02 Oktober 2020

UKRIDA National Accounting Challenge 2020

Publish by Humas

UKRIDA National Accounting Challenge (UNAC) merupakan ajang kompetisi lomba akuntansi untuk tingkat SMA/K yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi UKRIDA yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi UKRIDA. UNAC ini sudah diselenggarakan selama 14 tahun, dimana acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006. Tujuan UNAC tersebut adalah menjadi sarana bagi para siswa/i untuk berkompetisi secara sehat dan mengasah kemampuan dibidang akuntansi dalam hal lisan maupun tulisan, serta memperkenalkan UKRIDA secara luas.

Pada UNAC yang ke-14 ini, diselenggarakan pada 21, 23, dan 25 September 2020. UNAC tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kenapa? Karena UNAC tahun ini diselenggarakan secara online dan banyak sekali peserta-peserta dari luar Jakarta yang ikut berpatisipasi dalam UNAC 2020. Jumlah peserta UNAC 2020 adalah 204 peserta yang terdiri dari 68 tim, dan 34 sekolah. Banyak sekolah-sekolah dari luar Jakarta dan Pulau Jawa yang ikut berpatisipasi dalam UNAC 2020, diantaranya berasal dari Pontianak, Jambi, Surabaya, Yogyakarta, Cirebon, hingga Jayapura.

Pada acara UNAC ini peserta juga dibentuk untuk menjadi pribadi yang sportif, dapat beradaptasi dengan lingkungan, dan meningkatkan kerjasama serta kepercayaan dengan sesama tim. Pada UNAC kali ini, juga terdapat seminar terbuka mengenai “Apakah Peran Akuntan akan Tergantikan oleh Teknologi?”. Seminar ini memiliki tujuan agar siswa/i serta peserta seminar lain dapat menambah wawasan dan tidak ragu untuk memasuki jurusan akutansi. Pesertanya mencapai lebih dari 450 orang dari berbagai kota dan pulau.

Setelah seminar, lomba akuntansi UNAC 2020 segera dimulai. Para peserta mengikuti lomba dengan berbagai babak, dari babak penyisihan, perempat final 1&2, semifinal 1&2, kemudian final. Para peserta tidak hanya mengadu bakat dan kemampuan, tetapi juga mendapatkan banyak pelajaran yang dapat diambil, seperti harus mendengar nasihat teman satu kelompok, mengesampingkan egois diri sendiri, menghargai tim lain.

Disamping ketatnya persaingan pada lomba UNAC ini, diselipkan juga ice breaking yang memecah ketegangan antar tim dan suasana sekitar, yang sebelumnya bersaing dan saling mengalahkan, berakhir tertawa dan bercanda bersama. Para siswa/i juga membangun relasi dan mendapatkan banyak teman dari tempat yang berbeda-beda. Juara UNAC tahun ini diraih oleh SMK Unggul Sakti Jambi sebagai Juara 1, SMAK 3 Penabur sebagai Juara 2, SMKN 1 Bogor sebagai Juara 3, SMKN 16 Jakarta sebagai Juara Harapan 1, dan SMA Kristen Yusuf sebagai Juara Harapan 2. Diharapkan acara UNAC dapat menjadi salah satu upaya Universitas Kristen Krida Wacana untuk menjaga persaudaraan nasional.

Tags:

all akuntansi