Pelatihan Disiplin Positif

Publish by Humas  |  05 Maret 2024

all psikologi

Ukrida bekerjasama dengan Wahana Tata Akademika (WTA) dan Yayasan Nusantara Sejati (YNS) mengembangkan pendekatan disiplin positif dalam pengembangan karakter siswa

Program studi Psikologi Ukrida mengadakan Pelatihan Penerapan Disiplin Positif, yang bertujuan untuk memampukan anak memahami tingkah lakunya sendiri, berinisiatif dan bertanggung jawab atas keputusan dan perilaku yang mereka pilih, serta menghormati dirinya sendiri dan juga orang lain. Dengan demikian, anak akan terbiasa untuk memikirkan konsekuensi yang akan muncul ataupun akibatnya sebelum bertindak, dan hal tersebut memang sangat penting untuk diperhatikan. Atas pertimbangan tersebut, Ukrida bersama Wahana Tata Akademika (WTA) dan Yayasan Nusantara Sejati (YNS) dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 Ukrida, Jumat dan Sabtu 23 dan 24 Februari 2024, menyelenggarakan Pelatihan Penerapan Disiplin Positif kepada para calon Psikolog, Guru (pendidikan formal dan informal), dan orangtua dalam jejaring Program Studi Psikologi Ukrida, bertempat di Auditorium Kampus 1 Ukrida.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kecakapan Guru dalam mengembangkan karakter siswa, sekaligus menguji kembali modul Pelatihan Disiplin Positif yang telah dikembangkan oleh WTA-YNS, yang secara spesifik mengembangkan metode asesmen dampak dari pelatihan tersebut. Acara pelatihan diikuti oleh 39 orang peserta, dan sebagai fasilitator pelatihan adalah Ir. Eka T.P. Simanjuntak, M.M., serta Imanuel Djahi, S.Sos. Selama kegiatan pelatihan ini dilakukan observasi oleh Tim Observer, yaitu Pinkan Margaretha Indira, M.Psi., Psikolog, Widia Paramita, S.Psi, M.Psi, Psikolog, dan Mariska Johana, M.Psi, Psikolog dari Program Studi Psikologi Ukrida. Melalui kegiatan ini, Ukrida dengan mottonya Lead to Impact terus memberikan dampak bagi masyakarat melalui berbagai kegiatan pelatihan, yang pada kesempatan ini ditujukan bagi Psikolog, Guru, dan orangtua.

=