Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Fakultas Kedokteran menerapkan sistem pendidikan berbasis kompetensi dalam mendidik mahasiswa menjadi seorang dokter yang kompeten.

Program Studi

590A1867 (1).JPG</a>
Profesi Dokter (Profesi)

Terakreditasi B

Program Studi Profesi Dokter mendidik seorang Sarjana Kedokteran sebagai calon dokter.

swakarsa.png</a>
Keperawatan (D3)

Terakreditasi C

Program Studi Keperawatan bertujuan menghasilkan tenaga ahli madya keperawatan yang memiliki kompetensi berstandar global dan memiliki karakter penuh belas kasih.

590A1301.JPG</a>
Optometri (D4)

Terakreditasi C

Optometri UKRIDA merupakan program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Sambutan Dekan

Syalom dan salam sejahtera untuk kita semua

Memasuki tahun 2020, menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 maupun 5.0, FKIK UKRIDA telah melakukan berbagai inovasi terhadap konsep pendidikan melalui peningkatan terhadap kurikulum pendidikan berbasis kompetensi dengan memanfaatkan penerapan IT antara lain blended learning dan gaming, serta peningkatan proporsi Problem Base Learning (PBL) dan Skills Lab (SL) agar para millenials lebih tertarik dan mudah memahami materi-materi sulit  pendidikan kedokteran.

Untuk melengkapi kebutuhan dinamika pendidikan kedokteran dan perlunya Inter Professional Education sebagaimana diarahkan oleh Kementerian Kesehatan RI, maka pada tahun 2019 FKIK UKRIDA sudah membuka 2 Program Studi (Prodi) baru, yaitu Prodi Keperawatan dan Prodi Optometri (pertama di Indonesia), serta merencanakan beberapa Program Studi baru untuk tahun 2021 antara lain, Prodi Magister Kedokteran Komunitas, dan Prodi Kedokteran Okupasi.

Dalam rangka pembangunan SDM Indonesia unggul, serta terbentuknya profil outcome lulusan yang bukan semata sesuai dengan Standar Kompetensi Profesi, FKIK UKRIDA berkomitmen untuk memperkuat pendidikan soft skill dengan penerapan nilai-nilai khas UKRIDA berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, nilai-nilai Kristiani, serta LEAD (Loving, Enlightening, Advance, dan Determine)

Merupakan nilai tambah ketika di tahun 2020 UKRIDA berhasil mempersiapkan operasional Rumah Sakit kedua sebagai salah satu platform pusat pendidikan profesinya, dan meningkatkan Laboratorium Riset Terpadu untuk kegiatan riset Biomolekuler, serta semakin mengembangkan berbagai Kerjasama Nasional dengan berbagai perusahaan farmasi, Kedokteran Kepolisian, BPPT dan institusi non profit lainnya maupun Kerjasama Internasional dengan American Heart Association (AHA), De La Salle University, Saitama University, Chong Qing University dan Rumah sakit afiliasi Internasional lain untuk memaparkan calon dokter sedini mungkin dengan dunia Internasional.

Profil mahasiswa dan alumni FKIK UKRIDA sangat beragam dan berasal dari berbagai daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia maupun luar negeri (Malaysia, Timor Leste, Korea Selatan, Kongo), yang sampai dengan Januari 2020 sudah meluluskan lebih dari 4000 dokter yang mampu berkiprah di masyarakat sebagai dokter umum, dokter spesialis, dokter militer, dosen/professor di lingkungan FKIK UKRIDA maupun perguruan tinggi lain, serta mampu menduduki berbagai level jabatan sebagai direktur pada berbagai perusahaan maupun rumah sakit, peneliti, bahkan menduduki berbagai jabatan penting di lingkungan pemerintahan Republik Indonesia.

Kami menunggu kehadiran anda untuk bergabung di FKIK UKRIDA, dalam lingkungan pendidikan yang nyaman dan kondusif untuk mempersiapkan para millenials menjadi SDM Indonesia unggul

Salam,

dr. Antonius Ritchi Castilani, M.Si., DFM.

Dekan 

 

Profil

Fakultas Kedokteran berdiri pada tanggal 20 Januari 1967 dan saat ini terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Fakultas Kedokteran menerapkan sistem pendidikan yang berbasis kompetensi dalam mendidik mahasiswa menjadi seorang dokter yang kompeten. Lama studi dalam kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah 5 tahun atau 10 semester. Masa studi itu terdiri dari tujuh semester untuk meraih Sarjana Kedokteran (S.Ked) dan tiga semester untuk program Profesi Kedokteran. Total SKS yang ditempuh adalah 160 SKS (S.Ked) dan 40 SKS (Profesi). Dalam program profesi mahasiswa akan menjalani kepaniteraan klinik di salah satu rumah sakit jejaring Ukrida. Saat ini, Fakultas Kedokteran Ukrida telah meluluskan lebih dari 3.800 dokter, yang bekerja di dalam maupun di luar negeri. 

Kepaniteraan

Mahasiswa Fakultas Kedokteran yang telah menempuh 160 SKS dengan nilai lulus akan masuk ke tahap profesi, yaitu dengan melakukan kepaniteraan klinik di rumah sakit jejaring FK Ukrida. Rumah sakit tersebut tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Karawang, Sukabumi, Bandung, Lampung, Semarang, Kudus, dan Yogyakarta.

Visi

"Menjadi lembaga perguruan tinggi kedokteran kristen yang unggul di Indonesia dan dunia internasional"

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran dasar dan spesialistik yang berkualitas, kompeten, profesional dan mandiri dengan didasari nilai-nilai Kristiani
  2. Menyelenggarakan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi pada Ilmu pengetahuan & Teknologi Kedokteran berdasarkan Standar Pendidikan Dokter baik Nasional & Internasional. 

Keunggulan

  • Kurikulum berstandar Nasional dan Internasional.
  • Mempunyai kurikulum yang khas, seperti emergency and disaster (bersertifikat), genetika klinik, laser medicine, kesehatan kerja (bersertifikat).   
  • Mendidik mahasiswa dari manca negara (mendapat pengiktirafan dari Negara Malaysia).
  • Hasil lulusannya berkompeten dan berstandar Internasional.
  • Mempunyai rumah sakit pendidikan dengan jumlah yang memadai dan bervariasi sehingga dapat memperkaya pengalaman pengelolaan kasus-pasien.
  • Tidak ada stagnasi dalam kepaniteraan. 

Pejabat Struktural

...
Dekan
dr. Antonius Ritchi Castilani, M.Si., DFM.
...
Wakil Dekan I
dr. Johannes Hudyono, M.S., Sp.Ok., MFPM
...
Wakil Dekan II
dr. Wiliam, M.Biomed
...
Wakil Dekan III
dr. Marshell Tendean, Sp.PD.
...
Ketua Program Studi Sarjana Kedokteran (PSSK)
dr. Handy Winata Hon, M. Biomed
...
Ketua Program Studi Profesi Dokter (PSPD)
dr.Eva Oktavia, Sp.An.
...
Ketua Program Studi Optometri
Dr. Ir. Dini Andiani, M.App.Sc.
...
Ketua Program Studi Keperawatan
Ns. Mey lona Verawaty. Zendrato, M.Kep.

Kontak

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK)

Universitas Kristen Krida Wacana
Gedung FK lantai 4
Jl. Arjuna Utara No. 6
Jakarta Barat 11510
Telp.: +62 21 5694 2061 Ext. - , Fax.: 5631731
email: tu.fk@ukrida.ac.id