08 September 2020

UKRIDA Masuk Dalam 20 Universitas Terbaik di Jakarta

Publish by Humas

Pada tanggal 17 Agustus 2020, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2020. Klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan atau mengelompokkan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti. Adapun tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti dalam memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut. Selain itu juga sebagai informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia.

Sama dengan pemeringkatan pada tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini pemeringkatan Perguruan Tinggi masih berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, yaitu dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja Input (15%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (35%). Namun demikian, komponen penilaian dari setiap indikator tersebut mengalami beberapa perubahan/penambahan komponen sehingga diharapkan dapat lebih mencerminkan kondisi perguruan tinggi Indonesia sesuai dengan cakupan pada masing-masing indikator tersebut. Penambahan/perubahan komponen dalam setiap indikator merupakan upaya agar perguruan tinggi dapat secara aktif merespon perkembangan zaman, terutama revolusi industri keempat dan kebutuhan tenaga kerja.

UKRIDA sendiri menempati urutan ke-109 dari sebelumnya 260 pada pemeringkatan 2019. Prestasi ini merupakan capaian tertinggi sepanjang pemeringkatan yang diikuti oleh UKRIDA. Dengan prestasi yang demikian, menurut Harian  Kompas online pada tanggal 2 September 2020 UKRIDA berhasil masuk dalam 20 Universitas terbaik dan atau masuk dalam 6% terbaik di Jakarta. Angka ini dihitung dari 309 Universitas swasta yang ada di wilayah LLDIKTI 3. Namun demikian, prestasi ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Ukrida untuk terus meningkatkan prestasinya dan menggiatkan diri untuk bisa semakin memperbaiki diri menggapai yang lebih baik.

 

 

Berita terkait:

https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/02/084325271/ini-dia-50-universitas-swasta-terbaik-dki-jakarta-2020-versi-dikti

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GbmY2P4b-50-perguruan-tinggi-terbaik-di-dki-jakarta

 

Tags:

all