Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Program Studi

industri website.jpg</a>
Program studi Teknik Elektro (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Teknik Elektro membentuk sarjana yang berintegritas dan mampu memberikan solusi menggunakan teknologi terkini. Kekhususan lulusan kami adalah penguasaan ilmu di bidang Elektronika Industri dan Telekomunikasi, serta pengalaman penelitian di bidang Medical Electronics atau Optical Engineering.

elektro website.jpg</a>
Program studi Teknik Industri (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Teknik Industri membentuk pribadi yang SMART (Sincere, Modest, Active, Resourceful and Tough) dan memiliki kompetensi internasional di bidang Industrial Engineering dengan bimbingan dari dosen-dosen berkualifikasi S2 dan S3 dari universitas-universitas terbaik di Jerman, Singapura dan Indonesia. Kekhususan kami adalah di bidang System Engineering.

IMG_2379.JPG</a>
Program studi Teknik Sipil (S1)

Terakreditasi B

Berpengalaman sejak 1978, Program Studi Teknik Sipil membentuk profil lulusan menjadi konsultan perencana, tenaga kontraktor pelaksana serta pengawas proyek yang berwawasan terhadap infrastruktur berkelanjutan, sesuai dengan nilai-nilai LEAD (Loving, Enlightening, Advanced, Determined) dan siap berkompetisi di era global.

FTIK-332b-1.png</a>
Program studi Informatika (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Informatika melaksanakan proses pembelajaran dan penelitian yang selaras dengan perkembangan keilmuan komputer yang berciri dinamis, kritis, kreatif dan inovatif.

DAY30221.png</a>
Program studi Sistem Informasi (S1)

Terakreditasi B

Program Studi Sistem Informasi membentuk profesional mandiri dalam bidang Sistem Informasi yang bijak, kritis, kreatif dan berwawasan global. Kekhususan kami adalah di bidang Sistem Informasi Bisnis.

Sambutan Dekan

Salam Sehat Selalu,

Sejak pertengahan Semester genap 2019/2020, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UKRIDA menghadapi tantangan sekaligus nuansa baru dalam menjalankan proses pembelajaran. Efektif sejak akhir Maret 2020, seluruh proses pembelajaran dilakukan secara daring. Kegiatan praktikum di Laboratorium dilakukan secara berkala pada akhir semester, dengan melalui protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin. Proses bimbingan hingga ujian Tugas Akhir juga dilakukan secara daring. Namun berkat kemurahan Tuhan dan kerja sama mahasiswa, dosen, dan staf pendukung akademik maupun umum, semua proses pembelajaran ini dapat berjalan tanpa hambatan yang berarti.

Memasuki Semester Ganjil 2020/2021, yang dimulai 7 September 2020, seluruh proses pembelajaran tetap dilakukan secara daring. Para mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran dari tempat tinggal dan daerah masing-masing. Bagi mahasiswa luar daerah yang memutuskan untuk kos, UKRIDA telah menyiapkan Tim Satgas penanganan Covid-19, yang setiap saat dapat dihubungi oleh mahasiswa yang membutuhkan pertolongan pertama. Mahasiswa dapat menghubungi Tim Satgas ini melalui call center yang informasinya akan disampaikan melalui dosen pembimbing akademik masing-masing. Para Dosen pembimbing akademik ini akan berperan sebagai orang tua para mahasiswa selama menempuh masa studi di FTIK-UKRIDA.

Pada Agustus 2020, beberapa mahasiswa yang baru saja lulus di tahun 2020, telah mendapatkan beasiswa studi Master di beberapa kampus di luar negeri. Suatu berita yang menggembirakan sekaligus mengharukan. Suatu gambaran bahwa di tengah situasi nasional dan global yang tidak mudah, Putra-putri FTIK UKRIDA tetap semangat dalam meningkatkan kompetensinya hingga ke luar negeri. 

FTIK UKRIDA menyusun, merancang, dan mengembangkan pendekatan yang segar untuk pendidikan Teknik dan Ilmu Komputer dengan memperluas penawaran mata kuliah pilihan agar siap mengimbangi perubahan demografi, kebutuhan dunia bisnis, dan kebutuhan para alumnus untuk menciptakan kesempatan belajar berkesinambungan.

Selain itu sejak Agustus 2020, FTIK UKRIDA telah menjalin kerja sama dengan Alibaba Cloud, terkait proses pelatihan dan sertifikasi bagi para dosen dan mahasiswa. Sebagai gambaran, hingga saat ini, UKRIDA merupakan salah satu dari lima institusi di Indonesia yang di”gandeng” oleh Alibaba Cloud. Melalui kerja sama ini, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya pada level internasional melalui pelatihan dan sertifikasi, dan tentunya tanpa perlu mengeluarkan biaya. 

Kami yakin semester ini akan menjadi semester yang luar biasa. Mari kita bekerja bersama - fakultas, staf, mahasiswa, dan alumni - untuk menjadikan tahun akademik baru ini yang terbaik bagi kita semua.

All the Best,

Dr. Oki Sunardi, IPM, ASEAN Eng.
Dekan

Visi

Visi dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer adalah: 

Menjadi fakultas yang unggul di taraf internasional dalam bidang Teknik dan Ilmu Komputer dan berlandaskan nilai-nilai Kristiani

Misi

Misi yang diemban Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer adalah:

  1. Membangun manusia yang berkarakter dan berwawasan global di bidang Teknik dan Ilmu Komputer.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian bertaraf internasional di bidang Teknik dan Ilmu Komputer untuk memajukan ilmu pengetahuan, mengembangkan dunia usaha, dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  3. Melayani masyarakat Indonesia melalui penerapan ilmu dan keahlian di bidang Teknik dan Ilmu Komputer.

Pejabat Struktural

...
Dekan
Dr. Oki Sunardi
...
Ketua Program Studi Teknik Elektro
Indra Karnadi, Ph.D.
...
Ketua Program Studi Teknik Industri
Dr. Iwan Aang Soenandi
...
Ketua Program Studi Teknik Sipil
Hans Dermawan, S.Pd., M.T.
...
Ketua Program Studi Informatika
Fredicia, M.Kom.
...
Ketua Program Studi Sistem Informasi
Marcel, S.Kom., M.TI., ITIL, COBIT5, PRINCE2, AgilePM

Kontak

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK)

Universitas Kristen Krida Wacana
Gedung E lantai 2
Jl. Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
Telp.: +62 21 566 6952 Ext. 1300, Fax.: 5666956
email: contact.ftik@ukrida.ac.id