Sambutan Rektor

Salam Sejahtera untuk kita semua

Dalam dinamika pendidikan tinggi akhir-akhir ini yang ditandai dengan perubahan-perubahan revolusioner yang memberi angin segar pada tata kelola Perguruan Tinggi, tongkat estafet kepemimpinan ini akan kami teruskan. Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kampus Merdeka merubah wajah pendidikan setidaknya dalam empat aspek yaitu otonomi bagi perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A dan atau B untuk melakukan pembukaan atau pendirian program studi baru.

Kebijakan kedua adalah re-akreditasi yang bersifat otomatis untuk seluruh peringkat dan bersifat sukarela bagi perguruan tinggi dan prodi yang sudah siap untuk naik peringkat. Akreditasi yang sudah ditetapkan akan berlaku selama 5 tahun dan akan diperbaharui secara otomatis. Kebijakan Kampus Merdeka yang ketiga adalah tentang perguruan tinggi negeri (PTN) yakni kebebasan bagi PTN Badan Layanan Umum (BLU) dan Satuan Kerja (Satker) untuk menjadi PTN Badan Hukum (PTN BH). Kebijakan yang ke-empat adalah memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodinya dan adanya perubahan definisi Satuan Kredit Semester (sks).

UKRIDA bukan hanya bertekad mencetak lulusan unggul, namun juga berkarakter Kristiani yang dapat membawa perubahan dan mentransformasikan dunia

Selanjutnya perkenankanlah kami secara singkat menyampaikan rencana kerja kami dalam periode 2020-2024 yang terdiri dari 2 (dua) tahapan yakni UKRIDA-IN (2020-2021) dan Ukrida-Jaya. (2022-2024). Dalam periode 2020-2021 ini, program kerja akan kami beri nama U•krida-IN, untuk mengingatkan kita bahwa sebagai orang yang diberikan amanah, kita (U)-Universitas, perlu bersatu dalam perbedaan yaitu Unity in Diversity, dan berKRIDA (berkarya).

Kata IN terdiri dari dua huruf yakni I yang merupakan akronim dari Integrated mengandung makna bahwa segala pekerjaan kita hendaknya betul-betul menyatu, satu langkah, terintegrasi secara sempurna didukung oleh teknologi informasi untuk menyasar kuat strategi yang telah kita canangkan.

Ukrida ‘I’ ini kami harapkan akan sudah tercapai dalam tahun 2020. Ukrida ‘N’ merupakan akronim dari Notable artinya segala upaya integrasi kita, dengan perkenanNya membuahkan hasil di akhir tahun 2020, akan mulai berdampak dan segala KRIDA kita adalah penting, terkemuka, dan diakui.

Setelah periode Ukrida IN, selanjutnya adalah program Ukrida Jaya (Jejaring dan Kekayaan Data) yang berlangsung dari tahun 2022-2024. Kami akan menekankan kepada perluasan jejaring di tahun 2022, dan pada tahun 2023 dengan segala jejaring yang ada dan data terintegrasi yang telah kita kelola dengan baik dapat menghasilkan kekayaan data dan informasi untuk memajukan program studi, menghasilkan program studi baru dan segmen baru berdasarkan analisis big data yang dilakukan.

Dalam gerak langkah pengelolaan UKRIDA, kami Rektorat periode 2020-2024 berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip tata kelola universitas yang baik yaitu gerak dan langkah struktural akan senantiasa menganut azas (a) Transparansi (b) Akuntabilitas (c) Bertanggung jawab (d) Independensi (e) Keadilan dan (f) Efektifitas dan efisiensi. Dan hal ini semua terbungkusa dalam nilai-nilai Ukrida LEAD. Loving Enlightening, Advance dan Determined. Yang mendasari dari semua kegiatan para insan di Ukrida.

Dan biarlah kita semua terus berkarya menghasilkan pekerjaan-pekerjaan dan yang memuliakan nama Tuhan.
“Segala perkara dapat kutanggung di dalam DIA yang memberi kekuatan kepadaku” (Filipi 4:13)
Tuhan memberkati UKRIDA dan kita semua



Salam Sejahtera,

Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK(K).

Rektor