18 November 2020

Psyclops Part 1

Publish by Humas

Senin, 17 Oktober 2020 – Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UKRIDA mengadakan sebuah webinar dengan judul “Bertahan, Melawan, atau Lari: Pergulatan Remaja Dalam Realitas Jaman Now”. Webinar ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober. Webinar ini diselenggarakan oleh Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UKRIDA bersama dengan Fakultas Psikologi UKRIDA dan bekerja sama dengan  Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Webinar Indonesia, DIJIVA, Seminar Hunters dan Psylution.

Webinar ini dilaksanakan untuk kalangan umum. Terdapat lebih dari 100 peserta mengikuti webinar ini. Para peserta berasal dari berbagai daerah diantaranya, Pekanbaru, Bali, Halmahera Utara, Ambon, Makassar, Jakarta dan berbagai daerah lainnya. Selain itu, banyak peserta berasal dari luar UKRIDA, ada yang dari SMA dan dari universitas lain juga.

Acara webinar ini dipandu oleh Gabriella Nathasya, mahasiswa UKRIDA jurusan Psikologi sebagai MC. Acara diawali dengan kata sambutan dari ketua pelaksana webinar, Vincent Suryawidjaja, mahasiswa UKRIDA jurusan Psikologi. Sebagai pembuka sesi satu, para peserta ditampilkan sebuah video wawancara beberapa orang dengan topik kesehatan mental. Setelah itu, MC memperkenalkan narasumber dan moderator untuk sesi pertama.

Sesi pertama dipandu oleh Affidina Chanta Yunus, S.Psi, atau biasa dipanggil Kak Affi. Kak Affi adalah alumni tahun 2012 fakultas Psikologi UKRIDA. Kak Affi bekerja di Yayasan Mimi Institute sebagai koordinator edukasi dan publikasi dari tahun 2012 sampai sekarang. Lalu, untuk narasumber pada sesi pertama adalah Dr. Evans Gorey, S.Psi., M.Si. Pak Evans merupakan lulusan dari Psikologi Positif S3 bidang Psikologi Perkembangan,  Program Doktor Psikologi, Universitas Padjajaran, Bandung. Pak Evans menjadi konselor, peneliti dan narasumber tentang psikologi remaja.

Kegiatan sesi pertama dilaksanakan dalam kondisi yang kondusif dan interaktif. Para peserta aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan ringan yang diberikan oleh Pak Evans. Meskipun peserta webinar mencapai 100 peserta, acara berlangsung dengan lancarn  dan kondusif. Pak Evans menggunakan MentiMeter, platform kuis interaktif untuk menarik antusias peserta. Pemaparan yang ringan dan sederhana tidak membuat peserta pusing dan bosan.

“Menurut saya, sesi utama webinar ini sangat menarik dan bermanfaat,  karena dengan mengikuti sesi ini, saya mendapatkan banyak pemahaman baru  tentang banyak hal, terutama terkait identitas diri. Saya jadi lebih mengetahui bagaimana cara saya untuk bisa mengenali serta memahami diri sendiri itu merupakan hal yang penting agar kedepannya bisa menemukan identitas diri yang kokoh sehingga tidak mudah terpengaruh dengan omongan negatif dari orang lain”, tanggapan dari salah satu peserta webinar, Gloria Carol (psikologi 2019), yang saya wawancarai secara online.

(C) Marketing-PR/Oscar/Oktober2020 

Tags:

all