12 November 2019

Sukses Setelah Sekolah

Publish by Humas

“Saya, saya, saya!” Demikian pekikan siswa-siswii SMA saat ditanya “Siapa yang ingin meraih kesuksesan di masa depan?” Kesuksesan merupakan impian setiap remaja yang ingin dicapai di masa depan. Namun kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Perlu pemahaman dan perencanaan yang baik. If you fail to plan, you planning to fail, demikian kata Benyamin Franklin.

Sejalan dengan kerinduan tersebut, Fakultas Psikologi UKRIDA menyelenggarakan suatu program komprehensif meliputi seminar, tes dan konseling yang disebut sebagai 3S (Sukses Setelah Sekolah). Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dari Fakultas Psikologi untuk membantu remaja, khususnya siswa/I kelas 10-12 SMA dalam melakukan pemilihan karier di masa depan. Berlangsung sejak 2012, kegiatan ini digagas oleh William Gunawan, S.Psi., M.Min, M.Si., Ph.D., dosen konseling karier sekaligus Indonesia Country Director dari Asia Pacific Career Development Association (APCDA) dan telah memberikan manfaat kepada lebih dari 5.000 remaja.

Kegiatan Sesi diawali dengan ceramah interaktif yang membahas tentang 3 kesalahan utama dalam perencanaan karier dan langkah-langkah perencanaan karier yang baik dan benar. Selanjutnya, tester dan skorer terlatih akan memberikan psikotes dengan menggunakan tes minat SDS (Self Directed Search) dari John Holland, Ph.D. yang diadaptasi oleh para peneliti dari Fakultas Psikologi Ukrida sesuai dengan konteks Indonesia.

If you fail to plan, you planning to fail!

Pada tahap berikutnya, konselor berpengalaman dan bersahabat akan memberikan konseling khusus kepada masing-masing peserta untuk dapat mengenali dan menghayati minatnya dan memberikan pilihan jurusan yang sesuai dengan masing-masing peserta agar dapat membuat suatu perencanaan karier yang tepat dan realistis. Dalam waktu kurang lebih dua jam, diharapkan para remaja yang mengikuti program ini akan memiliki pemahaman lebih dalam hal pemilihan karier, mengenali minat-minat utama mereka, dan mampu untuk membuat suatu perencanaan karier yang baik, tepat dan realistis sesuai dengan diri mereka.

Di bulan Oktober dan November ini, program 3S di bulan Oktober 2019 telah dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2019 di dua tempat yaitu GKI Kayu Putih dan GKI Perniagaan, tanggal 1 November bertempat di SMA N 111 Jakarta dan tanggal 8 November berlangsung di SMA Pangudi Luhur Bernardus. Sampai dengan akhir tahun ini direncanakan akan berlangsung di beberapa sekolah dan gereja lagi.

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswa SMA dalam perencanaan karier mereka dan meraih sukses di masa depan.

Tags:

all psikologi