Teknik Elektro

Terakreditasi B

SK BAN-PT No. 1917/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

Profil

INTELLIGENT SYSTEMS AND ROBOTICS

Apa itu Intelligent Systems and Robotics?

Intelligent Systems and Robotics merupakan pengembangan berbagai metode berkemampuan tinggi yang diilhami oleh fenomena alam untuk menyelesaikan berbagai masalah kompleks di dunia nyata. Intelligent Systems and Robotics adalah gabungan sistem mekanik dan elektronik yang telah dilengkapi dengan sensor, aktuator, dan mikrokontroler sehingga sistem tersebut dapat mengambil "smart" decision dan melakukan "smart" action berdasarkan pengolahan data-data dari sensor.

 

Mengapa penting mempelajari Intelligent Systems and Robotics?

Intelligent Systems and Robotics mempersiapkan para mahasiswa untuk menghadapi era Industri 4.0 dalam merancang dan membuat "smart" product untuk "smart" factory.

 

Mengapa memilih Intelligent Systems and Robotics Ukrida?

Dengan dukungan laboratorium dan perangkat yang lengkap dan mutakhir, Intelligent Systems and Robotics Ukrida membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang "smart" product melalui integrasi perangkat keras dan perangkat lunak.

 

Apa yang dipelajari di Intelligent Systems and Robotics?

Di Intelligent Systems and Robotics Ukrida, mahasiswa akan dilatih untuk menjadi inventor-inventor mandiri yang dapat merancang dan membuat smart product. Untuk itu, mahasiswa akan dilengkapi dengan pengetahuan tentang Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Robotics, Mechatronics, Microcontroller, Image Processing, Digital Signal Processing, dan berbagai pengetahuan serta keterampilan lainnya.

"Creating The Future Innovators"

 

BIOMEDICAL ENGINEERING 

Apa itu Biomedical Engineering?

Biomedical Engineering menerapkan prinsip-prinsip dan teknik pemecahan masalah rekayasa untuk biologi dan kedokteran, mulai dari diagnosis dan analisis hingga pengobatan dan pemulihan, seperti alat pacu jantung, organ buatan, pencetakan organ biologis.

 

Mengapa penting mempelajari Biomedical Engineering?

Teknologi akan mempengaruhi segala bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang kesehatan dimana teknologi akan menjadi kebutuhan primer pelayanan kesehatan dunia. Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran (Iptekdok) memerlukan kompetensi para Biomedical Engineer.

 

Mengapa memilih Biomedical Engineering Ukrida?

Biomedical Engineering Ukrida menyiapkan mahasiswa untuk dapat menjawab tantangan akan perkembangan pesat ilmu kedokteran modern yang menuntut adanya peran teknologi. Saat ini, penggunaan teknologi maju dan terbaru dalam diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi masalah kesehatan manusia semakin meningkat. Alat-alat kesehatan modern, seperti MRI, CT scan, mesin dialisis, stent (ring) pembuluh darah jantung, dan 3D printer organ membutuhkan engineering skill dalam pengadaan dan pengoperasiannya. Di samping itu, kesempatan praktik langsung dan magang di Rumah Sakit Ukrida akan menambah kompetensi mahasiswa di bidang Biomedical Engineering.

 

Apa yang dipelajari di Biomedical Engineering?

Biomedical Engineering merupakan program kolaboratif antara program studi Teknik Elektro dan Fakutas Kedokteran Ukrida. Fokus Biomedical Engineering adalah Clinical Engineering, Biomedical Informatics, dan Medical Devices. Biomedical Engineering Ukrida menggabungkan pengetahuan di bidang kedokteran dan teknik dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan. Cara-cara penggunaan dan pengembangan peralatan diagnosis, monitoring, implantasi, dan Artificial Intelligence (AI) untuk kesehatan dipelajari di Biomedical Engineering. Mahasiswa dilatih untuk menjawab tantangan dari perkembangan dunia kedokteran modern, mulai dari bagian preventif, kuratif, hingga rehabilitasi. Lulusan Biomedical Engineering akan bekerjasama dengan tenaga ahli di bidang kedokteran dan farmasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Berita

ukrida_616574a2dc9bf3.15645482.png
Big Data dan Artificial Intelligence

12 Oktober 2021

Artificial Intelligence merupakan kekuatan dari industri 4.0 yang terdiri atas Big Data, Cloud dan IOT (Internet of Things), cabang ilmu yang tumbuh secara independen dan memiliki jalurnya sendiri. 

