STEAM Training: Pedagogical Practices among Educators

Publish by Humas  |  13 Mei 2024

all

UKRIDA mengadakan pelatihan pembelajaran STEAM Training: Pedagogical Practices among Educators kepada guru-guru SDK Penabur Kelapa Gading , Sabtu, 04 Mei 2024 di Kampus 1 UKRIDA

UKRIDA mengadakan pelatihan pembelajaran STEAM Training: Pedagogical Practices among Educators, Sabtu, 04 Mei 2024 di Kampus 1 UKRIDA. Pelatihan ini ditujukan untuk mendukung guru-guru SDK Penabur Kelapa Gading meningkatkan critical dan logical thinking, serta kreativitas dari para anak didiknya. Pelatihan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) dibawakan oleh beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Hanna Juliaty, S.S., M.A,  Ira Rasikawati, Ph.D., dari program Studi Sastra Inggris UKRIDA, dan Yusak Sutikno, S.T., M.T.. dari program Studi Teknik Industri UKRIDA.

Pelatihan dibuka dengan Project-Based Learning (PBL) assessment, ipsative assessment dan terakhir mini project serta pengenalan STEAM sampai pada peserta melakukan peragaan untuk materi buoyancy principle. Demonstrasi dilakukan dengan menguji coba bahan-bahan di sekitar pada seember air kemudian memberikan catatan hasil pengujiannya. Peserta kemudian diminta untuk menuliskan pada majalah dinding mereka bagaimana membantu anak didik mengeksplorasi materi buoyancy principle. Selain itu, peserta juga diminta memperhitungkan reaksi dari anak didik saat dilakukan peragaan. Dengan mini-project ini, diharapkan para guru dapat memperkirakan berbagai hal yang dapat terjadi serta cara menanganinya.

UKRIDA dengan motto Lead to Impact, mendukung peningkatan kompetensi para mitranya agar dapat meningkatkan kreativitas anak bangsa dan membangun masyarakat.

=