07 Februari 2020

Membangun Rumah Membangun Kehidupan

Publish by Humas

"Membangun rumah membangun kehidupan" adalah spirit dari Habitat For Humanity Indonesia dalam mengerjakan misinya untuk menyediakan rumah yang layak bagi masyarakat di Indonesia. Pemenuhan rumah rakyat merupakan salah satu hak konstitusional yang menjadi tanggung jawab pemerintah sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945 pasalah 28H ayat 1. Pemerintah telah mencanangkan perumahan rakyat melalui kementerian PUPR, namun hal ini masih belum bisa menjangkau dan menyelesaikan permasalahan perumahan di Indonesia hingga saat ini. 

Berangkat dari fenomena tersebut maka dibutuhkan peran serta melalui kemitraan dan keswadayaan masyarakat bersama-sama pemerintah untuk menyediakan rumah yang layak. Menyadari hal tersebut, mahasiswa Teknik Sipil UKRIDA Angkatan 2017 melihat ini sebagai sebuah keterpanggilan untuk berkontribusi dalam pembangunan rumah yang layak bagi rakyat Indonesia.

"Segalanya berawal dari rumah. Olehnya membangun rumah berarti membangun kehidupan."

Pada tanggal 3-6 Februari 2020, melalui penggalangan dana mahasiswa, dukungan donatur, dan  secara khusus Persekutuan Keluarga Senior GPBB Singapura, akhirnya sebuah rumah di Desa Bojong Koneng, Kab. Bogor dapat didonasikan. Sebanyak 17 mahasiswa Teknik Sipil ikut berkontribusi membangun fondasi rumah sebagai volunteer. 

Keluarga Pak Ahmad (56 tahun) mengungkapan rasa syukurnya karena rumahnya dapat dibangun oleh UKRIDA. Selama ini, setiap kali hujan deras, angin kencang, kami harus mengungsi ke rumah tetangga, ujarnya.

Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar betapa pentingnya peran mereka kelak ketika menjadi engineer. Sekaligus sebuah pelayanan yang menumbuhkan kepedulian, keperihatinan, dan keterpanggilan untuk berkarya bagi bangsa. Karena, segalanya berawal dari rumah, dan membangun rumah berarti membangun kehidupan.

Tags:

all teknik-sipil