17 Juni 2020

Seminar Online Remote Auditing

Publish by Humas

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKRIDA telah menyelenggarakan Seminar Online dengan topik Remote Auditing pada hari Jumat, 12 Juni 2020 yang lalu. Materi seminar disampaikan oleh Ibu Dr. Sekar Mayangsari, Ak., M.Si., CA, Wakil Ketua III IAI KAPd sekaligus Ketua Program Magister Akuntansi Universitas Trisakti, dengan moderator Ibu Febriani C.S. Magdalena, SE., MSAk salah satu dosen program sudi akuntansi UKRIDA. Seminar online ini diselenggarakan melalui media zoom yang diawali kata sambutan dari dekan FEB Ukrida Ibu Dr. Melitina Tecoalu, SE., MM., CFP®. Jumlah peserta seminar mencapai lebih dari 450 orang, baik praktisi dari Kantor Jasa Akuntan, Kantor Akuntan Publik, Badan Pemeriksa Keuangan, para dosen dan mahasiswa.

Adanya pandemi COVID-19 juga berdampak pada proses audit. Auditor terkendala melaksanakan audit secara face to face. Istilah remote auditing digunakan untuk menggambarkan metode pengumpulan informasi, wawancara kepada auditee, dan proses audit lainnya menggunakan Information and Communication Technology (ICT). Ini merupakan suatu pengawasan jarak jauh terhadap data perusahaan yang didukung oleh orang yang terlatih dan tepat. Namun, remote auditing ini bukan sebagai pengganti on site auditing. Telah dikeluarkan standar ISO 9001 tentang Remote Audit.

Beberapa manfaat dilakukannya remote auditing adalah dapat menghemat waktu dan biaya, ramah terhadap lingkungan, dapat mengidentifikasi dan mitigasi risiko secara real-time, serta menghapus batas geografis. Namun disamping manfaat atau kelebihan tersebut, terdapat beberapa kekurangan, diantaranya jaringan internet yang tidak atau kurang stabil, kurang mendapatkan gambaran yang optimal mengenai fasilitas yang dimiliki perusahaan, jalannya operasional perusahaan termasuk efektivitas pengendalian internal perusahaan. Juga perlu dipastikan bahwa ketika kita melihat gambar, apakah kita melihat gambar riil atau hanya sebuah video recording.

Semoga ini bisa menginspirasi kita semua dalam melakukan langkah inovatif atas pandemi COVID-19, salah satunya melalui Remote Auditing ini. 

Tags:

all akuntansi