Course Design 101: Developing Your Course

Publish by Humas  |  28 April 2023

all

Unit Pengembangan Materi dan Inovasi Pembelajaran Ukrida mengadakan Course Design 101: Developing Your Course

Unit Pengembangan Materi dan Inovasi Pembelajaran (PMIP) Ukrida mengadakan Course Design 101: Developing Your Course, secara online pada 10 – 14 April dan onsite pada 17 – 18 April 2023. Dalam kegiatan ini diberikan materi mengenai bagaimana membuat desain dokumen dan storyboard dari desain dokumen yang ada, kemudian menggunakan materi mata kuliah masing-masing untuk dimasukkan ke dalam sheet latihan yang tersedia. Pada peserta diminta untuk membagi modul menjadi maksimal tiga sesi, selanjutnya dimasukkan ke dalam tabel yang berisi kolom sesi, tujuan sesi, tipe aksi, nama aksi, isi content, dan durasi.

Selain tutorial, diberikan juga beberapa tips, seperti jika ingin memasukkan video maka durasi maksimal yang paling efektif adalah lima menit sedangkan untuk foto maksimal 30 detik. Para dosen berusaha membuat desain dokumen yang bervariasi dan interaktif, kemudian mempresentasikan hasil desain masing-masing untuk diberikan feedback, berupa saran yang juga berguna untuk dosen-dosen lain. Setelah presentasi hasil desain dokumen selesai, sesi dilanjutkan dengan presentasi storyboard.

Bagian lain yang juga penting dari presentasi selain tampilan powerpoint adalah cara penyampaian yang tidak kaku dan memasukkan unsur improvisasi. Presenter yang baik menghindari volume yang tidak jelas atau bahkan semi monotone, datar, dan tidak ada penekanan. Melakukan editing suara, seperti membersihkan suara-suara yang mengganggu dan sebagainya dapat memperbaiki kualitas rekaman, dan dalam course ini dipraktikkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Audition.

=