilan unggul dan prestasi di bidang kesehatan yang terus berkembang.

Program Studi

IMG_4417.jpg</a>
Kedokteran (S1)

Terakreditasi Baik Sekali

Prodi Kedokteran mempersiapkan calon Sarjana Kedokteran (S. Ked.) melalui penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

590A1867 (1).JPG</a>
Profesi Dokter (Profesi)

Terakreditasi Baik Sekali

Program Studi Profesi Dokter mendidik seorang Sarjana Kedokteran sebagai calon dokter.

swakarsa.png</a>
D3 Keperawatan (D3)

Terakreditasi B

Program Studi Keperawatan bertujuan menghasilkan tenaga ahli madya keperawatan yang memiliki kompetensi berstandar global dan memiliki karakter penuh belas kasih.

590A1301.JPG</a>
Optometri (D4)

Terakreditasi Baik

Optometri UKRIDA merupakan program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Sambutan Dekan

Syalom dan salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur masa pandemi Covid 19 hampir berakhir, masa penuh dinamika bagi Pendidikan di Indonesia yang dimulai dengan adaptasi cepat dari metode pembelajaran konvensional menuju pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) di awal pandemi, kemudian berubah menjadi pembelajaran hybrid, dan berlanjut pada pembelajaran tatap muka. Metode pembelajaran di FKIK Ukrida mengalami banyak perubahan yang justru menguntungkan bagi seluruh stakeholders, sehingga outcome Pendidikan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan secara kualitas maupun kuantitas, sejalan dengan karakter para millenials yang hidup akrab dengan pegawainya.

Di usianya yang ke 56 FKIK Ukrida terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas Pendidikan seluruh program studi  di lingkungannya, agar mampu menghasilkan alumni yang semakin berkualitas pada 4 program studi di lingkungannya. Berbagai fasilitas Pendidikan terus ditingkatkan, mulai dari ruang belajar yang nyaman dan cozy di lingkungan kampus, sampai dengan Rumah Sakit Pendidikan milik Ukrida sebagai salah satu syarat penting bagi Pendidikan kedokteran dan kesehatan menjadi prioritas utama pimpinan Ukrida. Diakreditasikannya RS FMC di jalan raya Bogor sebagai rumah sakit pendidikan, dan dengan dioperasionalkannya RS Ukrida yang bertempat di lingkungan Kampus II Ukrida, diharapkan dapat menjadi wahana kepaniteraan bagi seluruh program studi kedokteran dan kesehatan Ukrida. 

Program studi kedokteran dan profesi dokter berhasil memperoleh kriteria “baik sekali” pada akreditasi LAM PT Kes pada tahun 2022, dan terus meningkatkan kemampuan sumber daya dosen melalui Pendidikan lanjut Strata 3 dan Spesialis Konsultan (Sp2), serta selalu update dengan sarana prasarana dan metode Pendidikan kedokteran. Program studi Keperawatan tahun ajaran baru September 2023 mulai menerima mahasiswa Strata 1 dan profesi Ners, lengkap dengan seluruh sarana prasarana penunjang praktek dan kepaniteraan yang mampu mendukung sistem pembelajaran lintas profesi (interprofessional education/IPE),  sehingga nantinya siap bekerja sama dengan  mitra kerja medik maupun paramedik lainnya. 

FKIK Ukrida berkomitmen menerapkan materi pembelajaran elektif di bidang kedokteran kedaruratan dan kedokteran komunitas melampaui Standar Kompetensi

Program studi Optometri sebagai program studi pertama dan satu – satunya di Indonesia untuk jenjang Sarjana Terapan, terus maju menjawab berbagai tantangan, mulai dari ujian kompetensi pertama di bulan Agustus 2023, peningkatan mutu kurikulum dan dosen pengajar melalui kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Selain itu mengembangkan wahana praktek berupa Klinik Optometri di RS Ukrida sebagai “klinik percontohan” bagi calon – calon klinik optometri di Indonesia, serta sebagai lahan kerja bagi calon – calon optometri pertama Indonesia. 

Keberhasilan FKIK Ukrida tergambar melalui keberhasilan para alumninya yang saat ini sudah menghasilkan lebih dari 4700 dokter dan terdistribusi di seluruh pelosok Indonesia. Selain itu ada lebih dari 500 dokter lulusan Ukrida di luar negeri seperti Malaysia, Timor Leste, Korea Selatan, bahkan Kongo, yang berkontribusi besar bagi pelayanan kesehatan di tempat kerja masing – masing sebagai tenaga medik, pendidik, peneliti, yang di antaranya menduduki jabatan – penting di lingkungan swasta maupun pemerintahan termasuk TNI, Polri, maupun PNS.

