Mata Kuliah Mitra Permata Sakti

    This course aims to develop students’ ability to understand how technology can be used in innovative curricular designs for learning environments, and to design a technology-enabled instructional unit using forward or backward design to promote learning.

The materials include curriculum and learning theory, curricular models, instructional design principles and frameworks for learning, and technologies to support learning (understanding by design).

This way, students are able to develop English as a Second or Foreign Language curriculum using technology for being competent English teacher.

By using online platform and university LMS, these materials are explored through individual and group work activities, producing infographic, poster and mindmap, journal article review and individual presentation sessions.

Video Presentation on ESP Curriculum Design Process and e-Module (E-Book) on English for Specific Purposes are two outputs of the whole series of learning in this course.

Tuesday
10:45 – 13: 15 WIB

    This course equips the students with the ability to apply critical and theoretical approaches to the reading and analysis of literary texts in multiple genres especially biography and memoirs.

The learning activities expose the students to such activities as identifying, analyzing, interpreting and describing critical ideas, themes, values that comprise literary texts.

They also gain experiences of evaluating how these ideas, themes and values bring impact on societies, both in the past and present.

Combining synchronous and asynchronous learning, the students actively participate in (a) brainstorming and finding resources, (b) practicing interview technique to accomplish data, realism technique gathering information for writing process, and (c) drafting and revising memoirs and completing the graphics.

The final product of this course is students’ graphic memoirs as one form of biographical writing.

Monday
08.00-09.40 WIB

Thursday
13.30-15.10 WIB

    Mata kuliah ini memfasilitasi peserta belajar untuk memahami konsep-konsep dan teori-teori dasar tentang perkembangan manusia dari masa pra-lahir (janin), bayi hingga usia dini, secara komprehensif.

Tinjauan fisik, psikologis, sosial-emosional dan spiritual akan diintegrasikan dalam memahami kompleksitas manusia di tahapan-tahapan usia tersebut.

Pemahaman yang diperoleh akan difasilitasi untuk diaplikasikan dalam ide-ide pemecahan masalah yang konkrit di setiap masa perkembangan.

Aktivitas pembelajaran berupa penjelasan konsep dan teori melalui video pembelajaran yang dapat diakses di UVC, diskusi secara daring menggunakan aplikasi pertemuan virtual, kajian film, diskusi dan proyek kelompok untuk melakukan pengamatan terhadap manusia di masa pra-lahir, bayi dan usia dini.

Penilaian dilakukan melalui kuis, karya tulis/makalah, kreasi video edukasi dan laporan hasil amatan.

Di akhir mata kuliah ini, peserta belajar akan menghasilkan video edukasi dan infografis tentang masalah-masalah tumbuh kembang hingga usia dini, yang diunggah di sosial media dan dapat menjadi sumber informasi positif bagi masyarakat.

Senin / Selasa
13.30 – 16.00 WIB

    Matakuliah ini bertujuan untuk membangun kemampuan mahasiswa untuk membuat program yang mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan menerapkan konsep logika dan pemrograman yang tepat.

Topik-topik yang berkaitan erat dengan proses dan pengembangan program antara lain seperti Pengenalan Algoritma dan Bahasa Pemrograman Python, Struktur control, Konsep Rekursif dan Iterasi, Modularisasi, Linear Searching dan Binary Searching, dan Pembuatan GUI dengan Python dieksplorasi bersama.

Eksplorasi dilakukan melalui kegiatan pembelajaran seperti pemaparan Konsep dengan video/pertemuan daring, diskusi dan pembahasan soal sesuai topik materi dan penyelesaian kasus

Kamis
13.30 – 16.00 WIB

    Mata kuliah ini membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus direncanakan dan disiapkan mulai dari peramalan permintaan, perencanaan penjualan dan operasional, penjadualan produksi, perencanaan bahan baku produksi, manajemen hubungan pemasok, membangun rantai nilai, perancangan jalur pasokan, metode transportasi, pemetaan jalur distribusi, pemilihan moda transportasi, dan manajemen hubungan pelanggan.

Kegiatan pembelajaran berupa penjelasan konsep dan teori melalui video pembelajaran yang dapat diakses di UVC, diskusi secara daring menggunakan aplikasi pertemuan virtual, diskusi dan proyek kelompok.

Selasa
13.30-16.00 WIB

    Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan lengkap tentang Perencanaan dan Pemeriksaan Pajak secara teoritis maupun praktis di bidang perpajakan.

Topik yang akan disajikan dalam mata kuliah meliputi antara lain Dasar Manajemen Perpajakan, Analisa kasus Perencanaan Pajak secara Global, Analisis Strategi Manajemen Rugi Fiskal, Efisiensi Perpajakan pada Perusahaan Leasing dan UMKM, Dasar-dasar Pemeriksaan Pajak dan Tata cara Pemeriksaan Pajak dan Produk Hukumnya.

Mata kuliah ini disajikan dalam tiga bentuk aktivitas, yaitu: tutorial, small group discussion, dan experiential learning dengan mengikuti persidangan pajak di Pengadilan Pajak.

Produk akhir dari mata kuliah ini adalah Laporan Observasi selama mengikuti Persidangan Pajak, sebagaimana Berita Acara Persidangan, serta kemampuan mahasiswa yang sudah diasah dalam melakukan Perencanaan Pajak secara Legal.

Selasa
10.45 – 13.15 WIB

    Agile merupakan konsep berpikir (mindset) yang pada awalnya diperkenalkan hanya sebatas dalam konteks pengembangan piranti lunak (Software), namun saat ini adopsinya berkembang ke berbagai aspek sehingga lebih generik dalam kaitannya untuk pengembangan produk maupun layanan.

Materi pembelajaran dalam matakuliah ini dibagi ke dalam tiga bagian besar yaitu (a) konsep, pola pikir, cara kerja dari agile, (b) pengantar pedekatan sprint dan (c) pengantar metodologi scrum.

Kegiatan pembelajaran meliputi pertemuan berbasis online, rekaman materi pembelajaran yang bisa diakses secara online, studi literature dan studi kasus.

Target luaran dari matakuliah ini adalah pengembangan pola pikir agile pada mahasiswa, kemampuan menerapkan pendekatan sprint, dan kemampuan untuk menerapkan metodologi scrum tahap awal terkait pengembangan produk.

Jumat
10.45-12.25 WIB (Sem 5)

Kamis
10.45-12.25 WIB (Sem 7)

=