17 Desember 2020

Urgensi Teknologi untuk Akuntansi

Publish by Humas

Jumat, 11 Desember 2020 Program Studi Akuntansi UKRIDA kembali mengadakan Webinar dengan tema Urgensi Teknologi untuk Akuntansi dengan narasumber Bapak Rinaldi Pramudito yang merupakan Direktur PT. Ultima Tekno Solusindo (Software Accurate).

Webinar ini membahas tentang Urgensi Teknologi untuk Akuntansi khususnya bagi UMKM. Kontributor PDB pada tahun 2018 yang berasal dari UKM sebesar 60% atau sama dengan USD 965.517.214. UKM menyerap 121 juta tenaga kerja atau 96% dari total pekerjaan (Asosiasi UKM Indonesia, Juni 2019). Ada banyak UKM yang beroperasi stagnan atau bahkan tutup karena mengalami permasalahan pada keterampilan manajemen, aspek keuangan, pemasaran dan penjualan (BAPPENAS,2019).

Perkembangan teknologi sangat meningkat cepat, contohnya tempat penyimpanan data yang sekarang kita kenal sebagai USB. Sekarang USB sudah semakin canggih dan dengan bentuknya yang kecil sangat memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Bahkan kini muncul istilah Cloud Computing. Cloud Computing adalah kolaborasi antara teknologi informatika dengan internet, dimana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan secara sementara di komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook, ataupun komputer. Keunggulannya yaitu, memudahkan pekerjaan yang dapat kita lakukan tanpa harus ke kantor. Contoh cloud computing seperti Facebook, Gmail, Youtube, WhatsApp, dan GoToWebinar.

Adapun kelebihan saat kita menggunakan cloud computing, yaitu dapat diakses kapanpun, biaya yang rendah, mudah untuk di upgrade, lebih produktif dimana saja, dan tanpa biaya pemeliharaan IT.

Namun terdapat beberapa masalah umum UMKM di Indonesia yaitu, kesulitan dalam menghitung HPP, tidak mengetahui nilai profit pastinya, keuangan pribadi dan usaha menjadi satu, keuangan dipegang sendiri oleh owner, kesulitan memonitor mutasi barang, dan tidak punya laporan performance usaha.

Accurate merupakan salah satu aplikasi cloud computing yang membantu kita bekerja dalam akuntansi. Fungsi accurate dalam teknologi akuntansi adalah sebagai alat bantu untuk melakukan proses dan menghasilkan output dalam bidang akuntansi secara cepat, akurat, dan efisien. Perbedaan siklus akuntansi dalam menggunakan accurate yaitu kita hanya mencatat transaksi dan membuat laporan keuangan. Menjurnal, memposting ke buku besar dan neraca lajur yang merupakan 3 siklus lainnya akan diambil alih oleh sistem, sehingga mengefisiensi biaya dan waktu.

Belajar akuntansi manual tetap diperlukan walaupun sudah ada sistem yang memadai karena dengan belajar akuntansi manual seseorang mempunyai kemampuan menganalisa yang tidak dapat dilakukan oleh sistem. Maka dari itu, kapan teknologi akuntansi diperlukan? Alangkah baiknya apabila penerapan sistem ini dapat dilakukan sedini mungkin, atau pada saat perusahaan dalam keadaan baik. Sehingga pada saat perusahaan mengalami masalah, masih bisa menyediakan data yang ada dan bisa lebih tepat dalam pengambilan keputusan.

(C) Marketing-PR/Agnes Yashinta 

 

Tags:

all akuntansi