06 Oktober 2020

Effective Communication Using DISC

Publish by Humas

Pusat Karier UKRIDA kembali bekerjasama dengan perusahaan dalam mengadakan webinar tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk dunia kerja. Kali ini bekerjasama dengan Orang Tua Group mengadakan webinar “Effective Communication Using DISC” pada hari Jumat, 25 September 2020, melalui aplikasi Zoom pukul 14.00-16.00 WIB.

Pembicara ialah Ibu Irene Lim, Head of Recruitment and Organization Development Orang Tua Group (Holding Company). Beliau telah berpengalaman di bidang recruitment di grup perusahaan ternama ini sejak tahun 2011. Didampingi oleh tim dari recruitment, di antaranya Ibu Angelica dan Pak Andrew.

Acara ini dibuka dengan pengantar dari Wakil Rektor 3 UKRIDA, Bapak Denni Boy Saragih. Dalam pengantar dari beliau, disebutkan bahwa komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang lulusan Strata 1 (S1/Sarjana) di samping kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan menulis, dan lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memerlukan komunikasi. Karena itu tema komunikasi ini sangat dibutuhkan dan sangat relevan dengan dunia mahasiswa dan alumni UKRIDA. Mahasiswa di dunia perkuliahan, alumni di dunia kerja, dan kita semua berkomunikasi di dalam keluarga, dengan teman, kerabat, dan lainnya. Dan masing-masing orang berkomunikasi dengan cara atau gaya berbeda-beda untuk kebutuhan yang berbeda-beda pula. Perbedaan cara berkomunikasi salah satunya dipengaruhi oleh kepribadian. Webinar kali ini membahas mengenai bagaimana belajar berkomunikasi dengan orang yang memiliki kepribadian berbeda-beda, yang dibahas kali ini dari tipe kepribadian DISC.

4 kategori DISC adalah: Dominant (Dominan), Influence (Intim), Steady (Stabil), dan Compliance (Cermat).

Masing-masing orang memiliki 4 kategori ini, tetapi ada 1 atau 2 yang lebih dominan atau lebih tinggi. Masing-masing tipe memiliki karakter yang berbeda-beda. Orang-orang dengan tipe D tinggi, memiliki kemauan kuat, mandiri, produktif, tegas dan pemimpin. Terkadang menjadi pemarah, menguasai, dianggap tidak berperasaan. Mereka yang memiliki I tinggi (Influence), biasanya bersikap hangat, terbuka, banyak bicara, antusias, bersahabat, terkadang suka melebih-lebihkan, dan santai. Mereka yang S tinggi, lebih tenang, praktis, dapat dipercaya, efisien, tetapi suka ragu-ragu, pesimis, mencari aman, terlalu berhati-hati, dan lebih menjadi pengikut. Sedangkan jika C tinggi, mereka detail, analitis, perfeksionis, kaku, teoritis.

Cara berkomunikasi dengan masing-masing tipe ini juga berbeda-beda.Jika berkomunikasi dengan orang yang memiliki tipe D tinggi, lebih baik to the point/tidak bertele-tele, tidak perlu detail, berikan kesempatan untuk lawan bicara memberikan keputusan. Jika berkomunikasi dengan tipe I tinggi, bisa berbasa-basi. Jika bicara dengan tipe S tinggi, kita harus bicara perlahan, step by step. Untuk berkomunikasi dengan mereka yang memiliki tipe C tinggi, harus dilengkapi dengan data dan detail yang jelas.

Tipe DISC ini bisa berubah, tergantung situasi yang kita hadapi, orang-orang yang biasanya kita hadapi, tuntutan pekerjaan, dan hal-hal lainnya. Memang sulit untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang yang memiliki tipe kepribadian dan gaya berkomunikasi yang berbeda-beda, tetapi proses belajar untuk berkomunikasi ini akan terus berlangsung dan terus ada kesempatan untuk kita belajar berkomunikasi dengan lebih baik lagi.

Ada roleplay yang diadakan saat webinar, di mana diberikan contoh kasus, dan pembicara memberikan kesempatan bagi peserta untuk mencoba menjawab contoh kasus yang diberikan. Misalnya, bagaimana memberi laporan dana kepanitiaan kepada ketua panitia yang tipe D nya tinggi. Contoh kasus kedua, sebagai seorang sales yang menawarkan produk kepada orang yang memiliki tipe I tinggi. Di mana tipe I tinggi juga biasanya berprofesi di bidang sales, karena punya kemampuan persuasi yang baik.

Webinar diikuti oleh lebih dari 300 mahasiswa dan alumni UKRIDA. Berbagai pertanyaan diajukan kepada Ibu Irene Lim, dan waktu selama 2 jam masih terasa kurang untuk berdiskusi dan tanya jawab. Bagi yang masih ingin mengajukan pertanyaan bisa langsung menghubungi akun Instagram dari Orang Tua Group: @ot.career.

Ke depannya, Pusat Karier UKRIDA terus akan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lainnya untuk mengadakan webinar dengan topik yang relevan dengan dunia mahasiswa dan alumni, khususnya untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja. So, stay tune and keep updated on our Instagram @ukrida_pusatkarier.

 

Tags:

all