08 Juni 2020

Pelatihan Software 3D Teknik Sipil UKRIDA

Publish by Humas

     Adanya Pandemi Covid19 tidak membuat luntur semangat belajar para siswa-siswi SMK Jurusan Teknik Bangunan dalam menambah kemampuan mereka sebagai lulusan yang nantinya mempunyai hal kemampuan kerja (employability), pendidikan (education) dan kewirausahaan (entrepreneurship) di dunia konstruksi. Persaingan yang ketat di era industri 4.0 membuat siswa-siswi SMK berlomba-lomba mencari tambahan ilmu pendamping selain yang mereka dapatkan dari sekolah.  Kemampuan dan semangat tersebut mereka buktikan dalam keiukutsertaan Pelatihan Daring yang diadakan oleh Teknik Sipil UKRIDA dalam Pelatihan Dasar Pengenalan Software 3D dasar yang menjadi kompetensi dasar mereka dalam persaingan kerja di dunia konstruksi ataupun jenjang pendidikan tinggi.

     Pelatihan yang diadakan pada tanggal 28, 29 dan 30 Mei 2020 ini mendapat sambutan dan partisipasi yang aktif tepatnya dari 36 peserta siswa-siswi yang tergabung dalam 3 sekolah SMK Jurusan Teknik Bangunan (SMK N 1 Jakarta, SMK N 52 Jakarta dan SMK N 6 Bekasi). Tak kalah menarikanya 3 Guru Pendampingpun dari masing-masing sekolah juga ikut serta selama pelatihan berlangsung.

    Pengenalan tools dasar dan aplikasi pembuatan model bangunan sederhana pada software 3D tersebut disajikan secara daring oleh para mahasiswa Teknik Sipil UKRIDA sebagai tutornya dan difasilitasi oleh Bpk. Hans perwakilan dosen Teknik Sipil UKRIDA sebagai fasilitator acara selama sesi kegiatan berlangsung. Pemaparan Program Studi Teknik Sipil UKRIDA juga diperkenalkan secara naratif sebelum sesi hari pertama dimulai. “Ini merupakan ide yang menarik sebagai bentuk silaturahmi antara Teknik Sipil UKRIDA kepada sekolah SMK yang ada di Jakarta, siswa kami mendapat tambahan ilmu dan refresh pengajaran yang biasanya selalu dibawakan oleh guru-guru yang ada di sekolah pada pelatihan ini pengajarnya pun dari mahasiswa yang memang mempunyai kemampuan yang baik sekaligus menjadi role model yang inspiratif bagi para siswa-siswi kami.” papar Bpk. M. Prasodjo Joko Ispono, S.Pd., perwakilan guru dari SMK N 52 Jakarta yang ikut serta dalam Pelatihan Software 3D Teknik Sipil UKRIDA, Sabtu (30/05/20). Hal ini disambut baik oleh Program Studi Teknik Sipil UKRIDA  dan menjadi tantangan untuk memberikan pelatihan-pelatihan yang menarik minat siswa-siswi SMK/SMA untuk mahasiswa Teknik Sipil UKRIDA di masa mendatang dan memperkenalkan Program Studi Teknik Sipil UKRIDA secara lebih dekat.

Teknik Sipil UKRIDA memberikan pelatihan software 3D kepada siswa-siswi SMK Jurusan Teknik Bangunan secara daring untuk membantu menjawab persaingan era industri 4.0 

     Adapun target akhir dari pelatihan yang diberikan oleh peserta adalah kemampuan dasar dalam membuat 3D Modelling bangunan sederhana termasuk di dalamnya pengaplikasian beberapa visual effect dan video animasi yang mereka belum dapatkan sebelumnya selama kegiatan belajar di sekolah.

 

 

Tags:

all teknik-sipil