07 Januari 2020

UKM Pencinta Alam (PALADA) Sigap Membantu Evakuasi Warga Saat Banjir

Publish by Humas

Mengakhiri tahun 2019 dan mengawali tahun 2020 kali ini bencana banjir dan tanah longsor melanda beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya. Curah hujan dengan intensitas yang tinggi dan dengan durasi waktu yang lama, menyebabkan beberapa titik di daerah Jakarta terendam banjir.

Hal tersebut tentunya membuat banyak kerugian baik secara finansial maupun non finansial yang dialami oleh warga. Beberapa warga rumahnya terendam air akibat debit air yang terus meningkat menggenangi wilayah Jakarta dan sekitranya. Juga terjadi di sekitar Tanjung Duren, dekat dengan wilayah Kampus 1 UKRIDA.

Pada tanggal 1 Januari mahasiswa/i UKRIDA yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa PALADA (Pecinta Alam UKRIDA) dengan sigap turun langsung untuk membantu proses pengevakuasian warga di daerah Tanjung Duren, Green Vile dan sekitarnya. Tim PALADA ini membantu melakukan evakulasi kepada warga yang tidak sempat atau belum tertolong yang masih berada di dalam rumah. Menerjang banjir yang beberapa rumah sudah tertutup oleh air setinggi dada manusia dewasa, menggontongnya dan menghantar ke tempat yang lebih tinggi, berkumpul dengan para pengungsi di titik yang sudah dikoordinasikan dengan pihak Kecamatan Grogol Petamburan. Pada malam harinya, tim Palada melakukan Patroli malam untuk membantu distribusi bantuan dan kebutuhan masyarakat.

Tidak hanya sebatas membantu proses pengevakuasisan warga saja , UKRIDA yang di wakili oleh dr.Johannes Hudyono,M.S.,Sp.Ok.,MFPM selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UKRIDA juga memberikan bantuan kebutuhan darurat seperti pampers, mie instan dan beberapa kebutuhan pokok yang diperuntukkan untuk warga yang membutuhkan yang langsung di berikan oleh Camat Grogol Petamburan, Didit Sumaryanta.

Dengan adanya musibah banjir kali ini kita diingatkan kembali untuk terus menjaga keseimbangan alam kita, dan juga dari melakukan hal yang sederhana. Yaitu membuang sampah pada tempatnya. Walaupun hingga saat ini masih terdapat beberapa titik yang terendam banjir, UKRIDA berharap banjir dapat segera surut dan warga dapat beraktifitas seperti sedia kala.

Tags:

all