Profil
Program Studi Akuntansi memberikan berbagai pengalaman dan bekal yang signifikan menuju jenjang karier. Telah terafiliasi dengan Ikatan Akuntan Indonesia, program studi Akuntansi juga memiliki standar yang sesuai dengan penetapan dunia. Tidak hanya berpusat pada pembelajaran di dalam kelas, kesempatan untuk mengikuti seminar-seminar Akuntansi dan bertemu langsung dengan para profesional yang tergabung dalam IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) juga akan didapatkan selama proses pembelajaran.
Program Studi Akuntansi membuka peluang untuk dapat menjalin koneksi yang luas dengan sejumlah instansi pemerintahan, perusahaan swasta dan perusahaan besar seperti Deloitt, E&Y, BCA, Sinarmas, PB Taxand, dll. Tentunya hal ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat langsung terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan masa studi. Terdapat dua jalur peminatan yaitu Audit dan Pajak yang dapat ditempuh selama 3,5 - 4 tahun perkuliahan.
Berpengalaman sejak tahun 1986 dan berstatus terakreditasi Unggul oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA)
Jadwal Kuliah
Kelas Reguler Pagi
Senin-Jumat 08.00-16.00 WIB
Kelas Karyawan Weekday
Senin-Jumat 17.00-22.00 WIB
Kelas Karyawan Weekend
Jumat 17.30-22.00 WIB
Sabtu 08.00-18.00
Berita
Penandatanganan Kerjasama UKRIDA dan IAMI : Implementasi Enterprise Risk Management & Internal Control Over Financial Reporting
10 Oktober 2024
UKRIDA dan Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) menyelenggarakan webinar dan penandatanganan kerja sama pada Jumat, 27 September 2024.
Education Care - Ayo Mengelola Biaya Agar Makmur bersama Akuntansi UKRIDA
09 Oktober 2024
Jakarta, 4 Oktober 2024 - Program Studi Akuntansi UKRIDA berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi UKRIDA kembali melakukan kegiatan Education Care di RPTRA Taman Apel Kelurahan Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat
Penyuluhan Educare: "Cerdik Mengelola Keuangan untuk Rumah Tangga" di RPTRA Rambutan, Jakarta Barat
03 Oktober 2024
Jakarta, 28 September 2024 – Program Studi Akuntansi UKRIDA kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui acara Penyuluhan Educare dengan tema "Cerdik Mengelola Keuangan untuk Rumah Tangga".
Visi
"Menjadi Program Studi yang Unggul di bidang Akuntansi di tingkat Nasional, Regional, dan Global dengan Berlandaskan Nilai-nilai Kristiani"
Misi
Menyelenggarakan Pendidikan Akuntansi berkualitas yang didasarkan pada nilai-nilai Kristiani untuk menghasilkan profesional mandiri.
Kebijakan Sistem Manajemen Organisasi
Pendidikan yang Mengacu pada ISO 21001:2018
Keunggulan
- Terakreditasi Unggul oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) berdasarkan keputusan Nomor: 093/DE/A.5/AR.10/XII/2022
- Program studi Akuntansi memiliki Sertifikasi ISO 21001:2018 mengenai Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan
- Program studi Akuntansi memberikan Sertifikasi kepada mahasiswa, yaitu Sertifikasi Brevet AB, Sertifikasi CFAB (Certificate in Finance, Accounting, and Business) bekerjasama dengan ICAEW (Institute of Chartered Accountants in England and Wales), sertifikat berskala internasional.
- Bekerjasama dengan KAP EY dan PB Taxand dalam penyelenggaraan campus hiring.
- Bekerjasama dengan IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) memberikan beasiswa CA (Chartered Accountant) setiap tahun kepada mahasiswa .
- Seminar-seminar di bidang Akuntansi diadakan secara berkala untuk menambah wawasan mahasiswa di luar pembelajaran kelas.
- Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki kompetensi utama yaitu mampu menyusun, menganalisis, dan memeriksa laporan keuangan internal untuk keperluan manajemen (perusahaan yang berorientasi pada profit maupun nirlaba) dan laporan keuangan eksternal untuk kepentingan publik (investor, kreditor, pemerintah dsb).
- Setiap lulusan juga memiliki kompetensi pendukung yaitu integritas dan etos kerja yang tinggi, mandiri, kreatif serta adaptif terhadap perkembangan jaman.
- Mutu lulusan yang tinggi tetap dipertahankan melalui relevansi program dengan kebutuhan lapangan kerja, mempertahankan mutu program dan pengadaan dosen yang memiliki kinerja dan kredibilitas yang tinggi.
- Program studi telah meluluskan ribuan sarjana ekonomi, dengan rata-rata waktu penyelesaian studi antara 7 semester sampai dengan 8 semester.
- Lulusan diterima dengan baik di perusahaan-perusahaan nasional maupun multi nasional.
