22 Februari 2021

Creating Job-Winning Resume

Publish by Humas

Senin, 15 Februari 2020 – Resume adalah ujung tombak untuk siapa saja yang ingin mendapatkan pekerjaan, karena recruiter akan melakukan wawancara bila resume pelamar diterima. Resume juga dapat digunakan sebagai surat untuk menarik perhatian recruiter. Sangatlah penting bagi mahasiswa untuk mengetahui cara menulis resume yang powerful, sehingga recruiter dapat tertarik untuk menerima mahasiswa magang atau melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UKRIDA  menarik sebanyak 50 orang partisipan melalui aplikasi zoom. Narasumber dari webinar kali ini adalah Dr. Oki Sunardi dari FTIK UKRIDA. Beliau telah melakukan screening dan mengevaluasi 8.000+ CV dan resume. Beliau juga pernah menguji 40 resume dan 97% dari resume itu diterima dan hanya ada 2 resume yang gagal. Beliau juga memiliki banyak sertifikat Internasional.

Resume ternyata tidak hanya untuk melamar pekerjaan tetapi digunakan untuk mendapatkan beasiswa, untuk melanjutkan pendidikan S3. Resume adalah sales campaign, ujar Dr. Sunardi. Dalam melakukan kampanye untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga dibutuhkan cara menjual yang baik. Dalam webinar kali ini diberikan 5 cara untuk “Menjual diri” yaitu attention, Interest, desire, confidence, action. Tidak hanya itu kita juga ditegaskan bahwa resume ini bersifat personal, sehingga jangan sampai resume kita hanya menjiplak milik orang lain.

Ada beberapa komponen yang harus dalam resume antara lain, heading, education/skill, award, achivements, dan reference. Kunci dari komponen resume adalah menggunakan kata yang singkat padat dan jelas. Tidak hanya dijelaskan, dalam webinar kita juga diberi contoh resume yang baik dan yang belum baik, kita juga didorong untuk mengerjakan seiring dengan webinar berlangsung, dan pada akhir sesi Dr. Oki selaku narasumber memberikan sedikit contoh situasi wawancara bila resume kita telah diterima. Setelah pemaparan materi, ada sesi Tanya jawab antara partisipan dengan narasumber.

Secara keseluruhan webinar kali ini, kita mendapatkan banyak sekali informasi baru yang sangat dibutuhkan untuk mahasiwa baru maupun mahasiswa semester akhir. Dapat disimpulkan bahwa resume harus dibuat secara personal, diisi dengan jujur, sebisa mungkin tidak menggunakan gimik yang berlebihan, cukup dengan menggunakan kalimat yang jelas dan powerful untuk membuat recruiter tertarik dengan pelamar.

Tags:

all informatika teknik-industri teknik-elektro teknik-sipil sistem-informasi