×
UKRIDA Virtual

Fakultas Psikologi UKRIDA Tingkatkan Kompetensi Guru SMPN 30 Jakarta Lewat Pelatihan “Membaca Hasil Asesmen”

Publish by Humas  |  04 September 2025  |  10

psikologi

Fakultas Psikologi UKRIDA bekerja sama dengan PT Generasi Cerdas Indonesia mengadakan seminar bertema “Membaca Hasil Asesmen” bagi para guru SMPN 30 Jakarta. 

Fakultas Psikologi UKRIDA bekerja sama dengan PT Generasi Cerdas Indonesia mengadakan seminar bertema “Membaca Hasil Asesmen” bagi para guru SMPN 30 Jakarta. Kegiatan yang dilangsungkan pada Kamis, 14 Agustus 2025, bertujuan meningkatkan pemahaman guru terhadap laporan asesmen psikologis siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan sesuai dengan karakteristik setiap siswa.

Seminar dipandu oleh Dr. Petrayuna Dian Omega, M.Psi., Psikolog, dosen Psikologi UKRIDA. Beliau memberikan pelatihan terkait cara membaca serta menafsirkan data hasil asesmen siswa secara komprehensif. Salah satu aspek yang dibahas adalah kecerdasan umum siswa yang diukur menggunakan Culture Fair Intelligence Test (CFIT). Melalui alat ukur ini, guru dapat memahami tingkat kemampuan kognitif siswa dan menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan masing-masing individu.

Selain aspek kognitif, seminar juga membahas pentingnya memahami minat siswa sebagai bagian integral dari proses pengembangan diri. Pemahaman ini didasarkan pada hasil tes Self-Directed Search (SDS), sebuah instrumen psikologis yang dirancang untuk membantu mengidentifikasi kecenderungan minat individu berdasarkan 6 (enam) tipe utama: Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional

Pemahaman minat dominan siswa memungkinkan guru memberikan arahan dan dukungan yang lebih terarah. Pengembangan minat yang selaras dengan kepribadian dan kemampuan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar, memperkuat rasa percaya diri, dan membangun keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pendidikan.

Guru juga diajak memahami perbedaan gaya belajar siswa baik visual, auditori, maupun kinestetik. Dengan mengenali preferensi belajar ini, guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran multimodal yang lebih inklusif dan adaptif.

Seminar ini merupakan wujud nyata komitmen Fakultas Psikologi UKRIDA dalam mendukung pendidikan yang berpusat pada siswa. Dengan semangat Lead to Impact, kegiatan ini telah kontribusi positif bagi guru dan sekolah dalam membimbing siswa secara lebih holistik. Blessed to be a blessing!

 

Petrayuna Dian Omega - Fakultasi Psikologi