31 Agustus 2020

Prestasi Kemahasiswaan UKRIDA Mencapai Peringkat 108 Nasional

Publish by Humas

Kinerja kemahasiswaan merupakan salah satu indikator penilaian prestasi UKRIDA sebagai kampus terbaik 5% di Indonesia. Penilaian yang tercakup dalam kinerja kemahasiswa antara lain kesiapan institusi UKRIDA menunjang kegiatan-kegiatan kemahasiswa. Juga keterlibatan mahasiswa UKRIDA dalam kegiatan-kegiatan non lomba seperti penelitian, pengabdian kepada masyarakat, maupun kegiatan kewirausahaan. Disamping itu tentu tidak kalah penting adalah prestasi akademik maupun non akademik mahasiswa/i UKRIDA di kancah nasional maupun internasional.

Prestasi kemahasiswaan UKRIDA tahun ini berada di posisi 108 nasional. Meningkat tajam dari peringkat 198 pada tahun 2019.  Peringkat terbaik ini  tidak jauh dari peringkat UKRIDA sebagai institusi yakni 109 nasional atau masuk jajaran kampus terbaik 5% di Indonesia.  Meraih posisi 108 dari 2000an universitas yang dinilai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan bagi UKRIDA. Apalagi mengingat persaingan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tentunya tidak mudah bagi universitas swasta seperti UKRIDA. Puji Tuhan, berkat kerja keras seluruh unit dan program studi prestasi terbaik ke 108 nasional diraih oleh UKRIDA.

Pencapain ini semakin memotivasi seluruh civitas akademika UKRIDA untuk meningkatkan posisi pada tahun 2021 nanti. Ada 4 strategi yang sedang dikerjakan sebagai program unggulan tahun 2020. Pertama, memprioritaskan prestasi kemahasiswaan di perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional atau Belmawa. Karena sistem poin di Belmawa tercatat otomatis tanpa perlu dilaporkan oleh PT.

Kedua, merevisi sistem pemberian penghargaan prestasi kemahasiswaan. Hal ini dilakukan untuk semakin memacu mahasiswa untuk berprestasi dan UKRIDA memberikan penghargaan yang layak. Ketiga, mengintegrasikan kegiatan kemahasiswaan dengan program kampus merdeka. Hal ini merupakan langkah nyata UKRIDA untuk mendukung program Pendidikan Tinggi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dan terakhir, mengintegrasikan program-program BEM dan UKM dengan Pusat Prestasi Nasional. Hal ini penting untuk memberikan arah dan tujuan organisasi kemahasiswaan salah satunya adalah berprestasi. Jadi tidak sekedar ‘berorganisasi’ namun ada capaian yang mau diraih.

Komitmen Ukrida sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia semakin kuat melalui program kinerja kemahasiswaan. Dengan demikian, UKRIDA memberikan layanan dimana mahasiswa dapat mengalami pembentukan karakter, soft skills, serta berbagai prestasi akademik maupun non akademik. Jaya terus Ukrida, LEAD to impact. (Prasasti Perangin Angin, M.Div. M.M., Ka. Unit Pengembangan Karakter).

Tags:

all