20 Juli 2020

Saat Liburan tapi Berprestasi, Mungkinkah?

Publish by Humas

Periode Juli-Agustus Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Pendidikan Tinggi menyelenggarakan berbagai kejuaran bergengsi. Dimulai dari Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Kompetisi Bisnis Manajemen, dan Keuangan (KBMK), Kontes Robot Indonesia, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM), Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) hingga Kejuaran Nasional - Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA).  Menariknya adalah periode pelaksanaan lomba berbarengan dengan masa libur tahun ajaran.

Bagi sebagian mahasiswa, masa libur semester adalah waktu untuk bersenang-senang. Setelah melewati pembelajaran daring yang melelahkan, ingin rasanya melepas lelah dan tidak mau disibukan untuk kegiatan perlombaan. Apalagi diminta untuk ikut lomba yang membutuhkan persiapan yang rumit, menulis proposal, belajar materi, konsultasi dengan dosen pendamping dan sebagainya. Hal ini tentu sangat wajar.

Namun masa libur - apalagi masih dalam masa PSBB - merupakan kesempatan besar untuk berprestasi. Ada tiga alasan. Pertama, saat libur mahasiswa tidak disibukan mengerjakan tugas kuliah dan persiapan ujian. Artinya mahasiswa memiliki waktu yang lebih lengang dan bisa fokus mempersiapkan lomba. 

Pusat Prestasi Nasional Pendidikan Tinggi menyelenggarakan berbagai kejuaraan bergengsi bagi mahasiswa selama masa liburan.

Kedua, kesempatan membangun portofolio soft skills atau poin soft skills di Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Banyak mahasiswa kesulitan mengumpulkan poin soft skills beralasan tidak ada waktu karena banyak tugas, kuliah padat, dan tuntutan lainnya. Nah, sekarang libur, dan kebetulan saat libur banyak kejuaran di tingkat nasional. Ikutlah.  Minimal di portofolio akan tercatat bahwa Anda telah mencoba untuk berkompetisi dan berusaha di berbagai perlombaan. Dan itu akan mencerminkan sejatinya soft skills Anda.

Dan ketiga, berprestasi berarti mendapatkan reward. Saya kira tidak ada salahnya reward materi menjadi salah satu motivasi untuk berprestasi. Hitung-hitung nambah uang jajan waktu berlibur atau membantu orang tua meringankan biaya kuliah karena dampak Pandemi Covid-19 saat ini.

Jadi tunggu apalagi, daftarkan diri Anda. Secara berkala lihat email civitas karena semua lomba Pusat Prestasi Nasional sudah di share. Atau follow IG puspresnas.  Unit Pengembangan Karakter (UPK) kapan saja siap memfasilitasi seluruh Ukridian untuk berprestasi. Jangan lewatkan kesempatan yang ada, berprestasi dan majulah. Semoga! (Prasasti Perangin Angin, Ka.Unit. UPK).

Tags:

all