Ukrida Terima Kunjungan Guru Besar dari Harvard University dan University of Sydney

Publish by Humas  |  30 Agustus 2023

all

Ukrida menerima kunjungan Prof. Byron J. Good, Ph.D., BD, dari Harvard University dan Professor Johannes Coenraad Pols, dari University of Sydney

Ukrida menerima kunjungan Prof. Byron J. Good, Ph.D., BD, dari Harvard University dan Professor Johannes Coenraad Pols, dari University of Sydney, Senin, 14 Agustus 2023 untuk mendiskusikan beberapa hal di bidang kesehatan mental, yang menggabungkan Keperawatan Ukrida dengan Psikologi Ukrida. Poin utama yang difokuskan adalah Post Trauma Stress Disorder (PTSD) dari korban bencana yang mengalami trauma. Bagaimana mental health service dapat diintegrasikan ke dalam rencana menanggulangi bencana untuk mendukung komunitas yang terdampak?

Cukup banyak tipe bencana, baik itu bencana alam ataupun bencana yang diakibatkan oleh manusia (konflik besar). Selain itu, kita juga harus melihat aspek kehilangan sebagai akibat dari bencana tersebut dan bagaimana menyikapinya. Mental health memiliki jarak waktu yang berbeda-beda dalam mengobati long-term ataupun short-term risk mental health. Untuk anak-anak volunteers ataupun komunitas dapat membantu anak-anak dengan bermain game, bernyanyi, dan terapi mental. Untuk orang dewasa, akan lebih rumit karena trauma masih dapat menghantui mereka dan mengaktifkan kembali trauma yang dialami, serta ketakutan akan muncul kembali. Hasil diskusi semakin memperkaya Ukrida dalam melaksanakan tugas pengabdiannya, termasuk memperhatikan masalah kesehatan mental di masyarakat dan memberikan peran serta dampak positif bagi masyarakat, sejalan dengan penerapan motto Lead to Impact.

=