09 Juni 2020

Stay Productive during Work from Home

Publish by Humas

Covid-19 memberi berkat tersendiri bagi ikatan alumni Psikologi UKRIDA, Teknologi membuat semuanya menjadi lebih praktis, meski berjauhan dan sedang social distancing tetapi hati tidak bisa dipaksa untuk berjauhan, istilah tersebut menggambarkan antusias dari alumni-alumni Psikologi UKRIDA untuk tetap mengikuti webinar. Walaupun terpisah oleh jarak, alumni Psikologi UKRIDA berusaha untuk tetap terhubung melalui pertemuan yang dilakukan secara online. Webinar ini adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh pengurus alumni fakultas psikologi UKRIDA untuk semua alumni. Tujuannya untuk mengajak alumni terlibat kembali dalam kegiatan fakultas, sebagai sarana pertemuan antar angkatan dan untuk bisa saling berbagi informasi seputar dunia kerja dan sebagainya. Fakultas  juga memberikan fasilitas kepada alumni untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru khususnya di masa pandemik Covid-19 ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Mei 2020 pukul 15.00-16.00, yang diikuti oleh alumni dan beberapa dosen fakultas Psikologi UKRIDA, dengan total jumlah peserta sebanyak 83 orang. Peserta yang hadir merupakan alumni dari angkatan paling pertama, yaitu angkatan 2002 hingga angkatan 2016 yang baru saja lulus.

Topik mengenai stay productive during work from home adalah topik yang sangat menarik untuk dibahas di masa pandemik ini, mengingat banyaknya alumni yang harus bekerja dari rumah, maka pembahasan ini menjadi sangat berarti dan memberi pengetahuan baru bagi alumni. Topik  ini dibawakan oleh salah satu dosen Psikologi UKRIDA yaitu, William Gunawan, S.Psi, M.Min., M.Si., Ph.D. Dalam pembahasannya beliau memberikan penjelasan mengenai alasan mengapa kita perlu untuk tetap produktif, yaitu krisis, dunia yang berubah, dan diri sendiri. Dijelaskan bahwa krisis tersusun dari 2 karakter, satu mewakili “bahaya” dan satu lagi mewakili “kesempatan”. Hal ini terjadi pada dunia di masa pandemik Covid-19 sekarang, apakah kita memaknainya sebagai suatu bencana besar atau justru menjadikan ini sebagai berkat untuk maju dan berkembang?

Dunia seolah memaksa kita untuk berubah dengan cepat, siap tidak siap, mau tidak mau, ini sedang terjadi. Perubahan ini juga berdampak pada karier seseorang. Cara kerja, kebiasaan kerja, idealisme, dan keterampilan juga akan mulai berubah. Apakah kita siap untuk dunia yang baru? Tiga cara yang diberikan untuk tetap produktif, yaitu preparation, yang dimaksud adalah persiapan untuk masa depan dalam dunia pekerjaan terkait keahlian, karakater pribadi, dan reputasi diri. Kedua  network & self branding, pentingnya memiliki jaringan atau koneksi untuk menunjukkan diri kita. Ketiga transferable skills, setiap kemampuan akan sangat berguna untuk banyak posisi yang ditawarkan dimasa mendatang, contohnya orang yang bekerja dibidang pendidikan adalah orang yang mampu berkomunikasi baik dengan murid maupun orangtua. Sementara itu orang yang bekerja dibidang pemasaran juga harus memiliki kemampuan komunikasi dengan anggotanya, klien, dan manajer. Dapat disimpulkan kualitas dapat ditransfer dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Bukankah ini merupakan sebuah kesempatan? Fokuslah pada hal ini dan siapkan diri!

Fakultas psikologi UKRIDA, berkomitmen untuk mendampingi dan bekerja sama dengan alumni dalam menghadapi new normal dalam masa krisis ini. Webinar ini adalah salah satu wujud kerja sama fakultas dengan alumni, dan akan terus berlanjut dengan berbagai macam kegiatan lainnya. Respon positif dari alumni akan kegiatan ini memberikan semangat baru bagi pengurus ikatan alumni dan fakultas  psikologi terlihat dari hasil survey yang masuk dan sudah dievaluasi menunjukkan kepuasaan akan berlangsungnya webinar ini. Oleh karena itu pengurus ikatan alumni serta fakultas Psikologi UKRIDA akan kembali mengadakan webinar serupa yang topiknya sesuai dengan kebutuhan alumni. Maju terus Psikologi UKRIDA.

Oleh: Tantri Sidabutar (Alumni Psikologi UKRIDA angkatan 2012 dan Anggota Ikatan Alumni Psikologi UKRIDA)

Tags:

all psikologi