 

Salam,

dr. Antonius Ritchi Castilani, M.Si., DFM.
Dekan

Profil

Sejarah Panjang FKIK Ukrida adalah bersamaan dengan berdirinya Ukrida pada tanggal 20 Januari 1967, dan waktu itu masih dengan nama Fakultas Kedokteran. Dalam perkembangannya tahun 2019 berganti menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dengan 4 program studi, yaitu: Program Studi Kedokteran, Program Studi Pendidikan Profesi Dokter, Program Studi Sarjana Terapan Optometri, dan Program Studi Keperawatan. Seluruh program studi FKIK Ukrida telah terakreditasi oleh LamPT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia).

Program Studi Kedokteran
Prodi Kedokteran mempersiapkan mahasiswa Kedokteran untuk menjadi Sarjana Kedokteran (S. Ked) melalui penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam bentuk sistem Blok dengan materi pembelajaran sebanyak 160 SKS. Masa studinya selama 7 semester, diselenggarakan dalam bentuk kuliah, praktikum, Problem Based Learning (PBL), Skills Lab (SL), dan Evaluasi Hasil Helajar (EHB). Setiap tahun Program Studi Kedokteran FKIK Ukrida mampu menerima 200 mahasiswa baru, dan saat ini terdapat lebih dari 1000 mahasiswa yang sedang menjalani pendidikannya. 

Di masa pandemi, metode pembelajaran diselenggarakan secara blended learning melalui penerapan perkuliahan dan sebagian PBL secara online, sementara praktikum, SL, dan EHB dilaksanakan secara offline (Pertemuan Tatap Muka/PTM). Di  akhir masa studi, mahasiswa Prodi Kedokteran wajib menyelesaikan skripsi yang berbasis penelitian ataupun literatur review.

Seluruh Program Studi di FKIK Ukrida telah terakreditasi oleh LamPT-Kes

Program Studi Profesi Dokter
Mahasiswa yang telah lulus dari Prodi Kedokteran, dapat melanjutkan ke Prodi Pendidikan Profesi Dokter yang mempersiapkan mahasiswanya untuk memperoleh gelar profesi Dokter. Proses Pendidikan diselenggarakan melalui kepaniteraan klinik yang diselenggarakan di berbagai rumah sakit atau wahana pendidikan jejaring FKIK Ukrida di Jakarta, Semarang, Lampung, Yogyakarta, dan Surabaya.  Beban perkuliahan sebesar 40 SKS atau dengan masa studi selama 2 tahun, terdiri atas kepaniteraan mayor – masing-masing 10 minggu (ilmu penyakit dalam, ilmu kebidanan dan kandungan, ilmu penyakit anak, ilmu bedah, dan ilmu kesehatan masyarakat) dan kepaniteraan minor – masing-masing 5 minggu (anestesi, radiologi, THT, kulit, mata, saraf, psikiatri, forensik).

Kualitas Pendidikan pada masa Pandemi Covid tetap dipertahankan untuk mencapai sasaran, dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan para dokter muda atau koasisten yang menjalani kepaniteraan klinik di rumah sakit dan wahana Pendidikan. Di akhir masa studinya, setelah menyelesaikan seluruh stase kepaniteraan, mahasiswa wajib mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) untuk memperoleh gelar dokter. Saat ini tercatat Prodi Profesi Dokter FKIK Ukrida telah meluluskan lebih dari 4500 dokter, lebih dari 500 diantaranya terdapat di Malaysia.

Program Studi Optometri
Merupakan program studi Pendidikan Sarjana Terapan pertama dan satu-satunya di bidang Optometri. Prodi ini menyelenggarakan Pendidikan regular dan Pendidikan lanjutan bagi lulusan D3 Refracto Optisien (Lulusan D3 Optometri) yang menjadi kesempatan kerja sekaligus peningkatan kompetensi bagi calon – calon optometrist. Proses pembelajaran diselenggarakan mengikuti kurikulum internasional dengan difasilitasi oleh staf dosen dari dalam maupun luar negeri. Selain itu didukung oleh perlengkapan laboratorium praktikum generasi terbaru, serta kegiatan praktik di klinik dan rumah sakit jejaring Pendidikan, maupun kegiatan magang di jejaring dunia usaha dan dunia industri terkemuka. 

Program Studi Keperawatan
Merupakan program studi Pendidikan Diploma 3 yang mempersiapkan mahasiswanya menjadi tenaga terampil (vokasi) keperawatan dengan moto 5C nya (Compassion, Collaborative, Communicative, Critical thinking, dan Creative) mengutamakan keunggulan di bidang perawatan geriatri.  Proses pembelajaran diselenggarakan dengan fasilitasi oleh staf dosen profesional lulusan dalam maupun luar negeri, serta didukung perlengkapan laboratorium praktikum dan skills lab yang terbaik. Mendukung kebutuhan tenaga keperawatan, Prodi keperawatan saat ini sedang mempersiapkan jenjang sarjana (S1) keperawatan dan profesi Ners, serta menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari kewilayahan. 

