16 November 2020

COVID-19 Survival Tips for Internship

Publish by Humas

Jumat, 6 November 2020 – Dokter UKRIDA yang akan melaksanakan internship pada masa pandemi akan langsung menghadapi situasi yang berbeda dengan internship sebelumnya dan mereka turun langsung menghadapi COVID-19. Oleh sebab itu untuk tetap dapat bertahan ketika melakukan internship ke rumah sakit, maka diperlukan perbekalan yang cukup. Pihak FKIK UKRIDA bersama dengan Ikatan Alumni UKRIDA (ILUKRIDA) mengadakan webinar untuk mempersiapkan para dokter agar terhindar dari COVID-19.

Webinar ini dilaksanakan untuk membekali para dokter muda ketika melaksanakan internship di rumah sakit. Hal ini untuk mencegah mereka terpapar COVID-19. Terdapat empat narasumber yang diundang untuk mempersiapkan para dokter muda UKRIDA. Sesi pertama dijelaskan oleh bapak dr. Suparto, Sp. An-FAKV. Beliau adalah staf  Departemen Anestesi FKIK UKRIDA. Sesi kedua diisi oleh bapak dr. Marshell Tendean, Sp. PD. Sesi berikutnya diterangkan oleh dr. Katarina Dewi Sartika. Kak Katarin adalah alumni FKIK UKRIDA. Materi terakhir dibawakan oleh bapak dr. Nicolas Layanto, Sp. MK. Pak Nikolas merupakan staf Departemen Mikrobiologi FKIK UKRIDA. Empat tokoh inilah yang akan memberikan arahan pada para dokter muda sebelum dikirim internship ke rumah sakit.

Acara ini dipandu oleh dr. Eva Sofia D.E Fanggidae. Acara diawali  dengan  doa oleh kak Eva. Setelah berdoa, kak Belita Rosalie memberikan kata sambutan kepada seluruh peserta webinar. Kemudian, dr Eva Sofia D.E Fanggida sebagai ketua ILUKRIDA menyampaikan kata sambutan. Terakhir kata sambutan dari Dekan FKIK UKRIDA, bapak dr. Antonius Ritchi Castilani, M.Si., DFM.

Bapak Suparto memberikan materi pertama dengan judul “Kegawatdaruratan di IGD pada masa pandemi COVID-19”. Materi yang dibahas seputar apa indikasi pasien terkena COVID-19, perawatannn pasien COVID-19, serta hal yang harus dilakukan ketika pasien COVID-19 dalam kondisi kritis. Bapak Suparto juga memberikan saran-saran dalam menangani pasien COVID-19 namun tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Kemudian, materi kedua yaitu “ABCD for COVID-19”. Materi ini dibawakan oleh pak Marshell yang membahas tentang kondisi pandemi COVID-19 saat ini dan keadaan rumah sakit saat ini.

Sesi ketiga dibawakan oleh kak Katarina dengan judul “Sharing pengalaman internship pada masa pandemic COVID-19”. Topik materi yang dibahas adalah seputar internship yang akan dilakukan para dokter. Tidak lupa kak Katarina membagikan pengalaman internship di masa pandemi. Lalu, materi terakhir dibawakan pak Nicolas , “Patient safety pada masa pandemi COVID-19”. Materi ini membahas seputar cara penularan COVID-19, cara memasang dan melepas APD serta cara terhindar dari COVID-19.

(C) Marketing-PR/Oscar/November 2020 

 

 

Tags:

all kedokteran