Direktorat Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Profil

Direktorat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (UKRIDA Science Center) merupakan langkah awal dari tujuan besar atas semangat meneliti untuk membuat dan mengembangkan teknologi yang mampu bersinergi dengan alam. Tujuannya mendukung perkembangan masyarakat menjadi kelompok yang mengutamakan pencarian ilmu dan pemahaman baru terkait hukum alam semesta.

Direktorat ini bertugas menemukan, membentuk, dan mengembangkan identitas keilmiahan dari universitas dalam mendampingi perkembangan dosen dan masyarakat sekitar, yang terpicu dari keinginan berkembang dan memecahkan masalah setempat. Selain itu mengambil tanggung jawab untuk mengembalikan esensi ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu kebutuhan primer masyarakat, agar kembali menjadi alat bantu utama dalam keseharian menghadapi tantangan dan masalah di masa depan.

UKRIDA Science Center merupakan langkah awal dari tujuan besar atas semangat meneliti untuk membuat dan mengembangkan teknologi yang mampu bersinergi dengan alam

USC memiliki filosofi kerja sebagai pusat penelitian yang mengembangkan ide/konsep menjadi ruang bisnis baru, sehingga mendorong terbentuknya ide-ide bisnis berbasis teknologi yang dikuasai sendiri. Dengan demikian, Direktorat ini akan memperkenalkan dirinya sebagai pusat rujukan teknologi, dengan tenaga ahli berpengalaman khusus dalam berkarya inovatif pada pengembangan produk baru, dari pendefinisian ide sampai kepada realisasi menjadi produk siap digunakan. Ukrida Science Center ingin secara nyata memposisikan dirinya pada rekayasa teknologi tepat guna, untuk menjawab berbagai permasalahan dan tantangan dalam segala aktivitas pengembangan bangsa Indonesia menjadi negara pemilik teknologi di tahun 2025.

Unit Kerja

Direktorat memiliki 4 Laboratorium Utama dengan 4 unit kerja yang masing-masing melakukan pengembangan dan penelitian di bidang-bidang berikut:

  • Aplikasi sensor untuk system otomasi dan robotika di industri
  • Analisa potensi teknologi Rapid Prototyping dari rekayasa material sampai modifikasi
  • Rekayasa soft material dan sintesis nanomaterial
  • Sistem karakterisasi optik menggunakan teknologi laser

Jenis Layanan

  1. Fasilitas Think Tank sebagai pusat acuan dan referensi dalam proyek penelitian dan pengembangan.
  2. Melakukan kegiatan penelitian fundamental dan applied untuk membentuk identitas keilmuan universitas.
  3. Partner bagi dosen/mahasiswa/umum untuk mengembangkan ide berbasis teknologi dan kegiatan penelitian dalam ruang lingkup dari Ukrida Science Center.
  4. Pendampingan pembuatan tugas akhir/skripsi yang temanya berkaitan dengan ruang lingkup dari USC.
  5. Rekayasa model sampai kepada prototipe siap produksi berbasis software.
  6. Pengembangan maneken dari bagian tubuh tertentu untuk kebutuhan pendidikan kedokteran.

Kontak

Direktorat Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Universitas Kristen Krida Wacana
Gedung A lt. 2
Jl. Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
Telp.: +62 21 566 6952 Fax.: 566 6956
email: usc@ukrida.ac.id