Visi

"Menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan berstandar nasional dan internasional yang dapat dipercaya serta inovatif untuk mencapai hasil didik yang unggul demi kepentingan bangsa dan kemanusiaan berdasarkan nilai-nilai khas UKRIDA"

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai dengan standar pendidikan tinggi kedokteran dan ilmu kesehatan di Indonesia secara konsisten dan berkesinambungan.
  2. Mengembangkan unggulan-unggulan khusus Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat maupun mendukung program pemerintah.
  3. Mengembangkan infrastruktur pendidikan kedokteran dan ilmu kesehatan yang inovatif untuk menjamin terlaksananya manajemen administrasi dan operasional pendidikan, untuk menjamin terlaksananya  tata kelola berbasis SPMI, serta mencapai hasil didik yang sebaik-baiknya.
  4. Menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan budaya Loving/Mengasihi, Enlightening/Mencerahkan, Advanced/Maju, Determined/Bertekad (LEAD), serta nilai-nilai khas Ukrida lainnya kepada setiap insan pendidik maupun hasil didik.

Keunggulan

  • Kurikulum berstandar Nasional dan Internasional.
  • Mempunyai kurikulum yang khas, seperti emergency and disaster (bersertifikat), genetika klinik, laser medicine, kesehatan kerja (bersertifikat).   
  • Mendidik mahasiswa dari manca negara (mendapat pengiktirafan dari Negara Malaysia).
  • Hasil lulusannya berkompeten dan berstandar Internasional.
  • Mempunyai rumah sakit pendidikan dengan jumlah yang memadai dan bervariasi sehingga dapat memperkaya pengalaman pengelolaan kasus-pasien.
  • Bekerjasama dengan dinas kesehatan Jakarta Barat sebagai wahana pendidikan layanan primer

Struktur Organisasi

Pejabat Struktural

...
Dekan
dr. Antonius Ritchi Castilani, M.Si., DFM.
...
Wakil Dekan I
dr. Eva Oktavia, Sp.An.
...
Wakil Dekan II
dr. Hartanto, M.Biomed
...
Wakil Dekan III
dr. Diana Wijaya, Sp.FK., M.H.Kes.
...
Ketua Program Studi Kedokteran (PSK)
Dr. dr. Purnamawati, M.Biomed
...
Ketua Program Studi Profesi Dokter (PSPD)
dr. Hendrik Kurniawan, M. Biomed.
...
Ketua Program Studi Optometri
dr. Johannes Hudyono, MS, Sp,Ok, Subsp. ToksiKO (K)
...
Ketua Program Studi DIII Keperawatan
Ns. Stephanus Maman Hermawan, M.Kep.
...
Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners
Ns. Meylona Verawaty Zendrato, M.Kep.

Publikasi

Jurnal
Buku

Kemitraan

  • RSAU ESNAWAN A
  • RSJ SOEHARTO HEERDJAN
  • RSUD KOJA
  • RSUD CENGKARENG
  • RSJ PROVINSI JABAR
  • RS PANTI WILASA SEMARANG
  • RS DR YAP YOGYAKARTA
  • RS IMANUEL LAMPUNG
  • RS BHAYANGKARA PROF. AWALUDIN DJAMIN SEMARANG
  • RS BHAYANGKARA LAMPUNG
  • RUMAH SAKIT BHAYANGKARA H. S. SAMSOERI MERTOJOSO SURABAYA
  • RS FMC SENTUL
  • RS HUSADA
  • RSUD TARAKAN
  • SUDINKES JAKBAR (PUSKES)
  • RS UKRIDA
  • PB IDI
  • PERDAWERI (Perhimpunan Dokter Anti Penuaan. Wellness. Estetik & Regeneratif Indonesia)
  • Mariza Cordoba Foundation
  • FPSI Universitas Mercu Buana
  • PT KALBE
  • PT Rohm & Haas Indonesia
  • PT Cabot
  • Balai K3 DKI Jakarta
  • DINKES KOTA CILEGON
  • OMEGA
  • MD_CLINICALS SA
  • DAN FOUNDATION
  • Shimana University, Japan
  • ChongQing University

Kontak

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK)

Universitas Kristen Krida Wacana
Gedung FKIK lantai 4
Jl. Arjuna Utara No. 6
Jakarta Barat 11510
  +62 21 5694 2061 Ext. -  |  Fax: 5631731
  tu.fk@ukrida.ac.id

Kampus 2 Arjuna Utara
Kampus FKIK

Lihat fasilitas kampus Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan lewat tautan berikut.

Selengkapnya
=