Penyuluhan Kanker: Pengertian, Deteksi Dini, dan Pencegahan

Publish by Humas  |  14 Maret 2023

all

Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) mengadakan penyuluhan tentang penyakit Kanker

Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melalui Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) mengadakan penyuluhan tentang penyakit Kanker, khususnya terkait deteksi dini dan pencegahan. Acara dilaksanakan pada Jumat, 10 Maret 2023, bertempat di Kampus I Ukrida dan diikuti oleh 23 orang karyawan, difasilitasi oleh Yayasan Pemerhati Kanker Indonesia (YPKI). Adapun pada penyuluhan ini, menghadirkan Nursanti, A. Md., Keb., sebagai fasilitator. Penyuluhan diawali dengan pemaparan mengenai pengertian tumor dan perbedaannya dengan kanker, gejala yang dapat dideteksi, mulai dari stadium awal sampai yang sudah memasuki stadium lanjut.

Penyuluhan ini difokuskan pada kanker prostat, kanker rahim, dan kanker payudara, serta orang-orang yang berpotensi terkena kanker tersebut. Dijelaskan oleh narasumber bahwa penderita kanker bisa diderita karena faktor genetik (keturunan), pola makan tidak sehat, terpapar bahan kimia, dan sebagainya. Sementara itu, khusus untuk kanker prostat dialami oleh laki-laki, yang disebabkan antara lain oleh usia dan pola hidup yang tidak sehat. Demikian pula halnya dengan kanker rahim dan payudara yang diderita oleh wanita dengan penyebab dan kondisi khusus.

Selanjutnya fasilitator menampilkan secara visual tentang gejala awal kanker prostat dan rahim, mulai dari stadium awal hinggal stadium lanjut, dimana penderita yang sudah sangat terlambat untuk ditangani dapat berisiko mengakibatkan kematian walaupun sudah menjalani tindakan medis berupa operasi. Acara penyuluhan diakhiri dengan simulasi tentang SADARI (PemerikSAan payuDAra sendiRI) yang diarahkan oleh fasilitator.

=