Optometri

Terakreditasi C

Profil

Optometri adalah profesi perawatan kesehatan yang otonom, terdidik dan berlisensi/terdaftar. Optometris adalah pelayan kesehatan primer mata dan sistem penglihatan yang melaksanakan perawatan mata dan penglihatan yang komprehensif, yang meliputi refraksi dan penyiapan alat bantu penglihatan (antara lain kacamata/lensa kontak), deteksi/diagnosa dan penanganan penyakit pada mata, dan rehabilitasi kondisi sistem penglihatan (WHO, diadopsi dari WCO/ World Council of Optometry).

Menurut Global Vision Impairment Data 2015 (WHO), lebih dari 75% dari gangguan kesehatan mata sebenarnya dapat dicegah. Kerugian negara akibat kebutaan dan gangguan penglihatan akan sangat besar, karena penderita menjadi tidak produktif.

"Menyelenggarakan Pendidikan Optometri berkualitas yang didasarkan pada nilai-nilai Kristiani untuk menghasilkan profesional mandiri"

Optometrist dapat membantu memahami masalah penglihatan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup lebih baik melalui penglihatan yang lebih baik.

Terdorong memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dibidang optometri, UKRIDA bekerjasama dengan Organisasi IROPIN ingin membantu pemerintah dalam pemenuhan sumber daya manusia dibidang optometri dengan mendirikan Program Studi Sarjana Terapan Optometri.

Ijin Pendirian

SK MenRistek Dikti No. 708/KPT/I/2018 tentang Izin pembukaan Program Studi Optometri program Sarjana Terapan pada Universitas Kristen Krida Wacana di Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Badan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana.

Berita

http://ukrida.ac.id/images/news/2486/1978--nCYjLFm5eI9J5betBq-3UTmt.jpg
Program Studi Sarjana Terapan Optometri UKRIDA, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

25 Februari 2019

Program Studi Optometri UKRIDA merupakan program strata-1 pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Visi

Visi dari Program Studi Optometri adalah:

“Menjadi Program Studi yang unggul dibidang Kesehatan mata dan mencegah kebutaan nasional, regional dan global dengan berlandaskan nilai-nilai Kristiani”

Misi

  1. Pendidikan Optometri yang berkualitas, artinya pendidikan tinggi yang diselenggarakan pada program studi Optometri Ukrida telah sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri serta kesehatan masyarakat khususnya kesehatan mata.
  2. Nilai-nilai Kristiani, diartikan bahwa lulusan program studi Optometri Ukrida dalam berkarya di masyarakat menerapkan nilai-nilai Kristiani yakni semangat, kasih, pengendalian diri, berani membela yang benar, rendah hati, kebaikan, setia dan tanggung jawab, damai, adil.
  3. Profesional mandiri, dimaksudkan bahwa lulusan program studi Optometri Ukrida mampu untuk menjadi wirausaha (entrepreneur) yang mandiri.

Keunggulan

  • Merupakan program studi Sarjana Terapan Optometri pertama di Indonesia yang akan menghasilkan lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan layanan optometri di pelayanan kesehatan pemeliharaan penglihatan di Indonesia.
  • Didukung sumber daya manusia baik tenaga akademik maupun non akademik yang memadai. Tenaga akademik merupakan ahli dibidang kesehatan mata dan penunjang lainnya.
  • Didukung oleh dunia industri, salah satunya Hoya International yang bukan saja akan menyediakan tempat untuk praktek-magang mahasiswa, namun juga menampung lulusan optometri UKRIDA.
  • Memiliki 2 (dua) rumah sakit yang menjadi tempat untuk praktek maupun untuk magang kerja.
  • Program studi dibawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKRIDA yang telah menyelenggarakan pendidikan dokter lebih dari 50 tahun, sehingga kompetensi lulusannya telah teruji.

Fasilitas

Fasilitas-fasilitas penunjang perkuliahan yang diberikan selama mahasiswa kuliah di Program Studi Optometri UKRIDA adalah:

  1. Laboratorium dasar kedokteran
  2. Laboratorium Optometri:
    • Laboratorium penglihatan (Visual laboratories)
    • Laboratorium pelatihan optometri (Optometry training laboratories)
  3. Klinik Optometri (Optometry clinics)

Staf Dosen

...
Ketua Program Studi
Dr. Ir. Dini Andiani, M.App.Sc.
...
Dr.Eng. Drs. Erning Wihardjo, M.Eng., M.Eng.Sc.

Kontak

Program Studi Optometri

Universitas Kristen Krida Wacana
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Jl. Arjuna Utara no. 6
Jakarta Barat 11470
Telp.: +62 25694 2061 Fax.: 563 1731
email: optometri@ukrida.ac.id