ukrida_61556ce95e7dc9.75156532.png
Riset Bidang Cognitive Performance di Sektor Pribadi, Industri dan Jasa Sesuai Ritme Sirkadian Indonesia

30 September 2021

Webinar Program Studi Teknik Industri UKRIDA dan Program Studi Teknik Industri UNTAR dengan tema Riset Bidang Cognitive Performance di Sektor Pribadi, Indutri dan Jasa sesuai Ritme Sirkadian

ukrida_615187f603da04.79646758.png
Liputan: Ngopi Pagi Mulai Kembangkan Skillmu

27 September 2021

Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Dr. Oki Sunardi menjelaskan secara terperinci mengenai nilai LEAD dari UKRIDA dalam webinar Ngopi Pagi Mulai Kembangkan Skillmu.

Visi

"Unggul dalam bidang Teknik Elektro yang berfokus pada pengembangan Sistem Cerdas dan Robotika serta Teknik Biomedik"

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Teknik Elektro yang berfokus pada pengembangan sistem cerdas dan robotika serta teknik biomedik.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang sistem cerdas dan robotika serta teknik biomedik.
  3. Menerapkan hasil penelitian di bidang sistem cerdas dan robotika dan teknik biomedis untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Aktif dalam pertemuan dan kegiatan ilmiah tingkat nasional dan internasional.
  5. Aktif dalam mengadakan kerjasama dengan institusi nasional dan internasional dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Keunggulan

1. Student Centered Learning

Seluruh pembelajaran di Teknik Elektro menerapkan konsep Student Centered Learning (SCL) dimana proses pembelajaran dilakukan dengan berpusat pada mahasiswa sebagai pembelajar dan didukung oleh dosen sebagai fasilitator.

2. Dosen Berstandar Internasional

Teknik Elektro Ukrida didukung oleh staf dosen dengan latar belakang pendidikan dari perguruan tinggi luar negeri, diantaranya Korea, Singapura, Jepang, dan Taiwan.

3. Kuliah Pakar

Selain kuliah reguler, mahasiswa Teknik Elektro juga dibekali dengan pengetahuan praktis dari para praktisi dalam bentuk kuliah pakar dengan topik-topik terkini sesuai dengan perkembangan dalam dunia kerja.

4. Pertukaran Pelajar

Teknik Elektro Ukrida telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di dalam dan luar negeri untuk memberikan kesempatan mengikuti program pertukaran pelajar bagi para mahasiswa.

5. Experential Learning

Kurikulum Teknik Elektro Ukrida dirancang agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai melalui pengalaman-pengalaman langsung. Studi independen di dunia industri maupun institusi pendidikan adalah salah satu contoh experiential learning yang diterapkan di Ukrida. Di samping itu, Teknik Elektro Ukrida juga memiliki Pusat Pengembangan Elektronika (PPE) sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengerjakan desain sesuai kebutuhan dunia industri.

6. Penelitian bersama Dosen

Sebagai salah satu bentuk pengaplikasian pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam perkuliahan serta mempersiapkan mahasiswa sebagai inovator masa depan, mahasiswa Teknik Elektro Ukrida dapat terlibat secara langsung dalam penelitian bersama dosen.

7. Program Magang Perusahaan

Mahasiswa Teknik Elektro Ukrida mendapatkan kesempatan mengikuti program magang untuk memberikan pengalaman pembelajaran langsung di tempat kerja, baik hardskills maupun softskills.

8. Integrasi Perangkat Keras dan Lunak

Pembelajaran di Teknik Elektro Ukrida dirancang sedemikian rupa untuk memadukan pengetahuan dan keterampilan tentang perangkat keras dan lunak di dalam perancangan.

9. Suasana Kekeluargaan

Hubungan dosen dan mahasiswa yang baik dan harmonis membuat mahasiswa merasakan suasana belajar secara kekeluargaan di Teknik Elektro Ukrida.

10. Peluang Studi Lanjut ke Luar Negeri

Teknik Elektro Ukrida telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di luar negeri yang memungkinkan para alumni Teknik Elektro mendapatkan rekomendasi untuk studi lanjut di luar negeri dengan program beasiswa.

