14 Mei 2020

Peringati International Nursing Day: Prodi Keperawatan adakan Kegiatan Bakti Sosial

Publish by Humas

Hari Perawat Internasional merupakan hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat. Tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional yang dirayakan tiap tahunnya, perayaan ini juga diperingati sebagai ulang tahun kelahiran ibu perawat dunia yaitu Florence Nightingale. Hari Perawat internasioanal pertama kali diprakarsai pada tahun 1953, tapi Hari Perawat Internasional belum resmi secara umum dinyatakan hingga 1974. Kini setiap tahunnya, Dewan Perawat Internasional atau International Council of Nurses (ICN) memilih tema apa yang akan diangkat. Tentu saja membahas isu-isu teraktual di bidang keperawatan. 

 

Perawat memegang peran penting, basis dalam perkembangan kondisi fisik setiap pasien, sehingga mempengaruhi populasi dan sistem kesehatan. Perawat juga merupakan pekerjaan yang menanamkan kepedulian tentang kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh keperawatan atau asuhan keperawatan.  Perawat sebagai pemberi jasa keperawatan merupakan bagian dari ujung tombak pelayanan kesehatan di Rumah  Sakit, Puskesmas maupun instansi pelayanan kesehatan dimana tenaga keperawatan yang pertama kali kontak dan menjalin hubungan dengan pasien dan keluarga hingga tahap terminasi dalam hubungan pelayanan kesehatan. 

 

Dalam rangka International Nursing Day Tahun 2020 Program Studi Keperawatan UKRIDA mengadakan bakti sosial berbagi kepada sesama dengan tujuan membantu masyarakat di wilayah Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi.  

Virus corona tidak hanya memiliki dampak kesehatan. Dampak virus corona bagi perekonomian Indonesia juga tidak kecil. Dilansir dari BBC Indonesia, hal ini disampaikan oleh Ketua Asosiasi UMKM Indonesia sendiri, yaitu Ikhsan Ingatubun. Anjuran physical distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia membuat orang-orang tetap di rumah dan tidak pergi keluar untuk melakukan aktivitas biasanya. Salah satu kegiatan yang menghilang dari rutinitas adalah tidak berbelanja ke luar rumah dan beberapa perusahan memutuskan PHK beberapa pegawainya. Karena inilah, masyarakat khususnya di provinsi DKI Jakarta kesulitan membayar biaya-biaya yang ada. Hal itu sudah berkurang atau tidak mendapatkan gaji dan honor pekerja, serta biaya-biaya operasional dan nonoperasional lainnya. kondisi ini membawa dampak buruk, karena apabila tidak bisa menghasilkan uang, mereka terpaksa pulang kampung dan tidak punya pilihan lain serta tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Kondisi lain yang memperparah adalah masyarakat juga tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk hidup di tempat perantauan.  

 

Maka dari itu dalam rangka International Nursing Day Tahun 2020 Program Studi Keperawatan UKRIDA mengadakan bakti sosial berbagi kepada sesama dengan tujuan membantu masyarakat provinsi DKI Jakarta yang terdampak pandemik Covid-19 dan meringankan beban perekonomian masyarakat DKI Jakarta yang membutuhkan. Pada kesempatan ini juga program studi keperawatan mengadakan kompetisi video kreatif mahasiswa guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif sebagai mahasiswa terhadap kondisi pandemik akibat Covid-19.

 

Kegiatan ini Bakti Sosial sendiri dilaksanakan pada: Hari Selasa, 12 Mei 2020 pada pukul 10.00 – selesai. Kegiatan dilakukan oleh segenap sivitas program studi keperawatan UKRIDA dengan membagikan kurang lebih 70 paket sembako kepada masyarakat yang dianggap memerlukan bantuan akibat dampak situasi pandemik wabah Covid-19. Adapun Sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat di wilayah Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi.  

Tags:

all keperawatan