20 Februari 2020

UKRIDA Mengajar

Publish by Humas

UKRIDA Mengajar merupakan program UKRIDA sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengirimkan mahasiswa yang mau berbagi pengetahuan dan mau mendidik anak-anak.  Dalam menjalankan program ini, UKRIDA bekerja sama dengan Kelurahan Tanjung Duren Utara. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam program ini yaitu memberikan pendidikan dan pengajaran, mengulang materi di sekolah, serta membantu anak-anak untuk memahami pelajaran yang sudah diberikan disekolah. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2019 dan terus berlangsung hingga saat ini. Mahasiswa yang mengajar juga sudah berganti sesuai periode yang ditentukan bersama, yaitu setelah tuntas memberikan pengajaran selama 20 Jam mengajar.

Selain bentuk pengabdian kepada masyarakat, UKRIDA mengajar merupakan kegiatan yang diharapkan bisa melatih kerjasama, kepemimpinan, dan mengimplementasikan ilmu mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum terjun mengajar ke masyarakat, mahasiswa dibekali dengan persiapan berupa prosedur mengajar yang dilakukan di kampus. Kemudian akan dipertemukan dengan ketua Jam Belajar Malam dan dengan perwakilan RW dan Karang Taruna di Tanjung Duren Utara.  

Terdapat 7 tempat mengajar di Kelurahan Tanjung Duren Utara yaitu di Sekretatriat RW 01- 07. Mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai pengajar dibagi menjadi 7 kelompok. Mereka akan mengajar di masing-masing RW yang ditentukan, yaitu 1 kelompok untuk satu RW. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan kepada program pemerintah yakni Jam Belajar Malam. UKRIDA mengajar berlangsung setiap malam pada pukul 19.00-21.00 WIB yang memberikan pengajaran pada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah Dasar kelas 1 hingga kelas 6 SD.

UKRIDA mengajar diharapkan dapat melatih mahasiswa  kerjasama, kepemimpinan dalam mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari

Mahasiswa yang ditugaskan mengajar pada setiap RW tertentu akan menentukan hari mengajar dan berkordinasi dengan Ketua RW atau Satgas dimana mereka akan mengajar. Dengan durasi waktu pengajaran 1-2 hari seminggu dan disesuaikan dengan kesepakatan dalam kelompok mengajar. Mahasiswa akan membentuk kelompok belajar yang terdiri atas beberapa anak yang akan didampingi selama mereka mengajar di tempat yang ditentukan. Pada periode pertama kegiatan ini  (Februari 2019-Mei 2019) ada sebanyak 21 Mahasiswa yang terlibat aktif, pada periode ke 2 (September 2019-Desember 2019) ada sebanyak 41 orang mahasiswa yang aktif sampai akhir, pada periode ke 3 (04 November -17 Desember 2019) ada sebanyak 35 Mahasiswa yang terlibat, dan pada periode ke 4 tahun 2020 dimulai pada 05 Februari dan masih berlangsung hingga saat ini dengan jumlah mahasiswa sebanyak 40 mahasiswa UKRIDA.

Semoga dengan kegiatan UKRIDA mengajar ini bisa menjadi sumbangsih nyata mahasiswa Ukrida untuk masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

 

Tags:

all