Pendidikan Unggul Menuju Indonesia Maju

Publish by Humas  |  30 November 2021

all

Jumat 26 Novemebr 2021 diadakan "Webinar Pendidikan" dalam rangka Hari Guru Nasional 2021 

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2021, Ukrida-Penabur mengadakan webinar pendidikan dengan 4 narasumber ;

Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E.M.U.P.Ph.D. 

Pendidikan unggul menuju Indonesia maju, menjadi pembahasan utama. Visi Indonesia pada tahun 2045 adalah menjadi negara maju, berdaulat, adil dan makmur. Indonesia menjadi negara maju dengan ekonomi berkelanjutan, Indonesia keluar dari middle income trap dan Indonesia memiliki tenaga kerja yang berkualitas. Pilar pembangunan 2045 salah satunya adalah pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu kualitas dan layanan pendidikan yang merata, peran masyarakat dalam pembangunan pendidikan, profesionalisme guru dan perubahan metode pembelajaran, budaya sekolah dan baca, dan pendidikan vokasi, entrepreneurship dan karakter. Untuk meningkatkan kualitas IPTEK, dapat dilakukan dengan meningkatkan kolaborasi triple-helix antara perguruan tinggi, swasta dan pemerintah, serta hilirisasi dan komersialisasi penelitian. 

Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd Pendidikan yang ada saat ini mengalami permasalahan tersendiri. Upaya menghadapi masalah pendidikan dengan membuat standar. Standar yang perlu didorong adalah standar kompetensi siswa, siswa memiliki kecakapan karakter. Berikutnya ada pilar kebijakan pendidikan menuju masa depan Indonesia maju. Pilar pertama Pendidikan yang adil dan merata, pilar kedua pendidikan tinggi yang unggul, pilar ketiga pendidikan vokasi dan profesi yang relevan, akan saling mempengaruhi pilar keempat yaitu menghasilkan mahasiswa Indonesia yang produktif. 

Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU Adanya fast changing world membuat teknologi semakin maju dengan adanya  revolusi industry 5.0. Digitalisasi memberi dampak negatif yang mempengaruhi dan hal ini dapat dihadapi dengan pendidikan unggul (Superior Education). Pendidikan unggul untuk siswa merupakan faktor yang sangat penting untuk melengkapi pengajaran dan meningkatkan metode pelajaran. Beliau memiliki pengalaman belajar di Jepang bahwa pengalaman yang didapat tidak hanya ilmu juga tentang karakter yang diteladankan oleh sensei (dosen) 

Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK (K) Beberapa tantangan pendidikan unggul dalam era digital antara lain, pertama diri dan identitas yaitu kekacauan identitas dan gambar diri anonimitas. Kedua, keterbukan informasi yaitu filter bubble dan polarisasi. Ketiga, postmodernism yaitu semua pilihan dihargai, kaburnya kebenaran, dan disrupsi perkembangan moral. Keempat, sosial ekonomi yaitu selalu merasa kurang dan sulit puas, konsumtif dan impulsif, serta kecanduan seperti game, pornografi, gambling, online shopping. Seorang anak dipengaruhi oleh banyak peran, peran individu, orang tua, dan guru. Untuk menghadapi masa depan diperlukan skill lifelong learning yang dibagi dua menjadi personality & motivation (self) dan performance (Self and feedback) yang spesifiknya dalam change agility, mental agility, self awareness, results agility, dan people agility. Beliau sangat mendukung program MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), karena relevan dengan skill problem solving, self management, working with people, technology use and development. Terbukti dengan banyaknya mahasiswa UKRIDA yang mengambil bagian dalam program MBKM. 

(C) Marketing-PR/Angela Lay

=