04 Januari 2021

Bingung pilih jurusan kuliah?

Publish by Humas

Bicara jurusan atau program studi Sistem Informasi biasanya berkaitan erat dengan saudaranya yaitu Informatika. Banyak kasus kedua jurusan atau program studi ini dibandingkan secara frontal. Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa kedua jurusan ini memiliki kesamaan bidang yaitu teknologi informasi, namun fokus penekanannya yang berbeda.

Dimana letak perbedaannya? Di Informatika fokusnya pada teori dan konsep dari pengembangan software dan algoritma, sedangkan Sistem Informasi berfokus pada bagaimana teknologi informasi yang sudah ada dapat digunakan untuk menjadi solusi bagi organisasi / bisnis. Karena bicara solusi berbasis TI bagi organisasi / bisnis, seorang lulusan Sistem Informasi diharapkan mampu menganalisa kebutuhan dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan objektif strategis dari organisasi.

Lalu mengapa Sistem Informasi? Jurusan Sistem Informasi sendiri lahir karena adanya kebutuhan nyata organisasi dan bisnis, karena TI jelas sudah merambah semua bidang, dan dari tahun-ke-tahun belanja TI organisasi cenderung semakin besar, sehingga dibutuhkan kompetensi yang mampu membantu organisasi untuk memastikan belanja TI nya menjadi sesuatu yang positif bagi kinerja organisasinya (kacamata investasi). Jadi jangan heran jika di kurikulum Sistem Informasi juga memasukan aspek manajemen TI dan organisasi. Bahkan Bill Gates sebagai salah satu tokoh berpengaruh di dunia TI mempertegas kebutuhan ini dengan statement -nya:

"Information technology and business are becoming inextricably interwoven. I don't think anybody can talk meaningfully about one without talking about the other."

Bagaimana prospek kariernya? Yang pasti dengan adanya trend revolusi industri 4.0, program pemerintah untuk mendorong UMKM kearah ekonomi digital, prospek pertumbuhan ekonomi digital yang masif di kawasan asia tenggara, ditambah lagi dengan kondisi pandemik yang mengarah pada pola kerja dan kolaborasi berbasis 'new normal' yang sangat bergantung pada pemanfaatan TI jelas prospeknya besar.

Mengapa Sistem Informasi UKRIDA? Kurikulum Sistem Informasi UKRIDA mengarahkan lulusan pada profil seorang profesional bidang TI, fokus pada solusi tepat guna bukan pada teknologi semata. Hanya di Sistem Informasi UKRIDA mahasiswa diberikan kesempataan untuk mempertajam kompetensi mereka melalui 4 pilihan peminatan (Full-Stack Development; IT Infrastructure; Business Intelligence; dan Data Science).

(Redaksi: Sistem Informasi UKRIDA)

Tags:

all sistem-informasi