14 Desember 2020

Konser Paduan Suara Voxa UKRIDA untuk Penggalangan Dana Beasiswa CSSF

Publish by Humas

Clement Victor Suleeman – dengan nama Tionghoa “Lee Sian Hui” – lahir pada tanggal 27 Maret 1919, adalah putra kedua dari Lee Teng San dan Khoo Joo Siok Nio. Clement Suleeman merupakan alumni dari Hogere Theologische School (HTS) Jakarta atau Sekolah Tinggi Teologia Jakarta dan kini menjadi Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Jakarta. Clement Suleeman ditahbiskan sebagai pendeta di Gereja Kristus Ketapang, lalu pindah ke Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat.

Pdt. Clement Suleeman memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan. Beliau mengajar mata kuliah Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Tinggi Theologia Jakarta, kemudian memperoleh gelar Master of Theology dalam bidang Christian Education.

Perhatiannya yang besar terhadap pendidikan menjadi pelecut semangat – tentunya juga terutama merupakan bagian dari panggilannya sebagai seorang pelayan Tuhan - Pdt. Clement Suleeman mengajak beberapa rekannya untuk memikirkan dan menginisiasikan lahirnya satu Perguruan Tinggi, yang kemudian dinamakan Universitas Kristen Djaja, sekarang Universitas Kristen Krida Wacana yang disingkat UKRIDA.  

UKRIDA, pada tahun 2011 memutuskan menggunakan nama Clement Suleeman sebagai nama lembaga pemberi beasiswa di Ukrida  yaitu “Clement Suleeman Scholarship Fund. Nama Pdt. Clement Suleeman  dipakai karena kiprah dan karyanya dalam dunia pendidikan secara khusus pada masa awal lahirnya Universitas Kristen Djaja sangat penting dalam tonggak sejarah UKRIDA. Hal ini merupakan bentuk penghargaan, pengingat, dan api penyemangat bagi generasi selanjutnya, sekaligus juga menjadi inspirasi dalam berkarya bagi sesama yang membutuhkan.

Clement Suleeman Scholarship Fund (CSSF) adalah lembaga beasiswa Ukrida yang bertujuan membantu mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, yaitu di Ukrida. Dengan semangat yang diprakarsai oleh Clement Suleeman, CSSF memiliki misi membantu mahasiswa yang tidak mampu secara finansial, tetapi mempunyai semangat dan cita-cita yang tinggi untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Pada hari Sabtu, 21 November 2020, Paduan Suara  mahasiswa VOXA UKRIDA menyelenggarakan konser Charity Night for Clement Suleeman Scholarship Fun dengan tema “Let Us Care: Embracing Others To Go Together for a Bright Future” untuk menggalang dana bagi keberlangsungan beasiswa ini. VOXA Ukrida, yang dilatih oleh bapak Kefas Satriya, menampilkan delapan lagu pilihan dari genre klasik dan pop. Lagu-lagu tersebut didedikasikan bagi rekan-rekan yang saat ini berjuang akibat dampak dari pandemi COVID-19.

Pada bagian pertama, VOXA Ukrida membawakan lagu dengan judul “Joy of My Desire” dan “The Longer I Serve Him.” Joy of My Desire dipilih menjadi lagu pembuka konser, sekaligus mengajak setiap orang untuk menjadikan Tuhan sebagai sahabat karena Dialah sumber kedamaian dan ketenangan. The Longer I Serve Him, merupakan wujud kesaksian dari VOXA Ukrida yang mengatakan bahwa penyerahan diri pada Tuhan selalu memberikan kesukacitaan.  

Pada bagian kedua, VOXA Ukrida menyanyikan lagu dengan judul “Tanah Air” dan “stand By Me.” Dua lagu ini menceritakan secara simbolis pentingnya ‘kepedulian’ terhadap orang lain, tanah air, dan bangsa.

Pada bagian ketiga, VOXA Ukrida menyanyikan lagu dengan judul “We Are the World” dan “Ungkapan Syukur dari Jakarta.” Lagu We are the World merupakan lagu yang sangat penting dalam kaitan dengan tema konser Charity Night for Clement Suleeman Scholarship Fund. Dalam bagian lirik lagu ini menyebutkan We are the ones who'll make a brighter day so let's start giving”. Kesulitan dan kesukaran menjadi lebih ringan apabila kita peduli. Kepedulian membangun harapan akan masa depan yang cemerlang. Ungkapan Syukur dari Jakarta adalah karya orisinal dari pelatih VOXA Ukrida, bapak Kefas Satriya, yang dibawakan dengan gaya khas Betawi, mengingatkan bahwa Ukrida merupakan bagian dari komunitas budaya di DKI Jakarta.

Pada bagian akhir, VOXA Ukrida menampilkan “Baba Yetu” dan “Hope for All Nations.Baba Yetu adalah “Doa Bapa Kami” dalam bahasa Swahili. Melalui dua lagu ini, VOXA Ukrida mengajak semua orang untuk kembali kapada Tuhan sang Pencipta dan Pemilik Kemuliaan sambil terus berdoa semoga masa sukar yang dihadapi umat manusia karena pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.  

Konser yang diselenggarakan dalam kondisi yang memprihatinkan ini, mengajak kita semua untuk peduli dan mau berbagi secara khusus dengan anak-anak muda yang memiliki semangat dan cita-cita untuk meraih masa depan yang cemerlang, a bright future, akan tetapi terhalang oleh karena ketiadaan biaya.

Karena itu, dengan doa dan harapan CSSF mengajak saudara sekalian untuk berbagi, tidak diukur dari  besar atau kecilnya donasi bapak/ibu/saudara/saudari. Semua donasi diterima dengan doa dan ungkapan syukur.

Apabila berkenan untuk memberikan donasi bisa dilakukan dengan transfer langsung atau bisa menjadi donasi rutin melalui mekanisme auto debet rekening BCA (minimal Rp. 10.000,-) atau menyetorkan secara langsung ke no rekening:

  1. BCA, 372 50 78 999 a.n Yayasan BPTK Krida Wacana
  2. Bank INA, 100 064 0448 a.n Clement Suleeman Scholarship Fund, nomor rekening

Info selanjutnya, silahkan menghubungi:

  1. Dra. Mina Sulastri., MS – 0811-373-272 (Wa Only)
  2. Daniel Hutapea., SE – 0817-0723-554
  3. Dewi Kumalasari., S.Si., M.IKom – 0811-1772-476

Tags:

all