24 Agustus 2020

Sharing Session PT. Santos Jaya Abadi “How to be an Outstanding Jobseeker”

Publish by Humas

Bagian rekrutmen/HRD suatu perusahaan dapat menerima puluhan, bahkan ratusan lamaran dalam sehari. Tentu butuh waktu bagi perusahaan untuk memproses semua lamaran yang masuk. CV yang tidak menarik, tidak jelas judul email atau lampiran lamaran, bisa jadi langsung diabaikan begitu saja. Lalu bagaimana agar para pencari kerja, atau dalam hal ini para lulusan universitas, dapat menarik perhatian perusahaan? Bagaimana menjadi pencari kerja yang outstanding agar dilirik dan diinginkan oleh perusahaan?

Pada hari Jumat, 7 Agustus 2020, Kak Claudia Winandya, bagian Recruitment dari PT. Santos Jaya Abadi (Kapal Api Group) memberikan tips dan trik bagaimana menjadi outstanding jobseeker kepada lebih dari 150 orang peserta webinar yang diadakan oleh Pusat Karier UKRIDA melalui aplikasi Zoom. Peserta ini terdiri dari mahasiswa dan alumni UKRIDA, serta beberapa peserta dari luar UKRIDA.

Pribadi yang betul-betul siap bekerja, surat lamaran, dan CV merupakan kunci untuk menjadi seorang outstanding jobseeker.Penting untuk memperhatikan penulisan email lamaran kerja, tidak kosong di body email tetapi menjelaskan maksud pelamar dan menampilkan keunggulan pribadi pelamar, melampirkan berkas-berkas yang diberikan judul yang jelas, serta email pribadi yang digunakan juga harus profesional (biasanya nama jelas).

Dalam CV juga harus ditampilkan data pribadi, pengalaman pendidikan, organisasi, pekerjaan, kemampuan yang relevan dengan posisi kerja yang dilamar. Harus up-to-date dan yang terpenting: JUJUR. Karena CV ini akan dicek oleh perekrut, baik melalui media sosial ataupun dicek ketika wawancara langsung.

Wawancara/interview juga harus dipersiapkan sebaik mungkin, dengan terlebih dahulu mencari informasi tentang perusahaan, posisi yang dilamar, lokasi perusahaan (jika interview offline), bahkan mencari informasi tentang interviewer nya sendiri, karena dapat menjadi pencair suasana sehingga lebih rileks.

Seringkali interview menjadi sesuatu yang menakutkan bagi para pelamar atau pencari kerja. Padahal bagi interviewer, sebetulnya sesi interview merupakan ajang untuk mengenali pelamar lebih jauh dan memastikan pelamar sesuai dengan kebutuhan dan budaya perusahaan, serta bagi pelamar menjadi ajang untuk menampilkan keunggulan, prestasi, kemampuan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Sehingga penting sekali bagi pelamar untuk selalu memberikan yang terbaik dari diri sendiri saat proses seleksi ini.

Tidak lupa juga pembicara mengingatkan, setelah melalui proses seleksi khususnya interview, pelamar perlu melakukan follow up kepada pewawancara, jangan hanya menunggu dan jangan takut untuk menghubungi pihak perusahaan.

Tidak kalah pentingnya juga adalah meningkatkan kemampuan diri sendiri, dan memperbaiki media sosial, karena di dunia digital sekarang ini, rekruter menggunakan media sosial untuk mencari informasi mengenai kandidat.

Yang menarik dari webinar ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti roleplay interview dengan menjawab pertanyaan “coba ceritakan tentang diri kamu”. Juga ada 2 CV dari peserta yang dibahas bersama saat webinar. Dengan adanya simulasi dan review CV ini, para peserta menjadi lebih paham untuk mempersiapkan diri menjadi pelamar yang outstanding. Selama hampir dua jam pembahasan dan tanya-jawab, pembicara dan peserta menunjukkan antusiasme yang luar biasa. Ke depannya akan diadakan kembali webinar/sharing session oleh Pusat Karier UKRIDA bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan, untuk membekali mahasiswa dan lulusan tentang dunia kerja. So, stay tune! J

 

Oleh: Raissa Stephanna, Pusat Karier Ukrida

Agustus 2020

Tags:

all