10 Desember 2019

UKRIDA Kampus Bebas Narkoba

Publish by Humas

Saat ini penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin memprihatinkan, apalagi seperti yang kita ketahui banyak generasi muda yang terjerarat dengan obat-obatan terlarang ini. Narkoba sendiri merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Dalam arti luas merupakan obat, bahan atau zat yang jika masuk ke dalam tubuh manusia, baik secara oral, dihirup, maupun suntik dapat mempengaruhi kinerja susunan syaraf pusat. Narkoba sendiri memiliki dampak buruk baik secara kesehatan fisik, mental , dan juga sosial bagi para penggunanya.

Sebagai sebuah institusi pendidikan, UKRIDA bertanggung jawab untuk mendidik mahasiswa berpikir kritis dan menyadari akan bahaya dari narkotika dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut. Menyikapi hal ini UKRIDA bekerja sama dengan Pusat Kedokteran dan Kesehatan POLRI melakukan deteksi dini Narkoba bagi seluruh Sivitas Akademika UKRIDA. Hal ini merupakan langkah nyata UKRIDA dalam memberantas peredaran dan penyalahguaan narkotika, khususnya di kalangan generasi muda saat ini.

Hasil dari tes tersebut menyatakan bahwa Seluruh Sivitas UKRIDA dinyatakannegatif dari penyalahgunaan narkoba. 

Pada 19-20 November 2019, sebanyak 354 peserta yang meliputi mahasiswa, dosen, dan karyawan UKRIDA telah mengikuti sidak tes urin. Jumlah tersebut diperoleh berdasarkan sistem random sampling yang telah ditentukan. Hasil dari tes tersebut menyatakan bahwa Seluruh Sivitas UKRIDA dinyatakan negatif dari penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan ini bukan kali pertama UKRIDA mengadakan deteksi dini narkoba, sebelumnya di tahun 2018 yang lalu UKRIDA juga telah melakukan kegiatan yang sama dan telah mendeklarasikan sebagai kampus bebas Narkoba. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari kerjasama (MoU) yang telah disepakati antara Ukrida dengan Pusdokkes Mabes Polri. Kerjasama ini tidak hanya dilakukan melalui deteksi atau tes urine saja tetapi pembinaan kepada mahasiswa melalui seminar dan workshop selalu secara berkesinambungan dilakukan.

Dengan diadakannya deteksi dini narkoba sebagai salah satu bentuk kerjasama ini, diharapkan UKRIDA dapat membantu mencegah dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda saat ini. Agar generasi muda yang ada saat ini merupakan generasi yang mampu berfikir maju dan terhindar dari bahaya narkoba.

Tags:

all