Unit Pengembangan Materi dan Inovasi Pembelajaran

Profil

Konsep pembelajaran di abad ke-21 menuntut suatu perubahan yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan karena generasi yang dihadapi oleh para pengajar pada saat ini adalah “Net Generation”, yaitu orang - orang yang lahir pada era teknologi informasi berbasiskan komputer dan internet. Generasi tersebut hidup dalam suatu era dimana seseorang memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap gadget atau alat-alat elektronik lainnya.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, media pembelajaran pun beralih ke arah penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Melalui teknologi yang semakin beragam, pembelajaran dapat dikembangkan secara lebih kreatif dan menarik. Menanggapi perkembangan tersebut, Pusat Media Pembelajaran (PMP) Ukrida dibentuk pada tanggal 5 Desember 2012. PMP Ukrida berkomitmen untuk mentransformasikan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknologi pendukung dengan motto “Transforming Learning Through Technology”.

PMP Ukrida melengkapi pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-learning. Dengan menggunakan teknologi learning management system (LMS) berbasis moodle, dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi di luar kelas kapan pun dan dimana pun.

PMP Ukrida juga telah bekerja sama dengan Google dalam aplikasi “Google Apps for Education” dimana seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa Ukrida mendapatkan fasilitas email dengan kapasitas penyimpanan unlimited. Situs e-learning Ukrida merupakan situs pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi Google. Dengan login ke situs e-learning Ukrida, seluruh aplikasi google secara otomatis terkoneksi dan dapat digunakan. Situs e-learning Ukrida dikenal dengan Ukrida Virtual Class (UVC). Ukrida juga menerapkan paperless education melalui penggunaan ebook untuk mendukung konsep Go Green demi kelestarian lingkungan. Kuliah pakar, baik dari dalam maupun luar negeri juga dilakukan dengan menggunakan teknologi Video Conference yang memungkinkan mahasiswa di beberapa lokasi kampus Ukrida dapat mengikuti perkuliahan secara bersamaan.

"Transforming learning through technology"

Pengembangan konsep pembelajaran berbasis teknologi ini juga didukung dengan fasilitas berupa Studio Pembelajaran yang merupakan hasil dari hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) Dikti Tahun 2013. Studio ini berfungsi sebagai studio untuk pembuatan berbagai media pendukung pembelajaran, seperti modul online, animasi, video pembelajaran, dan media pembelajaran lainnya. Selain itu, PMP Ukrida juga sudah menyiarkan TV streaming, diberi nama Ukrida TV, yang dapat diakses di www.ukrida.tv.

Selain media elektronik (TV), PMP Ukrida juga menerbitkan media cetak bernama Ukrida newsletter. Ukrida newsletter merupakan majalah kampus pertama yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR).

Beberapa acara yang telah diselenggarakan oleh Pusat Media Pembelajaran (PMP):

  • Talkshow “Indonesia’s Internet Economy”
  • Ukrida-Google Festival (U Go Fest) 2013
  • Workshop “Developing Effective Teaching and Learning Plan”
  • Training Blog
  • Diskusi Buku I, II, III
  • Workshop Problem Based Learning
  • Short Movie Contest
  • Berbagai Seminar

 

Kontak

Unit Pengembangan Materi dan Inovasi Pembelajaran

Universitas Kristen Krida Wacana
Gedung A lt. 2
Jl. Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
Telp.: +62 21 566 6952 Fax.: 566 6956
email: lrc@ukrida.ac.id