Fasilitas

Program Studi Teknik Elektro memiliki sejumlah laboratorium dan fasilitas lainnya dalam menunjang kegiatan pembelajaran.

    slide 0
  1. Laboratorium Fisika
  2. slide 1
  3. Laboratorium Dasar Elektronika
  4. slide 2
  5. Laboratorium Rangkaian Listrik
  6. slide 3
  7. Laboratorium Elektronika Digital
  8. slide 4
  9. Laboratorium Konversi Energi Listrik
  10. slide 5
  11. Laboratorium Sistem Kendali
  12. slide 6
  13. Laboratorium Intelligent Systems and Robotics
  14. slide 7
  15. Laboratorium Photonics
  16. slide 8
  17. Laboratorium Biologi
  18. slide 9
  19. Laboratorium Anatomi dan Fisiologi
  20. slide 10
  21. Rumah Sakit Ukrida
  22. slide 11
  23. Center for Biomedical Imaging and Bioinformatics
  24. slide 12
  25. Ruang Diskusi
  26. slide 13
  27. Ruang Workshop
  28. slide 14
  29. Ruang Himpunan Mahasiswa

Kurikulum

Tahun Pertama
  • Social Studies (4 Subjects)
  • English for Academic Purposes
  • Physics 1 & 2
  • Mathematics 1 & 2
  • Basic Chemistry
  • Basic Electrical Engineering
  • Basic Electronics
  • Electrical Circuit 1
  • Measurement of Electrical Quantities
  • Telecommunication
  • Anatomy (for Biomedical Engineering program)
Tahun Kedua
  • Community Service
  • Basic Computer & Programming
  • Digital Electronics
  • Engineering Math 1 & 2
  • Electrical Circuit 2
  • Modern Physics
  • Microprocessor & Microcontroller
  • Electromagnetic Field
  • Signals and Systems
  • Analog Electronics
  • Laboratory Works (6 Subjects)
  • Community Service (Field)
  • Molecular Biology (for Biomedical Engineering program)
  • Physiology (for Biomedical Engineering program)
  • Biochemistry (for Biomedical Engineering program)
  • Bioethics (for Biomedical Engineering program)
Tahun Ketiga
  • Probability & Statistic
  • Basic Electrical Energy Conversion
  • Basic Control System
  • Digital Signal Processing
  • Robotics
  • Artificial Intelligence
  • Industrial Electronics
  • Numerical Computation
  • Electronic System Design
  • Research Methods
  • Laboratory Works (3 Subjects)
  • Elective (2 Subjects)
  • Biostatistics (for Biomedical Engineering program)
  • Radiology (for Biomedical Engineering program)
  • Neuroscience (for Biomedical Engineering program)
  • Biomechanics (for Biomedical Engineering program)
  • Biosensors (for Biomedical Engineering program)
  • Biomaterials (for Biomedical Engineering program)
  • Biomedical Image Processing (for Biomedical Engineering program)
Tahun Keempat
  • Entrepreneurship
  • Internship
  • Professional Insights
  • Elective (2 Subjects)
  • Laboratory Research
  • Undergraduate Thesis

Staf Dosen

...
Ketua Program Studi
Indra Karnadi, Ph.D.

Optoelektronika, Fotonika, Spektroskopi Plasma Laser. S3 di bidang Nanofotonika dari Korea Advanced Institute of Technology

...
Kepala Laboratorium
Ivan Tanra, B.Eng., Ph.D.

Mekatronika, Sistem Cerdas. S3 dari Nanyang Technological University Singapore

...
Dr.Eng. Lina Septiana, S.T., M.Sc.

Image Processing. S3 dari Tokyo Institute of Technology Japan

...
Eddy Wijanto, S.T., M.T., Ph.D.

Wireless, Mobile, and Optical Communication. S3 dari National Formosa University, Taiwan

...
Ir. Johansah Liman, M.T.

Kontrol Industri. S2 dari Universitas Indonesia

...
Ir. Nani Djohan, M.T.

Komunikasi Serat Optik. S2 di bidang Optoelektronika dari Universitas Indonesia

...
Budi Harsono, S.T., M.Eng .

Robotika, Instrumentasi Elektronika Industri. S2 dari Universitas Gadjah Mada

...
Richie Estrada, S.T., M.Eng.

Sedang menempuh studi S3 bidang Organic Electronics, Department of Electronic and Computer Engineering, National Taiwan University of Science and Technology, Taipei - Taiwan

FAQ

Wanita memiliki peluang dan hak yang sama untuk menempuh studi di Teknik Elektro. Pengalaman membuktikan bahwa mahasiswi di program studi Teknik Elektro Ukrida mampu meraih prestasi dalam berbagai kompetisi selama kuliah serta mampu meraih prestasi sebagai lulusan terbaik dan memperoleh predikat Cum Laude.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, kebutuhan terhadap lulusan Teknik Elektro menjadi semakin meningkat. Peran dan dampak perkembangan teknologi yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat menjadikan lulusan Teknik Elektro dibutuhkan di hampir seluruh bidang kehidupan. Hal ini terbukti dari para lulusan Teknik Elektro Ukrida yang berkarir di berbagai bidang pekerjaan.

