07 Januari 2021

Siapkah kamu menyambut Era Ekonomi Digital Indonesia?

Publish by Humas

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang juga founder dan CEO Gojek membahas mengenai strategi pengembangan (Sumber Daya Manusia) SDM Indonesia menuju ekonomi digital. Dalam pemaparannya, Nadiem mengungkapkan 4 garis besar strategi pengembangan SDM di era ekonomi digital, yakni: penguasaan bahasa Inggris; pemrograman dan koding komputer; pelatihan dan mentoring; serta statistik data dan psikologi.

Mengapa 'ekonomi digital'? Laporan dari Temasek, dan Google menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi digital Indonesia pada akhir tahun 2019 menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, menyentuh angka USD 40 miliar atau mencapai Rp566,28 triliun. Perolehan tersebut mengalahkan negara-negara ASEAN lain seperti Filipina (USD 7 miliar), Malaysia (USD 11 miliar), Vietnam (USD 12 miliar), Singapura (USD 12 miliar), dan Thailand (USD 16 miliar). Sumber: MetroTV News

Perolehan tersebut membuat Indonesia menjadi negara kontributor terpesat sekaligus terbesar dalam perkembangan ekonomi digital atau ekonomi yang berbasis internet di Asia Tenggara. Puncaknya pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia diprediksi akan terus naik hingga USD 133 miliar atau Rp1.826 triliun. Tantangan terbesar untuk merealisasikan potensi ekonomi tersebut ada pada kualitas SDM.

Sejauh mana kurikulum Sistem Informasi UKRIDA mendukung 4 strategi besar nasional pengembangan SDM di era ekonomi digital?

  • Kompetensi skill koding melalui Full-Stack. Pemilihan full-stack memastikan mahasiswa punya kualifikasi yang benar-benar fokus dan kekinian, sampai mampu membuat solusi aplikasi bisnis berbasis web dan mobile, jadi tidak hanya sekedar mengenal bahasa pemrograman tertentu saja.
  • Kompetensi statistik data, dimana mahasiswa dibekali dengan kemampuan pengolahan, analisa dan visualisasi data yang merupakan pondasi dari skill analisa bisnis.
  • Kompetensi bahasa Inggris, dimana materi-materi perkuliahan menggunakan kombinasi dari 2 bahasa (Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).
  • Kompetensi psikologi, kurikulum Sistem Informasi UKRIDA memasukkan unsur manajemen organisasi dan TI, sebagai tambahan mahasiswa juga dapat mengambil mata kuliah lintas prodi di Psikologi UKRIDA untuk melengkapi pemahaman dan kompetensi mereka.

(Redaksi: Sistem Informasi UKRIDA)

 

 

Tags:

all sistem-informasi