21 April 2020

Pelantikan Dokter Angkatan 113

Publish by Humas

Di tengah situasi penyebaran wabah Virus COVID 19  yang saat ini melanda Indonesia membuat pemerintah menerbitkan beberapa kebijakan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID 19 di lingkungan publik. Salah satu kebijakan yang di terapkan pemerintah yaitu  dengan memberlakukan social distancing dan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) kepada masyarakat. Tentunya dengan adanya kebijakan tersebut menimbulkan dampak tersendiri bagi seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Merespon kebijakan pemerintah tersebut Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKRIDA pada tanggal 13 April 2020 telah melangsungkan kegiatan pelantikan dan  pengangkatan sumpah dokter kepada 76 dokter muda secara online dengan menggunakan aplikasi zoom yang dipimpin diawali dengan pembacaan SK Yudisium Kelulusan Dokter Angkatan ke-113 oleh dr. Antonius Ritchi Castilani, DFM, M.Si selaku Dekan Fakultas dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Adapun 76 dokter yang disumpah tersebut 67 dokter berasal dari Indonesia dan 9 dokter lainnya berasal dari Malaysia. Dalam Kegiatan tersebut juga disaksikan langsung oleh Rektor UKRIDA Dr. dr Wani Devita Gunadi, Sp.MK(K) dan jajaran rektorat lainnya.

Meskipun kegiatan ini merupakan pertama kalinya diadakan  secara online tetapi tidak merubah suasana hikmat selama proses pelantikan dan pengambilan sumpah dokter berlangsung. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pengangkatan sumpah dokter. Dwakili oleh  lima mahasiswa yang mewakili lima agama yang ada mengucapkan lafal sumpah dokter yang dipimpin langsung oleh Dekan FKIK dengan dan diikuti oleh seluruh peserta dengan di dampingi oleh perwakilan dan masing-masing pemuka agama dengan memeluk kitab suci masing-masing, mengucapkan lafal sumpah dokter tersebut. Walapun secara online, sumpah dokter ini sudah dikonfirmasi oleh pimpinan Fakultas ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Jakarta Barat yang keabsahannya diterma. Kegiatan ini juga disaksikan oleh Sekjen IDI Wilayah DKI, dr Dollar.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan melantik 67 dokter berasal dari Indonesia dan 9 dokter berasal dari Malaysia melalui metode online 

Pada angkatan ke-113 ini mahasiswa  atas nam dr. Stefanus Tendean terpilh sebagai mahasiswa terbaik dengan indeks prestasi tertinggi yaitu 3.70 dengan predikat sangat memuaskan. Semoga prestasi yang telah diukir oleh seluruh dokter muda yang telah dilantik dapat bermanfaat bagi kehidupan melayani sebagai dokter.

 

 

 

Tags:

all kedokteran