25 Agustus 2020

Penelitian Dosen UKRIDA Berhasil Terbit dalam jurnal Scientific Reports

Publish by Humas

Pada awal bulan Agustus 2020, hasil penelitian Dr. Indra Karnadi, dosen program studi Teknik elektro UKRIDA, bersama tim LIBS (Laser Induced Breakdown Spectroscopy) Indonesia diterbitkan di jurnal Scientific Report yang merupakan salah satu jurnal internasional bergengsi dengan standar tinggi di bawah naungan Nature Publishing Group. Hasil penelitian yang dipublikasikan ini seluruhnya dilakukan di Indonesia. Hal ini memperlihatkan bahwa peneliti di Indonesia khususnya UKRIDA mampu menghasilkan penelitian dengan standar tinggi yang diakui oleh dunia internasional.

Artikel penelitian yang dipublikasikan berjudul “Suppression of self-absorption in laser-induced breakdown spectroscopy using a double pulse orthogonal configuration to create vacuum-like conditions in atmospheric air pressure” yang dapat diakses pada link berikut ini  https://www.nature.com/articles/s41598-020-70151-6.

Pada penelitian tersebut Dr. Indra Karnadi beserta tim LIBS Indonesia mengembangkan sebuah teknik untuk mengatasi efek self-absorption pada LIBS atau yang dikenal sebagai spektroskopi plasma laser. Pada spektroskopi plasma laser, unsur-unsur yang terkandung dalam suatu material dapat diketahui dengan cara menembak material tersebut menggunakan laser pulsa dengan kerapatan daya yang tinggi dan menangkap radiasi yang dipancarkan oleh plasma yang dihasilkan dari interaksi antara laser pulsa dengan material. Keberadaan efek self-absorption dalam LIBS merupakan salah satu tantangan bagi teknik tersebut dalam melakukan analisis kuantitatif dari unsur secara akurat. Oleh karena itu, penelitian yang mampu meminimalisasi efek ini akan memiliki dampak besar dalam pengembangan LIBS sebagai salah satu teknik analisis elementer yang paling menjanjikan. Dengan metode yang dikembangkan oleh Dr. Indra Karnadi bersama tim LIBS Indonesia, efek self-absorption ini berhasil diminimalisasi menggunakan sistem konfigurasi dua laser yang disusun saling tegak lurus untuk menciptakan suatu ruang hampa udara disekitar sampel yang akan dianalisis. Metode ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan keakuratan LIBS dalam melakukan analisis unsur dalam material secara kuantitatif.

Tags:

all teknik-elektro