01 Desember 2021

Engaging & Interactive Digital Learning Content

Publish by Humas

Learning Design and Creative Content Specialist Dzaky Mubarok hadir sebagai pembicara webinar memaparkan bahwa ada 3 hal pembelajaran digital. Pembelajaran orang dewasa dalam pembelajaran digital, perangkat pendukung dan proses penentuan perangkat interaktif pembelajaran digital. 

Pembelajaran Orang Dewasa Dalam Pembelajaran Digital. Beliau mengatakan bahwa dampak pandemi yang mengharuskan kita beraktivitas dominan secara jarak jauh, teknologi memungkinkan setiap orang untuk belajar, mengajar ataupun beraktivitas dari jarak jauh. Konten digital adalah konten dalam berbagai format bisa berupa teks, audio, video dan kombinasinya yang digunakan dalam bentuk digital. Konten digital yang interaktif memiliki ciri – ciri menyediakan kebutuhan belajar secara mandiri, menarik perhatian individu dalam belajar, memberikan kemudahan individu belajar dalam belajar mandiri.

Perangkat Pendukung Pembelajaran Digital. Dalam konten digital yang menarik harus melewati dua proses, yaitu ketertarikan dan kebutuhan. Konsep pembelajaran orang dewasa disebut dengan Andragogi, yang merupakan proses dimana melibatkan orang dewasa dalam struktur pengalaman belajar. Beberapa multimedia yang bisa digunakan, seperti video, audio, powerpoint, animasi, multimedia interaktif dan infografis. 

Proses Penentuan Perangkat Pembelajaran Interaktif. Dalam pemilihan konten ada 3 langkah, yaitu dengan cara merumuskan capaian pembelajaran terlebih dahulu, lalu memetakan dan mengorganisasikan materi pembelajaran dan juga memilih dan menentukan aktivitas asinkronus atau sinkronus. Asinkronus adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan pengajar dan peserta didik dalam waktu yang tidak bersamaan. Dimana bahan belajar diberikan dan dapat diakses oleh peserta didik dimanapun dan kapanpun, seperti yang sudah dilakukan UKRIDA menggunakan UKRIDA Virtual Class. Sementara itu Sinkronus merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar dan peserta didik dalam waktu yang bersamaan, dengan contoh seperti proses belajar mengajar yang dilakukan oleh UKRIDA dengan aplikasi zoom.  

(C) Marketing-PR/Marcelle

Tags:

all pmp