08 September 2020

Pelatihan Jurnalistik

Publish by Humas

Selasa 25 Agusus 2020, unit HUMAS dan Protokoler UKRIDA menyelenggarakan pelatihan jurnalistik yang di hadiri lebih dari 50 peserta perwakilan dari setiap prodi. Kegiatan tersebut berlangsung dengan metode daring dengan narasumber Desi Fitriani dan Nur Dhian Santoso jurnalis Metro Tv, salah satu media informasi yang ada Indonesia.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa sebagai kaum milenial untuk menulis baik bersifat penelitaian atau berbagai kejadian yang terjadi yang di kemas dengan bahasa yang menarik. Karena seperti yang kita ketahui budaya menulis saat ini terutama di kalangan milenial mengalami penurunan, dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada kaum milenial akan cenderung lebih  malas dan beranggapan bahwa menulis merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Dalam sambutannya Denni Boy Saragih, S.K.M., M.Div., M.Th., Ph.D. selaku Wakil Rektor III UKRIDA menyampaikan bahwa “menulis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk di miliki oleh setiap individu sebagai modal hidup, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata-kata tetapi dengan menulis juga mampu melatih kita untuk dapat berpikir dengan logis”.

Selama lebih dari 3 jam kegiatan berlangsung kedua narasumber membagikan tips and trick jurnalistik dasar kepada seluruh peserta, bagaimana cara untuk menyampaiakan gagasan yang ada dan menuangkan nya melalui tulisan yang menarik, dan tidak lupa kedua narasumber juga berbagi pengalaman suka dan duka selama menjadi wartawan. Hal tersebut sangat disambut antusias seluruh peserta terlihat dari keaktifan peserta mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber.

Di akhir kegiatan seluruh peserta berkesempatan langsung untuk mempraktikan  materi yang telah disampaikan sebelumnya. Seluruh peserta mendapatkan tugas untuk meliput langsung kegiatan yang ada di lingkungan universitas dan menyampaikan kegiatan tersebut melalui tulisan yang akan dinilai langsung oleh narasumber.

Adanya kegiatan ini UKRIDA berharap seluruh mahasiwa dapat memanfaatkan berbagai fasilitas/plat form yang telah di sediakan untuk meningkatkan minat menulis dengan baik dan benar di kalangan mahasiswa.

Tags:

all