25 Januari 2021

Workshop Edukasi Elektronika SMA Tarsisius Viretta

Publish by Humas

Dalam rangka mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa/i SMA tentang peran besar Teknik Elektro dalam era industri 4.0 ini maka pada tanggal 13 dan 20 Januari 2021, program studi Teknik Elektro UKRIDA mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa workshop edukasi pengenalan komponen-komponen elektronika dan pengaplikasiannya kepada siswa/i SMA  Tarsisius Vireta, Tangerang. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 190 siswa/i SMA Tarsisius Vireta yang merupakan siswa/i kelas X dan kelas XI.

Acara pada pertemuan pertama dibuka oleh Indra Karnadi, Ph.D selaku ketua program studi Teknik Elektro UKRIDA dengan mengenalkan teknik elektro UKRIDA dan dua program utamanya yaitu Bachelor’s program in Intelligent systems and Robotic” dengan fokus pada perancangan dan pembuatan sistem atau robot bebasis kecerdasan buatan dan Bachelor’s program in Biomedical Engineering” dengan fokus pada perancangan sistem atau peralatan cerdas di bidang kesehatan.  

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai komponen-komponen dasar elektronika beserta fungsinya oleh Ir. Johansah Liman, MT. Pada pertemuan kedua siswa/i diajarkan cara merangkai dan menggunakan komponen-komponen elektronika secara virtual menggunakan software “Tinkercad” oleh Budi Harsono, S.T., M.Eng.  

Workshop ini ditutup oleh Ivan Tanra, Ph.D yang memberikan penjelasan tentang penggunaan komponen-komponen elektronika dalam pembuatan alat terutama pada bidang kesehatan. Diharapkan melalui workshop ini, para siswa/i SMA dapat mengenal lebih dekat dunia elektronika dan melihat betapa luas dan pentingnya peran Teknik Elektro dalam era industri 4.0.

Tags:

all teknik-elektro