Memaksimalkan Social Media Marketing untuk Bisnis

Publish by Humas  |  10 Juni 2024  |  476

all manajemen

Himpunan Mahasiswa Manajemen bersama Program Studi Manajemen UKRIDA mengadakan seminar Memaksimalkan Social Media Marketing untuk Bisnis bersama Juanda Rovelim.

Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) bersama dengan Program Studi Manajemen UKRIDA mengadakan seminar Memaksimalkan Social Media Marketing untuk Bisnis bersama Juanda Rovelim Founder iCommunity & CEO Kavlink Solusi Digital sebagai narasumber Jumat (7/6/2024). Seminar dibuka oleh sambutan singkat dari dekan FEB UKRIDA yaitu Dr. Diana Frederica, SE., MAk.

Maraknya pengguna media sosial menjadi peluang untuk memasarkan suatu bisnis. Narasumber menjelaskan Indonesia merupakan 4 negara pengguna akun Instagram terbanyak. Beliau juga menyampaikan adanya istilah “jaringan Anda adalah aset Anda”, istilah ini merupakan salah satu strategi untuk memperluas jaringan bisnis dengan mudah melalui media sosial sebagai jaringan yang dimiliki. Terdapat lima tools dalam digital marketing yang biasa digunakan dalam proses promosi suatu brand antara lain : youtube, instagram, facebook, google ads dan whatsapp.

Marketing diartikan sebagai ilmu perang, dalam bisnis diperlukan pemahaman keunggulan atau pembeda dari produk serupa lainnya dan target pasar. Social media dapat memaksimalkan penjualan dan dapat diupayakan untuk menganalisa peta perjalanan konsumen, mengupayakan strategi-strategi digital marketing, hingga melihat dan menyesuaikan kebutuhan target pasar. Narasumber menyampaikan salah satu strategi digital marketing yang dapat digunakan adalah fun (Formation, Unique, dan Niche Market).

Formation, diartikan sebagai alat bantu dalam digital marketing, dalam digital marketing fokus pada beberapa social media yang dianggap efektif dalam mempromosikan suatu brand dengan mengoptimalkan dan menyesuaikan isi konten, membuat konten-konten yang kreatif dan konsistensi dari konten tersebut. Unique, diartikan sebagai pembeda yang unik dari produk serupa lainya dan dibutuhkan untuk mampu bersaing dengan pembisnis lainya. Niche Market, diartikan sebagai siapa taget dari bisnis kita. Perlu diskusi/survei atau asumsi untuk mengetahui kebutuhan, ketertarikan dan kemampuan pembeli dari masing masing social media sehingga dapat disesuaikan bahasa komunikasi.

UKRIDA dengan motto Lead to Impact turut mengampanyekan pentingnya mempelajari dan memaksimalkan social media untuk kemajuan usaha pemasaran untuk bisnis dari sedini mungkin.