Mata kuliah dasar, seperti Matematika dan Fisika merupakan pondasi pengetahuan untuk mempelajari dan menguasai mata kuliah di Teknik Elektro. Dengan mempelajari ilmu dasar, mahasiswa mampu memanfaatkan dan menerapkannya di dalam memecahkan berbagai persoalan keteknikan, sehingga tidak mengalami kesulitan di dalam mempelajari mata kuliah lainnya di Teknik Elektro. Mata kuliah dasar di Teknik Elektro Ukrida didesain sedemikian rupa dengan memanfaatkan software dan teknologi pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mempelajari ilmu dasar secara menarik dan menyenangkan.

Perkuliahan di Teknik Elektro Ukrida dirancang sedemikian rupa sehingga materi pembelajaran disampaikan secara menarik dan atraktif. Melalui pembelajaran berpusat pada mahasiswa, kegiatan pembelajaran dirancang dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi pembelajaran sehingga para mahasiswa dapat secara aktif berperan di dalam proses pembelajaran. Dengan pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran, materi dapat disampaikan secara menarik sehingga mudah untuk dipahami oleh mahasiswa. 

Lulusan Teknik Elektro akan memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan di bidang Teknik Elektro dalam mendesain komponen, sistem, dan atau proses untuk memenuhi kebutuhan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di samping itu, lulusan Teknik Elektro juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan di bidang Teknik Elektro.

Di samping perkuliahan, mahasiswa Teknik Elektro juga dapat mengikuti berbagai kegiatan, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Untuk bidang akademik, mahasiswa dapat mengikuti berbagai kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional. Di samping itu, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam penelitian bersama dosen. Di bidang non-akademik, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan organisasi dan kerjasama tim dengan terlibat aktif di dalam organisasi kemahasiswaan, seperti Himpunan Mahasiswa Elektro (HME). Selain itu, mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai aktivitas di bidang seni dan olahraga.

Saat ini, hampir seluruh bidang kehidupan memerlukan teknologi sehingga peluang karir lulusan Teknik Elektro terbuka luas di berbagai bidang dan perusahaan, baik skala nasional maupun internasional. Beberapa prospek karir lulusan Teknik Elektro, diantaranya Control Engineer, Hardware Engineer, Product Development Engineer, Product Engineer, Electronic Engineer, Instrumentation Engineer, Clinical Engineer, Medical Technology Developer, dan Biomedical Researcher.

Keunggulan utama Teknik Elektro Ukrida adalah para mahasiswa dibekali dengan kemampuan dan keterampilan hardware dan software serta mampu mengintegrasikannya untuk menghasilkan desain dan solusi terhadap kebutuhan dan permasalahan di bidang Teknik Elektro. Penguasaan hardware dan software secara integratif menjadikan lulusan Teknik Elektro Ukrida menguasai kompetensi di bidang Teknik Elektro secara komprehensif.

Kompetensi lulusan Teknik Elektro sangat luas mencakup kemampuan desain dan memecahkan masalah di bidang Teknik Elektro. Kemampuan servis atau memperbaiki peralatan elektronika hanya salah satu dari kompetensi lulusan Teknik Elektro dan bukan merupakan kompetensi utama. Lulusan Teknik Elektro memiliki kompetensi untuk merancang sistem dan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan teknologi.

Di Teknik Elektro Ukrida, mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan dasar yang diperlukan untuk praktik, seperti keterampilan merancang PCB, keterampilan soldering, dan sebagainya. Untuk itu, bagi calon mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman praktik tidak perlu kuatir karena kurikulum Teknik Elektro Ukrida telah dirancang dengan memperhatikan keberimbangan antara pengetahuan dan keterampilan teori dan praktik.

Kemitraan

ukrida_61378ade71d51.png
ukrida_61378b3a2dd16.PNG
ukrida_61378ba0e02f6.png
ukrida_6138c7a6d71ee.jpg
ukrida_61378c4943b41.jpg
ukrida_61378ce092649.PNG
ukrida_61378d47f1eae.png
ukrida_61378d7d437e8.png
ukrida_61378dcc3e05a.jpg
ukrida_61378e03815f8.jpg

Kontak

Program Studi Teknik Elektro

Universitas Kristen Krida Wacana
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Jalan Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
  +62 21 566 6952  |  Fax: +62 21 566 6952
  prodi.elektro@ukrida.ac.id