Kunjungan dan Diskusi Santai UKRIDA-LLDIKTI XIV Papua–Papua Barat

Publish by Humas  |  21 Maret 2022

all pmp mbkm

UKRIDA berbagi pengalaman ke beberapa PTS Papua – Papua Barat

Mengapa UKRIDA terpilih untuk dikunjungi? Tentu ada hal penting yang ingin diketahui lebih jauh tentang UKRIDA dan UKRIDA pun siap untuk berbagi dengan para sahabat dari provinsi paling Timur NKRI, terlebih yang menjadi inti kunjungannya adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  

Dr. Lidia Sandra, S. Kom., S. Psi., M. Comp. Eng.Sc., selaku Wakil Rektor I UKRIDA Bidang Pengembangan Akademik, Inovasi, Kerjasama dan SDM, sekaligus Penanggung Jawab Program MBKM UKRIDA menyampaikan sambutan dan perkenalan. Sementara sambutan perkenalan dari perwakilan perguruan tinggi swasta LLDIKTI XIV wilayah Papua – Papua Barat, disampaikan oleh Dr. Petrus I. Suripatty. Ikut mendampingi kunjungan ini, yaitu Prita Ekasari, S.T., M.M.SI, selaku Sub Koordinator Pendidik dan Tenaga Kependidikan LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

Dalam paparannya Dr. Lidia Sandra mengatakan bahwa dasar perguruan tinggi melaksanakan kebijakan MBKM adalah Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Hak mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Atas dasar itulah UKRIDA melakukan persiapan dan mengidentifikasi bahwa ada mata rantai yang putus antara kompetensi yang diajarkan dengan kebutuhan dan kemajuan di dunia kerja, atau bisa dikatakan bahwa esensi kebijakan MBKM karena mahasiswa belum siap memasuki dunia kerja. Selain itu dijelaskan juga tahap persiapan, pelaksanaan sampai hasil yang dicapai, serta diakui bahwa implementasi MBKM sangat dinamis. Dari segi lintas keilmuan, Ukrida memperoleh peringkat pertama penelitian dalam program MBKM. Pemeringkatan diperoleh berdasarkan hasil seminar Pelaksanaan Program Penelitian implementasi kebijakan MBKM, dan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS beberapa waktu yang lalu. 

Pertemuan awal yang berlangsung di ruang rapat rektorat dengan cukup formal walaupun tetap santai, berpindah lokasi ke Junction yang kebetulan baru diresmikan. Suasana yang sudah santai menjadi lebih akrab dengan diselingi musik dan lagu daerah Papua. Seluruh peserta, baik tamu maupun tuan rumah sangat menikmati suasana diskusi dan sharing yang penuh keakraban.

=