SOFTWARE YANG DIPELAJARI
- Software Accounting: ACCURATE
- Software Accounting: MYOB Premier
- Software Statistik: SPSS, Eviews, LISREL
- Microsoft Excel
- Microsoft Visio
- Audit Command Language
Fasilitas
Dalam hal pelayanan untuk mahasiswa, Program Studi Akuntansi memberikan layanan kesejahteraan mahasiswa antara lain dalam bentuk:
-
Bantuan tutorial yang bersifat akademik
Civitas akademika UKRIDA bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.Guna mendukung hal tersebut pelayanan mahasiswa merupakan aspek yang utama.Dalam memberikan pelayanan akademik diberikan bantuan tutorial oleh mahasiswa senior menjelang ujian tengah semester dan menjelang ujian akhir semester guna memperlancar studi mereka agar tepat waktu.Guna mendukung pelayanan tersebut pelayanan informasi dan program bimbingan dilaksanakan pula oleh himpunan mahasiswa Akuntansi. -
Informasi dan bimbingan karir
Guna memperlancar mahasiswa dalam mendapatkan info dan bimbingan karir, maka dibawah unit PPKKAK (Pusat Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan Alumni dan Karir) telah dan akan terus dilakukan berbagai kegiatan yang menunjang antara lain melalui pemberian konsultasi, dalam arti mahasiswa datang ke Unit PPKKAK untuk berkonsultasi tentang karir yang tepat dan jika tidak terpuaskan di unit ini maka akan dirujuk ke unit LPP yaitu sebuah Lembaga Pelayanan Psikologi. Selain itu Unit PPKKAK juga melakukan kegiatan Kampus Rekrutmen, Iklan Lowongan Kerja, Career Day, yang mana semua kegiatan diatas dilakukan secara terprogram dan berkesinambungan.
Kurikulum
Semester I
- Pengantar Akuntansi I + Lab
- Pengantar Bisnis dan Manaiemen
- Ekonomi Mikro
- Matematika
- Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersil
- Dasar Perpajakan 1 + Lab
Semester II
- Akuntansi Keuangan Menegah I + Lab
- Akuntansi Biaya + Lab
- Ekonomi Makro
- Manajemen Keuangan I + Lab
- Digital Accounting
- Dasar Perpajakan 2
- Akuntansi Sektor Publik
Semester III
- Akuntansi Keuangan Menengah II + Lab
- Akuntansi Manajemen
- Statistik untuk Bisnis
- Manajemen Keuangan II + Lab
- Sistem Informasi Akuntansi I
- Bahasa lndonesia
- Agama
- Kewarganegaraan
Semester IV
- Akuntansi Keuangan Lanjutan I + Lab
- Sistem Pengendalian Manajemen
- Etika Bisnis dan Profesi
- Pemeriksaan Akuntansi I
- Sistem lnformasi Akuntansi II
- Logika dan Analisis
- Pancasila
- English for Academic Purpose
Semester V
- Akuntansi Keuangan Lanjutan II + Lab
- Metode Riset Akuntansi
- Perencanaan dan Pemeriksaan Pajak
- Pemeriksaan Akuntansi 2
- Praktik Audit
- Analisis Laporan Keuangan
- Seminar Standar Akuntansi Keuangan
Semester VI
- MK Konsentrasi 1
- MK Konsentrasi 2
- MK Konsentrasi 3
- Financial Technologt & Data Analytic
- Akuntansi Perpajakan
- Kewirausahaan
- Pelayanan Komunitas
Semester VII
- MK Konsentrasi 4
- Strategi Investasi & Manajemen Resiko
- Sustainability Reporl
- Analisis dan Perancangan Sistem
Semester VIII
- Tugas Akhir
Konsentrasi Perpajakan
- Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
- Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan)
- Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn dan PPnBM)
- Seminar Perpajakan
Konsentrasi Audit
- Audit Sistem Informasi
- Audit Manajemen
- Audit Fraud
- Seminar Audit
Staf Dosen
Dr. Diana Frederica, SE., MAk
Accounting Information System, Management Accounting
Dr. Deni Iskandar, SE., MM., MTh., CFP®️., CRMP., CHCP-A., CSRS
Strategic Management, Risk Management, Management Accounting
Subagyo, S.E., Ak., M.M., CA., CHCP-A.
Management Accounting, Financial Accounting
Septian Bayu Kristanto, S.E., M.S.Ak., CPMA., CiQaR., Asean CPA.
Accounting Information System, Audit, Taxation, Public Sector Accounting
Kontak
Program Studi Akuntansi
Universitas Kristen Krida Wacana
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Tanjung Duren Raya No. 4
Jakarta Barat 11470
+62 21 566 6952 | Fax: 566 6952
prodi.akuntansi@ukrida.ac.id