Seminar MGMP Akbar PENABUR di UKRIDA : Tidak Ada Anak yang Terlahir Nakal
Selasa, 9 Juli 2024, Pinkan Margaretha Indira, M.Psi., Psikolog, CPC, dosen dan Kaprodi Psikologi UKRIDA, menjadi pembicara seminar "Inspirational Teacher" pada MGMP Akbar BPK PENABUR di Auditorium UKRIDA.
Acara yang diselenggarakan oleh BPK PENABUR ini bertujuan untuk membekali para guru dengan pengetahuan dan keterampilan baru, yang diperlukan untuk mendidik generasi milenial dengan lebih efektif.
Pingkan Margaretha sebagai salah satu narasumber pada event tersebut, menekankan bahwa tidak ada anak yang terlahir nakal. Ia menjelaskan bahwa anak-anak dapat dipahami melalui pendekatan bioecological, yaitu berperannya individu, keluarga, komunitas dan masyarakat dalam mempengaruhi perkembangan anak-anak. Menurutnya, ruang ini perlu dilihat dengan jeli oleh para pengajar untuk menjawab kebutuhan peserta didiknya.
Selanjutnya, juga dipaparkan bahwa masa pubertas, sebagai "golden window" atau masa emas kedua setelah "golden age", adalah sangat potensial bagi individu karena mereka memiliki antusiasme tinggi untuk belajar hal-hal baru. Ia menekankan pentingnya guru memanfaatkan periode ini untuk menanamkan nilai-nilai positif dan pengetahuan yang berguna. Masa pubertas memberikan peluang emas bagi para guru untuk membimbing siswa dengan lebih efektif, mengingat minat belajar yang tinggi pada periode ini.
Sebagai penutup, pembicara menyoroti kebutuhan khusus dari generasi milenial. Menurutnya, generasi ini cenderung memerlukan validasi dan feedback yang konsisten. Oleh karena itu, para pengajar perlu lebih responsif dan peka terhadap kebutuhan ini. Dengan memberikan umpan balik yang konstruktif dan pengakuan yang positif, para pengajar dapat membantu peserta didik merasa lebih termotivasi dan dihargai. Validasi ini penting untuk membantu mereka mengembangkan rasa percaya diri dan semangat belajar yang tinggi.
Seminar "Inspirational Teacher" ini telah memberikan wawasan baru bagi para pengajar untuk menjadi pendidik yang lebih inspiratif dan efektif. Melalui pemahaman yang mendalam tentang remaja dan kebutuhan khusus generasi milenial, para pengajar diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menyenangkan.
UKRIDA dengan motto Lead to Impact ikut menjadi bagian dari solusi bagi pendidikan untuk generasi milenial.